Hasil Ringkasan
PERAN CITY BRANDING TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN STUDI PADA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh FABIO ESA PUTRA NIM: 25423064 (Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Desember 2024 Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian i ABSTRAK PERAN CITY BRANDING TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN STUDI PADA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT Oleh Fabio Esa Putra NIM: 25423064 (Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota) City branding merupakan salah satu bentuk pemasaran kota yang berkembang pesat di era modern. Penerapannya bertujuan untuk meningkatkan atau mengubah citra kota, mempromosikan identitas secara unik dan positif, serta meningkatkan daya tarik kota bagi wisatawan, investor, maupun penduduk lokal. Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), yang terletak di Provinsi Lampung, merupakan salah satu daerah yang telah menerapkan kebijakan city branding dengan cukup berhasil. Dengan konsep branding kontemporer yang tetap berakar pada kebudayaan lokal, Tubaba berhasil mengubah citra daerahnya sehingga menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan. Secara khusus daya tarik kota yang dikembangkan melalui city branding menjadi salah satu faktor utama yang memengaruhi minat kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran city branding terhadap minat kunjungan wisatawan dengan menggunakan pendekatan City Brand Hexagon (presence, place, people, potential, pulse, prequesites) dan AIDA Model (attention, interest, desire, action). Metode yang digunakan adalah pendekatan campuran dengan dengan desain sequential exploratory, yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut dalam City Brand Hexagon, seperti Prensence, Place, dan Pulse, memiliki pengaruh signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan. Dengan atribut Pulse yang memiliki pengaruh paling besar, sebanyak 79%. Di sisi lain atribut Potential, People, dan Prerequisites memerlukan pengelolaan yang lebih strategis untuk mengoptimalkan kontribusinya terhadap minat kunjungan wisatawan. Kata Kunci: City branding, City Brand Hexagon, AIDA Model, Minat kunjungan Wisatawan, Tulang Bawang Barat Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian ii ABSTRACT THE ROLE OF CITY BRANDING ON TOURIST VISIT INTEREST : A STUDY IN TULANG BAWANG BARAT REGENCY By Fabio Esa Putra NIM: 25423064 (Master’s Program in Urban and Regional Planning) City branding is a modern approach to city marketing that aims to enhance or reshape a city's image, promote its unique and positive identity, and make it more attractive to tourists, investors, and local residents. Tulang Bawang Barat Regency (Tubaba), located in Lampung Province, is a great example of a region that has successfully embraced city branding. By combining contemporary branding strategies with local cultural values, Tubaba has transformed its image and become a popular tourist destination. The appeal created through city branding has proven to be a key factor in attracting visitors.This study explores how city branding influences tourist interest using the City Brand Hexagon framework (Presence, Place, People, Potentials, Pulse, Prequesite) alongside the AIDA model (Attention, Interest, Desire, Action). The research combines qualitative and quantitative methods through a sequential exploratory approach. The results show that attributes such as Presence, Place and Pulse play a significant role in attracting tourists, with Pulse being the most influential factor at 79%. However, attributes such as Potential, People and Prerequisites require more improvement and a more strategic approach to fully maximize their potential in attracting visitors. Keywords: City branding, City Brand Hexagon, AIDA Model, Tourist Visit Interest, Tulang Bawang Barat Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian iii PERAN CITY BRANDING TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN STUDI PADA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT HALAMAN PENGESAHAN Oleh Fabio Esa Putra NIM: 25423064 (Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Tim Pembimbing Tanggal 23 Desember 2025 Ketua ______________________ (Bagas Dwipantara Putra, S.T., M.T., Ph.D.) ota Anggota ______________________ ______________________ (Nama Pembimbing 2) (Nama Pembimbing 3) Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian iv PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Putra, F.E.