ANALISIS PENGARUH FAKTOR GEOMORFOLOGI DAN SURFACE AERODYNAMICS TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN ANGIN MAKSIMUM DAN RATA-RATA TUGAS AKHIR Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana dari Institut Teknologi Bandung Oleh KIDUNG KINANTI NIM: 12820021 (Program Studi Sarjana Meteorologi) FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2024 LEMBAR PENGESAHAN ANALISIS PENGARUH FAKTOR GEOMORFOLOGI DAN SURFACE AERODYNAMICS TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN ANGIN MAKSIMUM DAN RATA-RATA Oleh Kidung Kinanti NIM: 12820021 (Program Studi Sarjana Meteorologi) Institut Teknologi Bandung Telah diperiksa dan disetujui Tim Pembimbing Bandung, Juli 2024 Pembimbing I Dr. Muhammad Rais Abdillah, S.Si., M.Sc. Nopeg. 118110103 Pembimbing II Dr. Eng. I Dewa Gede Agung Junnaedhi GMT, S.Si., M.Si. NIP. 198206112012121004 i ABSTRAK ANALISIS PENGARUH FAKTOR GEOMORFOLOGI DAN SURFACE AERODYNAMICS TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN ANGIN MAKSIMUM DAN RATA-RATA Oleh Kidung Kinanti NIM: 12820021 (Program Studi Sarjana Meteorologi) Hubungan antara kecepatan angin maksimum dan kecepatan angin rata-rata tidak bersifat linear dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Berdasarkan studi yang telah dilakukan sebelumnya, geomorfologi dan surface aerodynamics merupakan faktor yang mungkin dapat mempengaruhi hubungan kedua variabel secara signifikan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh faktor geomorfologi dan surface aerodynamics terhadap hubungan antara kecepatan angin maksimum dan rata-rata secara statistik. Digunakan pengolahan data kecepatan angin maksimum dan rata-rata harian tahun 2016 – 2022 dari 56 Automatic Weather System (AWS) milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang tersebar di seluruh Indonesia. Data ini diolah ke dalam bentuk distribusi gabungan untuk mendapatkan pola distribusi kecepatan angin yang mewakili tiap stasiun AWS. Pola distribusi tersebut dikelompokkan dengan metode K-Means untuk memisahkan stasiun dengan pola distribusi yang serupa. Selanjutnya, dilakukan identifikasi kecenderungan fitur geomorfologi dan surface aerodynamics pada tiap grup untuk menemukan karakteristik yang signifikan. Ditemukan enam kelompok stasiun AWS dengan pola distribusi yang serupa, mengindikasikan pengaruh faktor geomorfologi dan surface aerodynamics dalam beberapa kasus. Analisis variasi karakteristik geomorfologi menunjukkan perbedaan yang mungkin memengaruhi distribusi kecepatan angin, sementara variabel surface aerodynamics perlu dilakukan kajian lebih lanjut untuk mengetahui perbedaan signifikan antar grup. Penelitian ini mengindikasikan bahwa tiap kelompok stasiun memiliki kecenderungan karakteristik geomorfologi dan surface aerodynamics, tetapi tidak ada parameter spesifik yang konsisten mengontrol hubungan kecepatan angin maksimum dan rata-rata. Kata Kunci: Pola distribusi kecepatan angin, Geomorfologi, Surface aerodynamics. ii ABSTRACT ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF GEOMORPHOLOGICAL AND SURFACE AERODYNAMICS FACTORS ON THE RELATIONSHIP BETWEEN MAXIMUM AND AVERAGE WIND SPEED By Kidung Kinanti NIM: 12820021 (Undergraduate Program in Meteorology) The relationship between maximum wind speed and average wind speed is not linear and is influenced by many factors. Based on previous studies, geomorphology and surface aerodynamics are factors that may significantly influence the relationship between the two variables.