Hasil Ringkasan
PERSEPSI PENGUNJUNG PAMERAN PADA PARTISIPASI INDONESIA DALAM KEGIATAN PROMOSI PARIWISATA: NEW YORK TRAVEL AND ADVENTURE SHOW 2024 TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Magister dari institut Teknologi Bandung Oleh RAMIZ ANSHARIL HAQ NIM. 28823003 (Program Studi Magister Perencanaan Kepariwisataan) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG AGUSTUS 2024 i ABSTRAK PERSEPSI PENGUNJUNG PAMERAN PADA PARTISIPASI INDONESIA DALAM KEGIATAN PROMOSI PARIWISATA: NEW YORK TRAVEL AND ADVENTURE SHOW 2024 Oleh Ramiz Ansharil Haq NIM. 28823003 (Program Studi Magister Perencanaan Kepariwisataan) Jenis wadah memasarkan produk pariwisata dapat melalui berbagai model, salah satunya bisa dengan pameran pariwisata. Persepsi wisatawan pada produk pariwisata yang dipromosikan pada pameran pariwisata kerap kali menjadi batu sandungan yang menimbulkan ketidaksesuaian dengan minat pasar. Hal tersebut disebabkan perubahan karakteristik wisatawan, baik dari perkembangan promosi suatu daerah ataupun negara benchmark. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesesuaian produk dan minat produk pariwisata Indonesia yang ditawarkan pada salah satu kegiatan pariwisata terbesar di Benua Amerika; New York Travel and Adventure Show 2024. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi lapangan dan interview melalui google form kepada sejumlah pengunjung booth Wonderful Indonesia di pameran pariwisata internasional New York Travel Show 2024 selama dua hari pada tanggal 27 sampai 28 Januari 2024 dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak seratus dua responden. Pertanyaan mengulik pengalaman pengunjung booth Wonderful Indonesia yang dibagi menjadi karakteristik responden (asal negara, maksud melakukan perjalanan, sumber informasi yang menjadi rujukan melakukan perjalanan, dan segmentasi wisata favorit) dan persepsi 7P. Hasil penelitian menunjukkan responden didominasi oleh kewarganegaraan Amerika Serikat, yakni sebanyak 97 responden atau 95,1 persen dan maksud melakukan perjalanan didominasi oleh jawaban traveling/vacation sebanyak 79 jawaban. Sumber informasi yang menjadi rujukan melakukan perjalanan adalah informasi dari event pariwisata sebanyak 50 jawaban dan jawaban segmentasi wisata favorit adalah culture sebanyak 46 jawaban. Pada analisis mix marketing mengenai produk yang ditawarkan di New York Travel & Adventure Show 2024, faktor price memiliki persentase skor tertinggi dengan 89,2 persen, disusul faktor place dengan persentase skor 84,5 persen. Adapun kelima faktor lainnya berada di interval nilai baik. Secara total, produk yang ditawarkan oleh industri pariwisata Indonesia pada kegiatan New York Travel & Adventure Show 2024 berada di interval nilai 79,7% dan dapat dikatakan baik. Kata Kunci: Pameran Pariwisata, Persepsi, Wisatawan Amerika Serikat ii ABSTRACT PERCEPTIONS OF EXHIBITION VISITORS ON INDONESIAN PARTICIPATION IN TOURISM PROMOTIONAL ACTIVITIES: NEW YORK TRAVEL AND ADVENTURE SHOW 2024 RAMIZ ANSHARIL HAQ NUMBER OF STUDENT. 28823003 Study Program of Master in Tourism Planning Types of platforms for marketing tourism products can be through various models, one of which can be a tourism exhibition. The perception of tourism products promoted at tourism exhibitions often becomes a stumbling block that creates a mismatch with market interests. This is due to changes in tourist characteristics, both from promotional developments in a region or benchmark country. This research aims to identify product suitability and interest in Indonesian tourism products offered at one of the largest tourism activities in the Americas; New York Travel and Adventure Show 2024. Field observations and Google Form interviews were used to gather data and information from a sample of 102 respondents who visited Wonderful Indonesia booth at New York Travel and Adventure Show 2024, an international tourism exhibition, over the course of two days on January 27 and 28, 2024. Respondent characteristics (country of origin, intention to travel, sources of information used as references for visiting, and preferred tourist segmentation) and 7P perceptions were utilized to segment the questions, which examined the experiences of visitors to the Wonderful Indonesia booth.