PERKIRAAN PERUBAHAN PERILAKU PENGENDARA MENUJU IMPLEMENTASI ELECTRONIC ROAD PRICING (Studi: Jalan Jenderal Sudirman dan Gatot Subroto, Jakarta Selatan) TESIS Karya tulis salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh ADETYA MUTIARA ARYA NIM: 24221013 (Program Studi Magister Transportasi) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Desember 2024 i ABSTRAK PERKIRAAN PERUBAHAN PERILAKU PE NGENDARA MENUJU IMPLEMENTASI ELECTRONIC ROAD PRICING (Studi: Jalan Jenderal Sudirman dan Gatot Subroto, Jakarta Selatan) Oleh: ADETYA MUTIARA ARYA NIM: 24221013 (Program Studi Magister Transportasi) Electronic Road Pricing (ERP) merupakan salah satu rencana pengendalian lalu lintas berbasis elektronik yang akan diterapkan pada beberapa ruas jalan Kota Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perubahan perilaku pengendara mobil pribadi pada ruas jalan yang akan mengimplementasikan sistem Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Penelitian ini ditujukan kepada pengendara kendaraan pribadi khususnya mobil yang melewati kedua ruas jalan tersebut. Survei dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner stated preference secara online dan didapatkan 444 responden yang datanya diolah dengan analisis regresi multinomial logit menggunakan program IBM SPSS Statistika 22. Hasil yang didapatkan bahwa karakter pengendara terutama faktor sosial-ekonomi mempengaruhi keputusan dalam perubahan perilaku diantaranya faktor usia, pekerjaan, pendapatan dan tujuan perjalanan. Selain itu adanya faktor penerimaan tarif, waktu berlakunya ERP dan adanya pilihan alternatif jalan lainnya. Probabilitas diperoleh dari empat kelompok skenario penawaran biaya kemacetan, biaya terendah yaitu Rp. 5.000 dan waktu perjalanan menjadi 55menit memiliki probabilitas pasti dilewati oleh pengendara sebesar 37%. Semakin besar biaya penawaran dan juga semakin cepat waktu yang akan dirasakan meningkatkan nilai probabilitas pasti dilewati responden. Sebesar 95% probabilitas responden pasti melewati jalan yang diterapkan sistem ERP walaupun biaya mencapai Rp. 25.000 namun waktu perjalanan semakin singkat yaitu 35menit. Kata kunci : Perubahan Perilaku, Stated Preference, Electronic Road Pricing ii ABSTRACT ESTIMATED CHANGES IN DRIVER BEHAVIOR TOWARD THE IMPLEMENTATION OF ELECTRONIC ROAD PRICING (Case Study: Jenderal Sudirman and Gatot Subroto Streets, South Jakarta) By: ADETYA MUTIARA ARYA NIM: 24221013 (Master’s Program in Trasnportation) Electronic Road Pricing (ERP) is one of the electronic-based traffic control plans that will be implemented on several main roads in Jakarta, Indonesia. The objective of this study is to identify changes in the behavior of private car drivers on roads set to implement the ERP system, specifically on Sudirman and Gatot Subroto Roads. The study targets private vehicle drivers, especially those driving cars, who frequently use these roads. A survey was conducted by distributing an online stated preference questionnaire, collecting data from 444 respondents, which was then analyzed using multinomial logit regression in IBM SPSS Statistics 22. The results indicate that driver characteristics, particularly socio-economic factors, influence behavioral changes. These factors include age, occupation, income, and trip purpose. Additionally, ERP-related factors such as fare acceptance, applicable timeframes, and the availability of alternative routes also play a role. Probability outcomes were determined from four groups of congestion pricing scenarios, with the lowest fee at IDR 5,000 and a travel time of 55 minutes showing a 37% likelihood of drivers choosing the ERP-implemented route. As the fee offer increases and travel time shortens, the probability of respondents opting for the route rises. A 95% probability was observed for respondents choosing the ERP route even with a fee of IDR 25,000, provided the travel time decreases to 35 minutes. Keywords : Behaviour Changes, Stated Preference, Electronic Road Pricing iii HALAMAN PENGESAHAN PERKIRAAN PERUBAHAN PERILAKU PE NGENDARA MENUJU IMPLEMENTASI ELECTRONIC ROAD PRICING (Studi: Jalan Jenderal Sudirman dan Gatot Subroto, Jakarta Selatan) Oleh ADETYA MUTIARA ARYA NIM: 24221013 (Program Studi Magister Transportasi) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Tim Pembimbing Tanggal ……………………….. Pembimbing ______________________ Dr. Ir. Binsar Parasian Naipospos, M. SP. iv PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia sebagai berikut: Arya, Adetya M. (2024): Perkiraan Perubahan Perilaku Pengendara Menuju Implementasi Electronic Road Pricing (Studi: Jalan Jenderal Sudirman dan Gatot Subroto, Jakarta Selatan), Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam Bahasa Inggris sebagai berikut: Arya, Adetya M. (2024): Estimated Changes in Driver Behavior Toward the Implementation of Electronic Road Pricing (Case Study: Jenderal Sudirman and Gatot Subroto Streets, South Jakarta), Master’s Thesis, Institut Teknologi Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. v KATA PENGANTAR Puji dan Syukur kepada Allah SWT atas segala Rahmat dan Ridho-Nya, penulis dapat menyelesaikan tesis ini yang berjudul “Perkiraan Perubahan Perilaku Pengendara Menuju Implementasi Electronic Road Pricing (Studi: Jalan Jenderal Sudirman dan Gatot Subroto, Jakarta Selatan)” ini sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Pendidikan Pasca Sarjana di Program Studi Magister Transportasi, Institut Teknologi Bandung. Penulis menyadari bahwa penulisan tesis ini jauh dari kata sempurna dan tanpa adanya dorongan serta bimbingan dari berbagai pihak, penulis akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tesis ini. Maka dari itu penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: 1. Orang tua dan kakak-kakak tercinta yang telah memberikan doa dan dukungan selama menempuh dan menyelesaikan jenjang ini. 2. Bapak Dr. Ir Binsar P. Naispospos M.SP., selaku Dosen Pembimbing yang menyediakan waktu untuk memberikan arahan dan solusi setiap kesulitan dalam penyusunan tesis ini. 3. Bapak Adiwan Dahlan Aritenang, S.T., M.GIT., Ph.D selaku Ketua Program Studi Magister Transportasi , Institut Teknologi Bandung. 4. Ibu Dr. I Gusti Ayu Andani, S.T, M.T., sebagai Wali Dosen yang menuntun penulis selama perkuliahan. 5. Seluruh Bapak/Ibu Dosen Program Magister Transportasi yang telah memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat salama masa perkuliahan. 6. Kepada responden yang menjadi pihak terpenting dalam menyelesaikan tesis ini.