Hasil Ringkasan
114 BAB VI Optimasi Arah Serat dan Ketebalan Komposit pada Skin Sayap Pesawat Tempur dengan MS Excel Macro VBA VI.1 Pendahuluan Peran skin pada struktur sayap sangat penting. Penggunaan material komposit pada skin sayap pesawat tempur akan memberikan keuntungan. Arah serat komposit skin sayap dan ketebalan komposit tersebut perlu dioptimasi agar diperoleh struktur yang efesien. Pada bab ini disampaikan mengenai optimasi arah serat dan tebal komposit pada skin sayap pesawat tempur menggunakan inhouse program CAT (Composite Analysis Tools) yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic yang ada dalam Macro program Excell. Proses optimasi diawali dengan analisis arah serat dan tebal komposit yang diperlukan untuk pembebanan tertentu pada model skin sayap pesawat tempur. Langkah pada bab VI ini merupakan langkah lanjut untuk menyempurnakan desain wingbox yang telah diperoleh pada bab-bab sebelumnya. Pada Bab ini akan dikaji pengaruh orientasi serat terhadap massa dan ketebalan skin sayap pesawat tempur serta cara menentukan orientasi serat komposit lamina yang paling optimal untuk pembebanan skin sayap pesawat tempur. Pada Bab ini akan disimulasikan dampak perubahan orientasi serat terhadap ketebalan dan massa skin, sekaligus melakukan optimasi untuk merancang orientasi serat komposit lamina yang optimal. Berikut adalah beberapa batasan yang diberlakukan pada saat melakukan analisis dan simulasi. 1. Analisis dilakukan pada skin sayap pesawat tempur. 2. Perangkat lunak CAT digunakan untuk menentukan sifat lamina, memeriksa First Ply Failure, melakukan pengecekan kekuatan tekuk, dan melakukan sizing. 3. Proses optimasi dilakukan dengan mengevaluasi nilai margin of safety untuk masing – masing kasus pembebanan yang ditentukan. 4. Properti yang dioptimalkan adalah jumlah lapisan atau ketebalan lamina. 5. Arah serat komposit yang divariasikan adalah [0/±45/90] dan [15/±25/60]. 6.