UPAYA PENINGKATAN MO TIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMODELAN YANG BERLANDASKAN PEMAKNAAN DAN PENALARAN TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh LAZNA SUCI WALI NIM: 24621005 (Program Studi Magister Pengajaran Matematika) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG JULI 2023 i ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN MO TIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMODELAN YANG BERLANDASKAN PEMAKNAAN DAN PENALARAN Oleh Lazna Suci Wali NIM: 24621005 (Program Studi Magister Pengajaran Matematika) Percobaan ini mengujicobakan perlakuan yang menggunakan pemodelan dengan berlandaskan pada pemaknaan dan penalaran kepada siswa. Perlakuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Percobaan ini bersifat kualitatif. Subjek dalam percobaan ini adalah tiga orang siswa kelas 8 di sebuah sekolah menengah pertama di Cimahi. Materi yang dicakup dalam percobaan adalah bangun datar. Topik ini merupakan prasyarat untuk topik yang akan dipelajari siswa di kelas. Ada 4 tahap dalam percobaan ini, yaitu tahap memperoleh data awal, tahap konfirmasi, tahap penerapan perlakuan dan tahap evaluasi. Perlakuan diberikan dalam bentuk pemodelan matematika yang menekankan penalaran dan pemaknaan. Ketiga siswa menerima perlakuan dalam tiga kali pertemuan yang berlangsung dalam periode enam minggu. Pada setiap pertemuan siswa diminta mengerjakan dua soal perlakuan dan satu soal evaluasi. Siswa diminta menyelesaikan kedua soal perlakuan dan menjelaskan proses pengerjaannya secara lisan. Berdasarkan percobaan yang dilakukan, mengerjakan soal pemodelan yang berlandaskan pemaknaan dan penalaran tampaknya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pemodelan, Pemaknaan, Penalaran. ii ABSTRACT EFFORTS TO INCREASE STUDEN T LEARNING MOTIVATION WITH MODELING BASED ON SENSE MAKING AND REASONING By Lazna Suci Wali NIM: 24621005 (Master’s Program in Teaching Of Mathematics) This experiment tested a treatment that uses modeling based on sense making and reasoning to students. This treatment is expected to increase students' motivation to learn mathematics. This experiment is qualitative. The subjects in this experiment were three grade 8 students at a junior high school in Cimahi. The material covered in the experiment is shapes. This topic is a prerequisite for the topic of that students will learn in class. There are 4 stages in this experiment, namely the stage of obtaining initial data, the stage of confirmation, the stage of applying the treatment and the stage of evaluation. The treatment is given in the form of mathematical modeling that emphasize reasoning and sense making. The three students received treatment in three meetings that took place over a six- week period. At each meeting students were asked to work on two treatment questions and one evaluation question. Students are asked to complete both treatment questions and explain the process orally. Based on the experiments conducted, working on modeling problems based on sense making and reasoning seems to be able to increase student motivation. Keywords: Learning Motivation, Modelling, Sense Making, Reasoning. iii iv PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian tesis ini dapat ditulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Wali, L. (2023): Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemodelan Yang Berlandaskan Pemaknaan Dan Penalaran, Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Wali, L. (2023): Efforts to Increase Student Learning Motivation with Modelling Based on Sense Making And Reasoning, Master’s Thesis, Institut Teknologi Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. HALAMAN PERUNTUKAN v HALAMAN PERUNTUKAN Dipersembahkan kepada orang tuaku tercinta Papa (Drs. Rusli Wali, M.Pd) Mama (Zulaeha Mokoginta), Kakekku (Noldi Mokoginta), Adikku (Bripda Bachrul Tabayama Wali) serta keluarga besarku tercinta yang senantiasa mendukung lahir dan batin. vi KATA PENGANTAR Dengan penuh kerendahan hati penulis memanjatkan puji dan syukur nikmat yang tak terhingga kepada Allah Subahanahuwata’ala yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan hidaya-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Proyek yang berjudul “Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemodelan yang Berlandaskan Pemaknaan dan Penalaran” Penulis juga menyadari bahwa kelancaran penyusunan dan penulisan Proyek ini berkat bimbingan, bantuan, dan doa dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pengerjaan proyek ini, yaitu kepada: 1. Ahmad Muchlis, Ph.D. sebagai pembimbing atas segala saran, bimbingan dan nasehatnya selama penelitian berlangsung dan selama penulisan proyek ini. 2. Prof. Dr. Irawati, M.S dan Dr. Ihsana Sabriani Borualogo, M.Si Psikolog sebagai dosen penguji sidang magister yang telah memberikan saran maupun masukan kesempurnaan proyek ini. 3. Ketua program studi dan seluruh dosen, staf program studi S2 pengajaran matematika serta teman-teman mahasiswa pengajaran matematika 2021 yang telah mendukung dan memberikan pembelajaran selama di ITB. 4. Ayahanda Drs. Rusli Wali, M.Pd dan Ibunda Zulaeha Mokoginta serta Adik Bripda Bachrul Tabayama Wali yang tak pernah berhenti untuk selalu mendoakan, menyemangati, menasehati serta selalu menguatkanku untuk tidak menyerah. Penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam penyusunan proyek ini.