Hasil Ringkasan
DESAIN DAN ANALISIS FILTER DAYA AKTIF UNTUK KOMPENSASI HARMONIK PADA STASIUN PENGISIAN LISTRIK KENDARAAN UMUM TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh MOCHAMMAD RIZKY PRATAMA NIM: 23222400 (Program Studi Magister Teknik Elektro) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Bulan Januari 2025 i ABSTRAK DESAIN DAN ANALISIS FILTER DAYA AKTIF UNTUK KOMPENSASI HARMONIK PADA STASIUN PENGISIAN KENDARAAN LISTRIK UMUM Oleh Mochammad Rizky Pratama NIM: 23222400 (Program Studi Magister Teknik Elektro) Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) merupakan salah satu beban nonlinier yang memiliki dampak signifikan terhadap munculnya harmonik pada sistem tenaga listik. Proses pengisian daya memiliki dampak yang sangat besar terhadap penambahan distorsi harmonik. Harmonisa kerja SPKLU perlu dianalisis dan ditekan terutama dalam skala besar. Harmonisa yang terjadi pada jaringan akibat beban nonlinier dapat dikurangi dengan menyaring distorsi harmonisa tersebut agar tidak masuk ke jaringan. Harmonisa dapat ditekan dengan menerapkan filter. Karena komponen utama charger adalah penyearah/rectifier dengan pengontrol, maka harmonisa yang muncul ke jala-jala akan mendistorsi arus, sehingga Shunt Active Power Filter (SAPF) akan diusulkan untuk mencegah aliran harmonisa ke jala-jala akibat proses pengisian daya. Filter ini dirancang menggunakan Phase-Locked-Loop (PLL) untuk mencari parameter nilai arus dari selisih antara arus beban dan fundamental setelah itu inverter digunakan menciptakan daya reaktif secara lokal dan memberikan arus yang dibutuhkan untuk menjadi input EV Charger. Filter ini dirancang untuk membuat charger bekerja dengan baik atau tidak mengganggu proses pengisian daya EV dan membuat sumber listrik yang disuplai menjadi EVC tanpa harmonisa. MATLAB Simulink digunakan untuk mensimulasikan pekerjaan tersebut. Setelah itu hasil THD dari jaringan dan beban akan dianalisis. Kata kunci: SPKLU, Harmonisa, Penyearah, Shunt Active Power Filter ii ABSTRACT DESIGN AND ANALYSIS OF ACTIVE POWER FILTER FOR HARMONIC COMPENSATION IN ELECTRIC VEHICLE CHARGING STATION By Mochammad Rizky Pratama NIM: 23222400 (Master’s Program in Electrical Engineering) Electric Vehicle Charging Station (EVCS) is one of the nonlinear loads that has a significant impact on the appearance of harmonics in the electric power system. The charging process has a huge impact on the addition of harmonic distortion. Harmonics of SPKLU work needs to be analysed and suppressed especially on a large scale. Harmonics that occur in the network due to nonlinear loads can be reduced by filtering the harmonic distortion from entering the network. Harmonics can be suppressed by applying filters. Since the main component of the charger is a rectifier with a controller, the harmonics that appear to the grid will distort the current, so a Shunt Active Power Filter (SAPF) will be proposed to prevent the flow of harmonics into the grid due to the charging process. This filter is designed using Phase-Locked-Loop (PLL) to parameterise the current value from the difference between load and fundamental currents after which the inverter is used to create reactive power locally and provide the required current to be input to the EV Charger. This filter is designed to make the charger work properly or not to disturb the EV charging process and make the power source supplied to the EVC without harmonics. MATLAB Simulink is used to simulate the work. After that the THD results of the network and load will be analysed.