ANALISIS DIGITAL KONTEN DAN FRAMING PESAN DALAM VISUAL PENGGALANGAN DANA KEMANUSIAAN PALESTINA DI PLATFORM KITABISA: STUDI TENTANG POVERTY PORN TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh MUHAMMAD TAFAKUR NIM: 27122006 (Program Studi Magister Desain) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG JULI 2024 ii ABSTRAK Analisis Digital Konten dan Framing Pesan Dalam Visual Penggalangan Dana Kemanusiaan Palestina di Platform Kitabisa: Studi Tentang Poverty Porn Oleh Muhammad Tafakur NIM: 27122006 (Program Studi Magister Desain) Konflik antara Palestina dan Israel telah menjadi sorotan global, memicu respons emosional dan partisipasi aktif masyarakat, termasuk Indonesia, yang merupakan negara paling dermawan di dunia. Uniknya, visual yang digunakan mayoritas menggunakan strategi visual “poverty porn” yang menggambarkan kesengsaraan subjek yang ada dalam gambar. Oleh karenanya, Penelitian ini berfokus pada analisis visual dan pesan yang terbingkai dalam strategi visual poverty porn pada penggalangan dana kemanusiaan online di platform Kitabisa terkait konflik ini. Metode penelitian campuran eksplanatori digunakan dalam studi ini, yang terdiri dari pemetaan kuantitatif dan interpretasi kualitatif. Tahap pertama memetakan visual dari Kitabisa menggunakan analisis konten digital yang diadaptasi dari Gillian Rose, serta teknik digital seperti datacrawling dan bantuan machine learning AWS Rekognition untuk mengekstrak fitur visual seperti manusia, wajah, dan emosi. Lima kategori representasi visual penggalangan dana diidentifikasi: superior Fundraising (SF), high success Fundraising (HSF), low success Fundraising (LSF), Most Poverty porn Fundraising (MPF), dan lowest Poverty porn Fundraising (LPF), yang membantu memahami perbedaan pesan yang terbingkai oleh setiap jenis penggalangan dana melalui interpretasi bahasa visual pada tahap kedua. Temuan utama menunjukkan bahwa visual poverty porn yang mendominasi, tidak menjadi pendorong utama keberhasilan penggalangan dana dan tingkat donasi. Variabel tema, emosi, dan usia subjek visual sangat berkorelasi dengan keberhasilan penggalangan dana. Dan pesan yang terframing memiliki lima faktor penentu keputusan berdonasi: variasi emosi, fokus emosi, poverty porn, realitas visual, dan CTA Positifitas. Penelitian ini menggarisbawahi teori pembingkaian pesan dan memori kolektif sebagai framework theory yang digunakan untuk menjelaskan hubungan pesan-ingatan ini terkait dengan keputusan berdonasi. Pentingnya motivasi dan kemampuan individu dalam memproses informasi yang diterima dalam komunikasi persuasive ini, serta relevansi teori altruisme dalam konteks penggalangan dana kemanusiaan, menegaskan bahwa visual penggalangan dana bukan sekadar alat penarik perhatian, tetapi juga strategi penyampaian pesan yang efektif, sehingga berkontribusi pada pengembangan praktik penggalangan dana yang lebih efektif dan etis di sektor kemanusiaan. Kata kunci: Poverty porn, analisis konten digital, framing pesan, bahasa rupa, memori kolektif, keputusan berdonasi iii ABSTRACT Digital Content Analysis and Framing of Messages in Visuals of the Palestinian Humanitarian Fundraising on the Kitabisa Platform: A Study on Poverty Porn by Muhammad Tafakur NIM: 27122006 (Program Studi Magister Desain) The conflict between Palestine and Israel has garnered global attention, sparking emotional responses and active participation from the public, including Indonesia, which is known as the most generous country in the world. Uniquely, the visuals used predominantly employ a "poverty porn" strategy that depicts the suffering of the subjects in the images. Therefore, this research focuses on the analysis of visuals and messages framed within the poverty porn visual strategy in online humanitarian fundraising on the Kitabisa platform related to this conflict. An explanatory mixed- methods approach is used in this study, consisting of quantitative mapping and qualitative interpretation. The first phase maps visuals from Kitabisa using digital content analysis adapted from Gillian Rose, as well as digital techniques such as data crawling and machine learning assistance from AWS Rekognition to extract visual features like humans, faces, and emotions. Five categories of visual fundraising representation were identified: superior Fundraising (SF), high success Fundraising (HSF), low success Fundraising (LSF), most Poverty porn Fundraising (MPF), and lowest Poverty porn Fundraising (LPF), which help understand the differences in messages framed by each type of fundraising through visual language interpretation in the second phase. The main findings show that the dominant poverty porn visuals are not the main drivers of fundraising success and donation levels. The variables of theme, emotion, and age of visual subjects are highly correlated with fundraising success. And framed messages have five key determinants for donation decisions: emotion variation, emotion focus, poverty porn, visual reality, and positive CTA.