PENGEMBANGAN PROGRAM PENGOLAHAN DATA KETIDAKTERATURAN JALAN REL HASIL PENGUKURAN KERETA UKUR SEBAGAI INPUT DATA KETIDAKTERATURAN JALAN REL DI PERANGKAT LUNAK UNIVERSAL MECHANISM TUGAS SARJANA Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Teknik Oleh Hotashi Daniel Sianipar 13120128 PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK MESIN DAN DIRGANTARA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2024 Lembar Pengesahan Tugas Sarjana Pengembangan Program Pengolahan Data Ketidakteraturan Jalan Rel Hasil Pengukuran Kereta Ukur Sebagai Input Data Ketidakteraturan Jalan Rel di Perangkat Lunak Universal Mechanism Oleh Hotashi Daniel Sianipar 13120128 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Disetujui pada tanggal: 20 Agustus 2024 Pembimbing Utama Yunendar Aryo Handoko, S.T., Ph. D. NIP 118 110 082 Pembimbing Pendamping Prasetya Nugraha, S.T. Tugas Sarjana Judul Pengembangan Program Pengolahan Data Ketidakteraturan Jalan Rel Hasil Pengukuran Kereta Ukur Sebagai Input Data Ketidakteraturan Jalan Rel di Perangkat Lunak Universal Mechanism Hotashi Daniel Sianipar Program studi Teknik Mesin 13120128 Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Abstrak Data ketidakteraturan jalan rel dibutuhkan dalam perancangan kereta api sebagai input simulasi dinamik. Data ketidakteraturan rel hasil pengukuran kereta ukur perlu diolah sebelum digunakan. Program untuk mengolah data ketidakteraturan rel telah dikembangkan oleh lab PPTI KA FTMD ITB dan perlu divalidasi serta disempurnakan sebelum diimplementasikan oleh industri. Penelitian dimulai dengan pemodelan dan validasi kereta ukur. Data ketidakteraturan hasil program dan respon akselerasi simulasi dibandingkan dengan ketidakteraturan lainnya untuk evaluasi program. Evaluasi yang dilakukan menemukan permasalahan pada program. Berdasarkan evaluasi, maka dilakukan modifikasi pada program. Modifikasi yang dilakukan berhasil dan dibuktikan dengan akselerasi simulasi setelah modifikasi. Setelah itu, dibandingkan akselerasi simulasi dengan akselerasi pengukuran. Analisis akselerasi setelah modifikasi menunjukkan bahwa akselerasi vertikal pada axle kiri simulasi menyerupai akselerasi pengukuran. Akselerasi badan kereta vertikal simulasi juga sudah menyerupai akselerasi pengukuran, tetapi akselerasi badan kereta lateral berbeda. Perbedaan ini dapat disebabkan kualitas pengukuran, pengolahan data, dan pemodelan kereta ukur. Kata kunci: jalan rel, ketidakteraturan, pengolahan data, simulasi dinamik, validasi, akselerasi Final Project Title Development of a Data Processing Program for Track Irregularities Measured by Track Recording Cars as Input Data on Track Irregularities in the Universal Mechanism Software Hotashi Daniel Sianipar Major Mechanical Engineering 13120128 Faculty of Mechanical and Aerospace Engineering Institut Teknologi Bandung Abstract Track irregularity data is required in railway design as input for dynamic simulations. Measurement data of track irregularities obtained from track recording vehicles needs to be processed before use. A program to process this data has been developed by PPTI KA FTMD ITB and needs to be validated and refined before industry implementation. The research begins with the modeling and validation of the track recording vehicle. The processed track irregularity data using the program and the resulting acceleration response from the simulation are compared with other irregularity data for program evaluation.