Hasil Ringkasan
ANALISIS MEKANISME ASSESSMENT DI TIGA DARI LIMA TAHAPAN TRAINING MANAJER UPJ PT. PLN ( PERSERO ) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN PROYEK AKHIR Oleh: FERRY SYAUKI NIM : 29104214 Program Magister Administrasi Bisnis Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung 2006 Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian ANALISIS MEKANISME ASSESSMENT DI TIGA DARI LIMA TAHAPAN TRAINING MANAJER UPJ PT. PLN ( PERSERO ) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN FERRY SYAUKI, NIM (29104214) Tanggal Lulus Ujian Akhir (11/02/2006) Tanggal Wisuda (04/03/2006) Program Magister Administrasi Bisnis Institut Teknologi Bandung, 2006 Pembimbing : Ir. Nurhayati Ma’mun, M.Sc. ABSTRAK Sebagai satu-satunya badan usaha milik negara khusus bergerak dibidang penyediaan energi listrik, PT PLN (Persero) menghadapi tantangan untuk tetap dapat memasok tenaga listrik bagi pelanggan dengan tingkat keandalan, ketersediaan, dan keberlangsungan yang tinggi. Disamping itu, perusahaan akan selalu berusaha meningkatkan efisiensi dan tingkat mutu pelayanan. Hal ini sesuai dengan visi perusahaan yakni menjadikan perusahaan diakui sebagai perusahaan kelas dunia yang bertumbuh kembang, unggul dan terpercaya, dengan bertumpu pada potensi insani. Dari waktu ke waktu, kinerja perusahaan sangat dipengaruhi oleh keefektifan manajemen sumber daya manusia. Itulah sebabnya mengapa PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat & Banten meningkatkan mutu sumber daya manusia dengan menyelenggarakan pelatihan bagi calon manajer UPJ. Salah satu aspek penting dari pelatihan ialah assessment. Perusahaan menggunakan assessment untuk seleksi, untuk mengetahui apakah peserta pelatihan sudah menguasai materi pelatihan, dan untuk meyakinkan apakah peserta pelatihan sudah mencapai tingkat kompetensi yang diinginkan. Reliabilitas dan korelasi merupakan dua hal penting yang menentukan kualitas dan manfaat assessment itu sendiri. Manajemen sangat berharap adanya korelasi yang kuat antara nilai seleksi dengan prestasi pelatihan dan selanjutnya dengan kinerja di kemudian hari. Kata kunci : Training, Assessment, Seleksi, Reliabilitas, Validitas, Kompetensi, dan Kinerja. i Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian ANALISYS OF THREE OF FIVE STEPS ASSESSMENT MECHANISM IN TRAINING FOR UPJ MANAGER PT. PLN ( PERSERO ) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN FERRY SYAUKI, NIM (29104214) Date of final Pass Examination (02/11/2006) Date of Graduation (03/04/2006) Master of Business Administration Program Postgraduate Program, Institut Teknologi Bandung, 2006 Thesis Advisor : Ir. Nurhayati Ma’mun, M.Sc. ABSTRACT As a single special state own enterprise that provides electric power, PT PLN (Persero) is always demanded to run the business with high level of reliability, availability, and continuity. Besides, company will continue striving to meet the highest efficiency and service level agreement. This is relevant to the company’s visions: becoming a world class company, growing fast, having excellent performance and trust-worthy, and winning through people.