Hasil Ringkasan
BAB V

Jumlah halaman: 2 · Jumlah kalimat ringkasan: 10

72 BAB. V KESIMPULAN DAN SARAN V.1 Kesimpulan Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan beberapa kesimpulan antara lain : 1. Pengujian dalam level modul yang didalamnya terdapat BMS sudah cukup mengambarkan kondisi baterai secaraa umum, namun belum dapat mengambarkan kondisi sel yang menyusun modul baterai. Sehingga untuk memastikan kembali kondisi keseluruhan sel, pengujian pada level sel dianjurkan untuk dilakukan. Pengujian level modul baterai bekas kendaraan listrik yang didalamnya tidak terdapat SMB tidak disarankan dilakukan untuk menghindari kerusakan pada sel penyusun modul baterai. 2. Kategorisasi baterai pada masa hidup kedua dapat dilakukan berdasarkan pada kondisi SOH dari baterai yang diperoleh dari pengujian kapasitas baterai. Baterai bekas kendaraan listrik yang memiliki SOH pada nilai 40- 80% masih layak digunakan sebagai SPEB aplikasi CDT. 3. Batas aman dan operasi baik itu tengangan maupun C-rate yang disarankan dalam aplikasi pada masa hidup kedua berada dibawah batasan untuk baterai pada baterai pada masa hidup pertama. Untuk baterai LFP IFR32700 nilai batasan operasi yang disarankan pada rentang tegangan 2,4-3,5 V dengan nilai arus pengisian dan pengosongan dibawah 0,2 C. 4. Dari pengujian yang telah dilakukan terhadap sel baterai LFP IFR 32700 degradasi baterai pada masa hidup kedua untuk SPEB aplikasi CDT pada rentang SOH 75-79% masih layak digunakan sebagai CDT. Hal ini ditunjukkan dengan nilai degrasi yang hanya mencapai 0,51 Ah atau 1,49% pada siklus ke 39. 5. Desain sistem CDT yang disarankan adalah dengan spesifikasi 48V dengan kapasitas pada rentang 4,8-14,4 kWh dengan SMB, inverter jenis pure sine wave yang beroperasi pada 220 V dan 3000 Watt, serta charge controler dengan kemampuan CC-CV. 73 V.2 Saran Saran yang dapat diberikan untuk pelitian selanjutnya antara lain : 1. Melakukan pengujian siklus pengisian dan pengosongan yang lebih banyak serta menguji pengaruh degradasi kalender baterai sehingga dapat mengambarkan karakter degradasi sampai dengan akhir masa pakai baterai pada masa hidup kedua untuk SPEB aplikasi CDT. 2. Tekno ekonomi analisis untuk mengetahui kelayakan ekonomi penggunaan baterai pada masa hidup kedua untuk SPEB aplikasi CDT..