Hasil Ringkasan
ABSTRAK ANALISIS PENERIMAAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN IKAN BANDENG COATING DI PASAR MODERN KOTA BANDUNG, JAWA BARAT Oleh Najaah Sabila NIM: 21323017 (Program Studi Magister Biomanajemen) Inovasi melalui pemanfaatan edible coating pada produk perikanan masih belum diterapkan di industri pangan Indonesia dan masih diselidiki penerimaannya. Pada penelitian ini, produk Bandeng Coating (ikan bandeng fillet tanpa duri dengan edible coating kitosan 1,61% dan teh hijau ekstrak 2,26%) diciptakan dalam rangka mengatasi masalah duri dan memperpanjang masa simpan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerimaan konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan strategi pemasaran produk Bandeng Coating di pasar modern Bandung. Pengambilan sampel responden dilakukan secara random sampling kepada 101 konsumen kota Bandung menggunakan kuisioner terstruktur. Bandeng Coating dievaluasi penerimaannya menggunakan faktor pendorong penerimaan (1= sangat tidak suka, 4=sangat suka) dan model proses penerimaan. Penerimaan konsumen kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda. Perumusan strategi pemasaran Bandeng Coating dikumpulkan secara judgemental sampling dan dianalisis menggunakan SWOT-QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan konsumen terhadap Bandeng Coating tergolong tinggi. Variasi produk yang ditawarkan menjadi faktor kunci dari penerimaan konsumen. Presepsi negatif terhadap warna edible coating dan terbatasnya pengetahuan konsumen menjadi kendala utama penerimaan produk. Strategi pemasaran Bandeng Coating yang perlu dilakukan berdasarkan prioritasnya yaitu 1) pendaftaran nama produk, merek dan sertifikasi, 2) melakukan pengembangan kualitas dengan cara kolaborasi dengan pihak eksternal, 3) penetrasi pasar secara online, 4) menerapkan kampanye brand, dan 5) penetrasi pasar fisik di pasar modern Kota Bandung. Kata kunci: penerimaan konsumen, bandeng fillet, edible coating, strategi pemasaran, SWOT-QSPM. ABSTRACT CONSUMER ACCEPTANCE AND MARKETING STRATEGIES OF COATED MILKFISH FILLETS IN BANDUNG CITY MODERN MARKET, WEST JAVA By Najaah Sabila NIM: 21323017 (Master’s Program in Biomanagement) Innovation through the utilization of edible coatings in fishery products has yet to be widely implemented in the Indonesian food industry, and consumer acceptance remains under investigation. To address the issue of bones and extend product shelf life, this study introduces Bandeng Coating, a boneless milkfish fillet coated with a 1.61% chitosan and 2.26% green tea extract edible coating. The research aimed to investigate the overall consumer acceptance, factors that influencing it, and develop a marketing strategy for Bandeng Coating in modern markets in Bandung. A structured questionnaire was administered to 101 randomly selected consumers in Bandung. Consumer acceptance was evaluated using a Likert scale (1=strongly dislike, 4=strongly like) and a process model of acceptance, followed by multiple linear regression analysis. The marketing strategy was collected by judgemental sampling and formulated using SWOT-QSPM. Results indicated that consumers acceptance of Bandeng Coating was high. product variety was a key factor influencing consumer acceptance.