Hasil Ringkasan
1 Bab I Pendahuluan Dalam pengembangan spektrum pembebanan kegagalan lelah pada alat transportasi diperlukan suatu alat untuk menganalisis getaran. Hasil analisis dari getaran ini didapat dari pengukuran kekasaran lintasan. Hal ini merupakan aspek yang penting dalam pengoperasian di jalan raya, landasan pacu, lintasan kereta api, dan lain-lain karena hal ini mampu mempengaruhi beberapa faktor seperti kenyamanan pada saat berkendara. Faktor lainnya yang tidak kalah penting yaitu dapat mempengaruhi umur struktur yang berimbas pada kemampuannya mencapai hingga melewati umur desain atau bahkan sebelum memasuki fase umur desain sudah banyak komponen pada struktur yang mengalami kegagalan dini mulai dari timbulnya retak sampai struktur tersebut patah. Bagian yang paling rentan terhadap retak mengalami deformasi akibat kelelahan. Pada suatu struktur sangat rentan terjadinya lelah karena beban muatan yang dibawa sacara terus-menerus dan berulang-ulang. Beban secara berulang ini bisa dianalisis melalui load spectrum suatu kendaraan pada saat dioperasikan di suatu lintasan. Dari load spectrum inilah dapat diketahui seberapa besar beban yang ditimbulkan akiban beban yang ditopang oleh suatu struktur ditambah lagi kondisi kekasaran lintasan pada saat alat transportasi beroperasi. Gambar I. 1 Respons pesawat udara terhadap lintasan (Sumber: Evaluation Methods for longitudinal evenness of runway pavements, Tahun 2009, National Aerospace Laboratory NLR, halaman 10) 2 Pada gambar I.1 menunjukkan bahwa suatu lintasan dapat mempengaruhi umur struktur pada pesawat udara yang mana hal ini jika terjadi secara terus-menerus dan berulang-ulang maka akan mengakibatkan kegagalan suatu struktur seperti pada roda pendaratan atau landing gear, ketiak sayap pesawat udara atau wing root dan bagian lainnya yang rentan terhadap kegagalan lelah. I.1 Latar Belakang Pengukuran kekasaran maupun analisis getaran biasanya dibutuhkan alat yang mahal dan tidak mobile hingga membutuhkan catu daya yang besar, alatnya berat dan tidak praktis untuk dibawa. Saat ini akan dikembangan metode untuk pengukuran getaran yang selanjutnya digunakan pembuatan spektrum beban kegagalan lelah yang murah, mudah digunakan, efektif dan efisien. Disatu sisi saat ini smartphone sudah banyak dilengkapi sensor percepatan dengan harga yang relatif murah dibanding membeli piezoelektrik. Saat ini akan dicoba teknik pengukuran menggunakan smartphone, yang akan diuji coba untuk pengukuran kekasaran lintasan. Kekasaran permukaan disini dinyatakan dalam fungsi kerapatan spektral dari profil perkerasan vertikal yang diukur sehubungan dengan bilangan gelombang keseragaman kekasaran perkerasan (Barbosa, 2011). Evaluasi subjektif pilot terhadap karakteristik permukaan diperjelas melalui kuesioner, yang menunjukkan bahwa kekasaran adalah salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas dan keselamatan berkendara (Hachiya et al., n.d.). Dalam menentukan parameter spektrum kekasaran lintasan berdasarkan analisis statistik dan getaran menggunakan profilometer laser tradisional yang dikombinasikan dengan Sistem Satelit Navigasi Global (Global Navigation Satellite System atau GNSS). Parameter spektrum statistik dari semua profil lintasan dianalisis dan kemudian getaran pesawat dibahas dengan mempertimbangkan parameter spektrum. Indeks ketidakrataan dan nilai gelombang berkorelasi positif dengan respons getaran pesawat, dan getaran pesawat lebih sensitif terhadap gelombang daripada indeks ketidakrataan. Respons getaran pesawat dapat direpresentasikan sebagai fungsi dari indeks ketidakrataan, dan kecepatan dengan korelasi yang tinggi.