Hasil Ringkasan
84 Bab V Pemodelan, Analisis, dan Optimasi Struktur Sayap Komposit Anisogrid dan Konvensional Bab V membahas pemodelan elemen hingga, analisis statik, tekuk, dan flutter, serta optimasi ketebalan struktur komposit pada komponen sayap. Tujuan optimasi adalah memperoleh struktur dengan berat teringan yang tetap memenuhi kriteria kegagalan statik, tekuk, dan flutter. Konfigurasi struktur sayap konvensional yang digunakan adalah konfigurasi KFX/IFX. Sedangkan konfigurasi struktur anisogrid diperoleh melalui modifikasi struktur konvensional dengan menambahkan kisi miring antara spar dan rib. Pada tahap awal, optimasi dilakukan secara manual dengan mengurangi ukuran pada bagian struktur yang memiliki margin of safety yang masih terlalu besar. V.1 Pemodelan Struktur Sayap Konvensional dan Anisogrid Subbab ini berisi pemodelan struktur sayap konvensional maupun sayap Anisogrid. Konfigurasi sayap konvensional yang dipakai meniru konfigurasi KFX/IFX saat fasa Technology Development. Data yang dipakai tidak sama persis seperti data yang aslinya dan telah dilakukan penggambaran ulang menggunkan program CAD. Modifikasi dari data KFX yang asli dilakukan dengan tujuan menghindari kemungkinan claim yang bisa terjadi. V.1.1 Pemodelan CAD Pemodelan struktur sayap mengacu pada data yang terdapat pada Tabel V.1. Tabel tersebut memberikan informasi tentang konfigurasi wingbox dan data sayap yang digunakan untuk perbandingan performa antara struktur wingbox konvensional dan anisogrid pada pesawat tempur. Tabel ini mencakup beberapa parameter sayap, seperti luas, aspek rasio, rentang sayap, panjang root chord, dan sudut sweep untuk kedua konfigurasi, serta detail struktur kisi anisogrid yang digunakan dalam wingbox anisogrid. Informasi ini sangat penting untuk memodelkan dan menganalisis perilaku struktural kedua konfigurasi wingbox secara akurat. 85 Tabel V.1 Data sayap dan gambar CAD kedua konfigurasi wingbox Konfigurasi Konvensional L.E Sweep, vLE 35 deg Konfigurasi Anisogrid T.E Sweep, vLE -14 deg Taper Ratio, λ 0,37 Root Chord, Croot 4,45 m Tip Chord, Ctip 1,64 m Struktur sayap pesawat tempur dimodelkan dan direpresentasikan sebagai komponen sayap yang terdiri dari skin, rib, spar, dan flange. Tabel V.1 mengilustrasikan kedua buah model CAD struktur sayap pesawat tempur yang akan dibandingkan dalam disertasi ini. Setiap komponen struktur sayap dimodelkan sebagai pelat. Model sayap dibagi menjadi empat area untuk memudahkan proses pemodelan, analisis dan optimasi. V.1.2 Pemodelan Elemen Hingga V.1.2.1. Pemodelan Struktur, Pembagian Wilayah, dan Kondisi Batas Langkah pertama dalam memodelkan struktur adalah mengimpor model gambar CAD ke perangkat lunak elemen hingga. Model struktur wingbox dengan konfigurasi konvensional dan Anisogrid ditunjukkan pada Gambar V.1.