28 Bab III Metodologi Penelitian III.1 Konsep Penelitian Objek yang diambil pada penelitian ini adalah jembatan IC Terbanggi Besar STA. 139+925 yang merupakan jembatan yang berada di jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar di Provinsi Lampung. jembatan IC Terbanggi Besar selesai dibangun tahun 2018, namun didesain sebelum tahun 2016. Gambar III.1 Jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Dalam penelitian ini, akan dilakukan evaluasi kinerja struktur yang terbagi menjadi Empat tahap. Antara lain : 1. Tahap pertama adalah pengumpulan data sekunder yang terdiri dari data umum yang berupa data profil jembatan, dan teknis jembatan seperti perhitungan perencanaan, dan gambar rencana teknik akhir. 2. Tahap kedua adalah pemodelan struktur jembatan dengan bantuan aplikasi Midas Civil sesuai dengan kondisi aktual sehingga perilakunya diharapkan sesuai dengan kondisi di lapangan. 3. Tahap ketiga yaitu melakukan analisis struktur jembatan berbasis gaya dengan peraturan pada saat perencanaan (SNI T-02-2005 tentang Standar Pembebanan untuk Jembatan, dan peraturan SNI 2833:2008 untuk beban gempa) dan peraturan yang berlaku saat ini (SNI 1725:2016 tentang 29 Pembebanan untuk Jembatan dan SNI 2833:2016 tentang Perencanaan Jembatan terhadap Beban Gempa). 4. Tahap keempat dilakukan analisis perilaku jembatan berbasis kinerja untuk mengetahui level kinerja jembatan. Dari level kinerja yang didapat maka dapat diketahui tingkat kinerja dari jembatan tersebut. III.2 Data Penelitian Pada penelitian ini digunakan data pendukung berupa data proyek dan data literatur. III.2.1 Data Proyek Data – data yang berhubungan dengan proyek didapatkan dari pihak owner yaitu PT. Hutama Karya (Persero). Adapun data jembatan IC Terbanggi – Besar adalah sebagai berikut : Total panjang jembatan adalah 87,4 m yang terdiri atas tiga bentang, dan dua pilar serta menggunakan gelagar beton tipe PCI Girder. Geometri jembatan IC Terbanggi Besar yang akan dimodelkan adalah sebagai berikut : 1. Sistem struktur : PCI Girder 2.