Hasil Ringkasan
61 BAB V ANALISIS DAN PEMBAHASAN Bab ini menguraikan hasil analisis mengenai Persepsi terhadap Kendaraan Pribadi, infrastruktur, Persepsi Layanan, Pengaruh Sosial, dan Persepsi Aksesibilitas terhadap niat untuk menggunakan bus trans siginjai. Kemudian menguraikan hasil evaluasi model pengukuran, model struktural, dan kecocokan model niat untuk menggunakan bus trans siginjai. V.1 Identifikasi Persepsi Responden terhadap Faktor-faktor yang Memengaruhi niat Menggunakan Bus Trans Siginjai Bagian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi responden, yaitu komunitas akademis kategori choice user yang berdomisili di Kota Jambi terhadap berbagai faktor yang dapat memengaruhi niat mereka untuk menggunakan bus trans siginjai. V.1.1 Persepsi terhadap Kendaraan Pribadi Tabel V.1 (Lampiran 3) menunjukkan sebaran data untuk variabel persepsi mengenai kendaraan pribadi. Variabel ini diukur menggunakan enam item indikator dengan skala 1 sampai dengan 5 (1 = sangat tidak setuju; 5 = sangat setuju). Sebaran data menunjukkan nilai minimum 1 dan nilai maksimum 5 dengan rentang nilai rata-rata berada di antara 1,93 sampai dengan 2,76 yang mendekati nilai minimum yaitu penolakan penuh (sangat tidak setuju), dan standar deviasi lebih dari 1. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa rata-rata jawaban responden terkait persepsi mengenai kendaraan pribadi cenderung tidak setuju dengan melihat dekatnya nilai rata-rata pada kategori nilai 2 yaitu tidak setuju. Nilai standar deviasi lebih dari satu menunjukkan jawaban responden bervariasi dari nilai rata-rata, tetapi juga tidak terlalu tersebar luas (sangat jauh dari rata-rata). Kondisi ini mengindikasikan bahwa kendaraan pribadi yang mereka punya/gunakan tidak dianggap sebagai sesuatu untuk menunjukkan identitas diri oleh responden. Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian 62 Tabel V. 1 Persepsi mengenai Kendaraan Pribadi (PKP) Indikator Min Max Mean Std. dev Kendaraan pribadi (mobil/motor) yang saya punya/gunakan membedakan status saya dari orang lain. 1 5 1,93 1,13 Kendaraan pribadi (mobil/motor) yang saya punya/gunakan dapat menunjukkan kepada orang lain tentang selera saya. 1 5 2,20 1,13 Kendaraan pribadi (mobil/motor) yang saya punya/gunakan membuat saya lebih berwibawa di hadapan orang lain. 1 5 2,04 1,10 Kendaraan pribadi (mobil/motor) yang saya gunakan membuat saya terlihat keren. 1 5 2,12 1,11 Kendaraan pribadi (mobil/motor) yang saya punya/gunakan sesuai dengan gaya hidup saya. 1 5 2,17 1,25 Semakin bagus kendaraan pribadi (mobil/motor) yang saya punya/gunakan, semakin sukses saya dalam hidup. 1 2 2,76 1,26 Sumber: Hasil Analisis (Lampiran 3), 2024 V.1.2 Persepsi terhadap Infrastruktur Pada faktor kedua terkait persepsi terhadap infrastruktur seperti halte dan trotoar dalam rute bus trans siginjai terdapat sembilan item yang diukur yang terlihat pada Tabel V.2 (Lampiran 3) di bawah ini. Nilai rata-rata yang diperoleh menunjukkan responden cenderung ragu-ragu terhadap pernyataan tersebut, dengan rentang nilai berada di antara 2,41 hingga 3,06 yang mendekati nilai 3 yaitu kategori ragu-ragu. Kondisi ini mengindikasikan bahwa infrastruktur yang ada saat ini tidak semuanya dalam keadaan buruk ataupun dalam kondisi yang baik.