Hasil Ringkasan
PROSES KREATIF PERANCANGAN IKLAN AUDIO-VISUAL E-COMMERCE JD.ID OLEH AGENSI AMBILHATI TESIS Karya sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh KARINDA AMILIA S. RUMAHORBO NIM: 27121086 (Program Studi Magister Desain) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Januari 2025 i ABSTRAK PROSES KREATIF PERANCANGAN IKLAN AUDIO-VISUAL E-COMMERCE JD.ID OLEH AGENSI AMBILHATI Oleh Karinda Amilia S. Rumahorbo NIM: 27121086 (Program Studi Magister Desain) Perkembangan era ekonomi kreatif telah mendorong pertumbuhan sektor periklanan di Indonesia sebagai salah satu industri yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Sebagai elemen utama dalam periklanan, kreativitas memainkan peran penting dalam menciptakan kampanye yang unik, relevan, dan inovatif. Agensi Ambilhati merupakan agensi lokal yang menonjol di Indonesia dan dinobatkan sebagai Creative Agency of The Year 2020 oleh Citra Pariwara. Pada tahun 2021, salah satu proyek terbarunya ialah iklan JD.id “#DijaminOri, Ongkirnya Free” yang dirancang untuk membuat JD.id menonjol dan berbeda di antara persaingan pasar e-commerce yang sangat kompetitif, tetapi memiliki materi promosi iklan yang mirip satu dengan lainnya. Penelitian ini menganalisis proses kreatif perancangan iklan e-commerce JD.id oleh Agensi Ambilhati dengan tujuan memahami proses kreatif industri periklanan dalam merancang kampanye yang relevan di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif, yakni pasar e-commerce yang mengalami peningkatan pasca pandemi COVD-19. Penulis menggunakan metode deskriptif eksplanatif dengan tujuan untuk memahami fenomena tertentu dan menjelaskan hal-hal yang mendasari fenomena tersebut. Analisis dilakukan terhadap subjek penelitian Ambilhati Creative Agency yang berfokus pada pembuatan iklan 360° marketing campaign atau penawaran solusi komprehensif kepada klien dengan mengatasi semua aspek kebutuhan komunikasi dan pemasaran klien. Penulis mengumpulkan data melalui wawancara semi terstruktur secara mendalam terhadap tim agensi Ambilhati yang terlibat dalam proses perancangan iklan JD.id, yakni art director dan copywriter, kemudian menganalisis dokumen tertulis berupa deck presentasi visual agensi Ambilhati. Penulis mengolah data dengan metode analisis deskriptif terhadap proses kreatif agensi Ambilhati menggunakan pendekatan teori proses kreatif periklanan yang telah dimodifikasi, serta menganalisis proses kreatif tersebut menggunakan teori kreativitas yang mengacu pada model berpikir lateral (divergen) dan konvensional (konvergen). Penelitian ini mengungkap bahwa proses kreatif yang dilakukan Agensi Ambilhati dalam merancang ide kreatif iklan melibatkan model berpikir lateral (divergen) dan konvensional (konvergen) untuk menciptakan pendekatan yang lebih komprehensif dalam memecahkan masalah klien JD.id. Adapun model berpikir lateral dan konvensional yang muncul dalam proses kreatif agensi Ambilhati terjadi secara komunal dan berulang (iteratif) untuk menciptakan solusi yang maksimal hingga akhirnya memperoleh ide besar kampanye JD.id yang utuh dan mempertimbangkan ii kepentingan klien, khalayak sasaran, pesaing, serta teknologi yang mendukung proses perancangan iklan. Kata kunci: Periklanan, Kreativitas, Proses Kreatif, Agensi Ambilhati, E- commerce JD.id. iii ABSTRACT THE CREATIVE PROCESS OF DESIGNING AUDIO-VISUAL ADVERTISEMENT E-COMMERCE JD.ID BY AMBILHATI AGENCY By Karinda Amilia S. Rumahorbo NIM: 27121086 (Master’s Program in Design) The development of the creative economy era has driven the growth of the advertising sector in Indonesia, making it one of the industries that significantly contributes to the national economy. As a key element in advertising, creativity plays a crucial role in creating unique, relevant, and innovative campaigns. Ambilhati Agency is a prominent local agency in Indonesia and was named Creative Agency of The Year 2020 by Citra Pariwara. In 2021, one of its latest projects was the JD.id advertisement “#DijaminOri, Ongkirnya Free,” designed to make JD.id stand out and differentiate itself in the highly competitive e- commerce market, where promotional materials often resemble one another. This study analyzes the creative process of designing the JD.id e-commerce advertisement by Ambilhati Agency, aiming to understand the creative processes within the advertising industry in crafting relevant campaigns amidst the increasingly competitive market, particularly the e-commerce sector that has seen growth post-COVID-19 pandemic.