Hasil Ringkasan
60 CHAPTER IV ANALYSIS AND DISCUSSION IV.1 Analysis In this chapter, both qualitative and quantitative analyses will be conducted to address the research objectives. Qualitative analysis will involve categorization into themes or codes based on recurring patterns or topics, while quantitative analysis will focus on uncovering patterns, relationships, and trends through descriptive statistics, inferential statistics, and integration of quantitative and qualitative findings. IV.2 Qualitative Analysis Open coding begins with a word-by-word analysis process of every empirical data found. From the process of such analysis will be obtained indicators, also called key points. An indicator is a specific event (between all events collected in empirical data) that can be used further to generate concepts to construct the theory to be produced. From each indicator then a coding (labeling) is done to the meaning found in the word, or a group of those words. Table IV.1 Qualitative Coding No Label Code Q1.1 Total karyawan disini sekitar 48 orang yah Number of employees Q1.2 Untuk tahun ini kita ada sampai sekitar 89 persenan sih Gen-z percentage Q1.3 Rerata waktu kerja cukup variasi tapi rata-ratanya itu di rentang Sembilan hingga sepuluh jam Working time range per day Q1.4 Gen-Z tuh biasanya 1,5 tahun Long working time gen-z Q1.5 Retensi di tempat ini per tahun lalu sekitar 23% sih Gen-z retention percentage Q1.6 Yang mendominasi fifty-fifty yah untuk gen-z sama gen-y Comparison of the number of gene-Y and gene-z larvae Q1.7 Biasanya sebelum resign, lama kerjanya 1-2 tahun Long work gen-z 61 No Label Code Q1.8 Mereka resign karena kondisi kantor dan finansial mereka pada umumnya Reason gen-z resign Q1.9 Semakin tinggi pendapatan dan tunjangan semakin tinggi bertahan di kantor Retention correlation to income and benefits Q1.10 Sudah sesuai, tapi mereka suka compare ke temen yang lain yang gajinya lebih besar Reason gen-z resign Q1.11 Bener yah kalau ketidaksesuaian jabatan bikin mereka resign Alasan gen-z resign Q1.12 Kalau saya lihat kepuasan finansial sekitar 60%/ cukup berpengaruh Big financial satisfaction against retention Q2.1 Disini cukup banyak yaitu 500 karyawan Number of employees Q2.2 Jumlah gen-z di tahun ini cukup naik, sehingga total gen-z dari seluruh karyawan sekitar 10% Gen-z percentage Q2.3 Lama kerja mereka cukup singkat yah 3 tahunan biasanya Long working time gen-z Q2.4 Total gen-z yang kerja lebih dari 3 tahu sekitar 5- 10% Percentage of gen-z that lasts long enough Q2.5 Terdapat kasus yang cukup parah yaitu kurang dari 3 bulan sudah keluar Long gen-z working time is fairly short. Q2.6 Faktor-faktor umum yang mempengaruhi biasanya pekerajaan,kantor, mendapatkan better offer dari perusahaan lain,mendapat tawaran dengan posisi yang lebih baik, dan gaji lebih tinggi Factors affecting retention Q2.7 Sangat berpengaruh besar karena beberpa faktor seperti jumnlah pekerjaan yang sama banyak dan pengaruh globalisasi Compensation influences retention Q2.8 Setiap perusahaan memiliki benchmark untuk mengupah karyawan. Untuk kasus genz pada umumnya terdapat ketidak cocokan antara ekpektasi upah pada perusahaan dengan espektasi upah yang diingini genz dikarenakan mereka menganggap dirinya hebat. Gen-z expectation and hiring system Q2.9 benar dikarenakan masih muda sehingga bisa nekat dan bisa mengambil resiko Gen-z is the brave one to take risks. Q3.1 Jumlah karyawan yaitu 200 Number of employees 62 No Label Code Q3.2 Persentase genz dan gen y disini 50-50 yah Gen-z and gen-y percentage Q3.3 Untuk gen-y kerjanya cukup lama bahkan bisa lebih dari 5 tahun Gen-y's got longer working hours. Q3.4 Gen-z disini rata-rata masih baru dan belum keluar Gen-z yang cepat resign Q3.5 Rerata karyawan resign pertahunnya 10% Gen-z's quick resignation Q3.6 Lebih banyak gen-z yang resign Retention tool Q3.7 Variasi seperti beberapa bulan dan menyelasaikan ikatan dinas Gen-z dominates retention levels Q3.8 1. cari exposure atau mencari challenge 2. security 3. mencari finansial yang lebih stabil A short gen-z working time Q3.9 Paling gede pengaruhnya sih finansial Factors affecting retention Q3.10 sudah cukup baik menurut perusahaan tetapi bagi genz kurang padahal menurut perusahaan belum layak Gen-z hiring and expectation system Q3.11 pastinya ada, namun untuk menetukan apa itu kepuasan fiansial itu bias dan tiap orang berbeda High correlation between financial to retention IV.2.1 Concept Results of Qualitative Analysis KO1: Variation of the Gen-Z Percentage in the Company The concept identifies variations in the percentage of Gen-Z employees in different companies. Data from Q1.1, Q1.2, Q2.2, and Q3.2 questions show that the percentual of Gen Z employees varies in each company. At Eternal Beautiful, 89% of the total employee is Gen-Z, while in a chocolate manufacturing company only 10%. BSI has a balanced ratio between Gen-Y and Gen- Z, which is 50%. This variation is important to understand how far GenZ is present in the workplace and how it affects the dynamics of the organization. KO2: Gen-Z Long Working Hours 63 The concept explores the length of working hours encountered by Gen-Z employees.