Hasil Ringkasan
BAB III METODE PENELITIAN Bab ini menjelaskan mengenai diagram alir penelitian, sampel penelitian, metode pengumpulan data, lokasi dan waktu penelitian, fokus penelitian, jenis dan sumber data, dan pengolahan data yang diterapkan pada penelitian ini. III.1 Diagram Alir Penelitian Desain diagram alir penelitian ini merupakan pedoman dan acuan dalam kegiatan penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian yang menggunakan metode kuantitatif berfokus pada penyelidikan dengan pengujian teori yang terdiri dari variabel, diukur oleh angka, dan dianalisis dengan prosedur statistik, sedangkan penelitian yang menggunakan metode kualitatif menganut aliran fenomenologis dengan menitikberatkan penguraian dan pemahaman berdasarkan kondisi sosial yang diamati (Auliya et al, 2020). Berdasarkan diagram alir penelitian, bagian penelitian yang termasuk ke dalam metode kuantitatif adalah analisis bauran pemasaran melalui uji validitas dan reliabilitas. Adapun bagian penelitian yang menggunakan metode kualitatif adalah analisis SWOT dengan meminta perspektifperson in chargeDeputi Pemasaran Sub Direktorat Pemasaran Amerika. 23 Gambar4.DiagramAlirPenelitian Sumber:OlahanPeneliti(2024) III.2OperasionalisasiKomponenPenelitian Terdapatkriteria-kriteriayangdiukurdalampenelitianiniyangmelibatkanoperasionalisasi komponenpenelitian.Macam-macamoperasionalisasiindikatordisusunmenggunakan matriksagarmemudahkanpenelitimengetahuikebutuhandata.Adapunmatriks operasionalisasivariabelyangditentukandalampenelitianinisebagaiberikut: 24 Tabel 1. Matriks Operasionalisasi Indikator Penelitian No Sasaran Kebutuhan Data Metode Pengambilan Data Jenis Data 1Mengidentifikasi persepsi wisatawan Amerika dalam berkunjung ke Indonesia - Literatur terkait pariwisata - Literatur terkait bauran pemasaran - Kondisi pasar - Isu strategis - Peta Kompetitor - Persepsi wisatawan Amerika Serikat - Primer - Sekunder - Kuesioner - Data Sekunder 2Merumuskan strategi promosi produk pariwisata Indonesia di tahun-tahun berikutnya untuk pasar Amerika Serikat - Peta KompetitorPrimer dan sekunder - Wawancara denganperson in charge Kedeputian Pemasaran Sub Direktorat Amerika Sumber: Hasil Analisis, 2024 III.3 Teknik Pengumpulan Data Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data secara sistematis dan standar agar mendapatkan data yang diperlukan dengan berbagai macam metode yang disesuaikan. Pada penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data kuantitatif berupa angka dan dapat dihitung, sedangkan penelitian dengan pendekatan kualitatif hanya akan melibatkan data kualitatif berupa uraian informasi yang tidak berbentuk angka namun data kualitatif juga dapat dikuantifikasikan dengan memberikan survei dalam skala berdasarkan kategori tertentu. 25 Data kemudian dijabarkan secara rinci untuk dapat membantu penarikan kesimpulan serta keterangan atau informasi lain yang relevan dalam penelitian. Dalam penelitian ini proses pengambilan dan pengumpulan data dilakukan dengan dua kategori berdasarkan dengan sumbernya, yaitu pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Adapun penjelasan dari sumber-sumber data sebagai berikut. III.3.1 Pengumpulan Data Primer Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari responden dan narasumber yang ada di dua lokasi, yaitu Javits K Center, New York, Amerika Serikat dan Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Responden dan narasumber dianggap memahami dan mampu memberi informasi yang relevan sehingga dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan penelitian. Data primer dalam penelitian ini didapatkan melalui metode kuesioner. Dalam penelitian ini, kuesioner disebar di dua tempat, yaitu Javits K Center, New York, Amerika Serikat dan Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Untuk Javits K Center, New York, Amerika Serikat, responden yang diberikan kuesioner merupakan pengunjung pameran internasional New York Travel and Adventure Show 2024 yang datang langsung keboothWonderful Indonesia pada tanggal 27 Januari sampai 28 Januari 2024. Responden dianggap mampu memberikan jawaban yang sesuai dikarenakan pengunjung yang datang ke pameran internasional New York Travel and Adventure Show 2024 merupakan nama-nama besar dari berbagai usaha pariwisata seluruh dunia di bidang akomodasi dan perhotelan, destinasi dan atraksi wisata, penyedia teknologi perjalanan inovatif, dan maskapai penerbangan. Penyelenggaraan New York Travel & Adventure Show memiliki skala yang lebih besar daripada pagelaran Travel and Adventure Show di kota lain di Amerika Serikat berdasarkantravel advisors, travel trade, dan kehadiran media. Hal tersebut didukung dengan memanfaatkan New York sebagai pusattrendsetterinternasional untuk para wisatawan dunia untuk mendapatkan rujukan dan referensi mengenai tren perjalanan wisata terbaru.