PARAMETRIC STUDY TO REDUCE DISPLACEMENT AND RESIDUAL STRESS DUE TO WELDING PROCESS USING FINITE ELEMENT SIMULATION UNDERGRADUATE THESIS Submitted as partial fulfillment in achieving undergraduate degree of Aerospace Engineering in Institut Teknologi Bandung By : Ksatria Raulinzha Nugraha 13620031 Advisors : Dr. Annisa Jusuf, S.T., M.T. Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra I Made Wiragunarsa, S.T., M.T. UNDERGRADUATE PROGRAM IN AEROSPACE ENGINEERING FACULTY OF MECHANICAL AND AEROSPACE ENGINEERING INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2023 2 ABSTRAK PARAMETRIC STUDY TO REDUCE DISPLACEMENT AND RESIDUAL STRESS DUE TO WELDING PROCESS USING FINITE ELEMENT SIMULATION Oleh Ksatria Raulinzha Nugraha 13620031 Pengelasan adalah proses penggabungan dua komponen logam atau plastik melalui peleburan dengan atau tanpa bahan tambahan yang sangat penting di berbagai industri. Proses ini memerlukan penerapan panas, tekanan, atau keduanya untuk menciptakan sambungan yang tahan lama. Pengelasan banyak digunakan di sektor-sektor seperti transportasi, contohnya pada kendaraan seperti kereta cepat dan dump truck. Namun, proses ini dapat menimbulkan tegangan sisa dan deformasi, yang berpotensi membahayakan integritas struktural. Kereta cepat merupakan alat transportasi darat berkecepatan tinggi yang dapat membawa banyak penumpang. Kereta Cepat Merah Putih (KCMP) sendiri merupakan komponen penting dari rencana Indonesia dalam membangun jaringan kereta nasional. Berbeda dengan kereta konvensional, kereta cepat seperti KCMP memiliki struktur aluminium, khususnya menggunakan aluminium 6061-T6. Sebaliknya, dump truck yang bertugas untuk pengangkutan beban berat, khususnya di pertambangan, mengandalkan desain yang kokoh dengan SM400A sebagai materialnya. Penelitian ini menggunakan simulasi elemen hingga untuk mengeksplorasi dampak parameter pengelasan terhadap deformasi dan tegangan sisa pada sambungan las. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi pengelasan yang optimal untuk mengurangi dampak buruk yang berguna untuk menjaga keandalan struktural. Investigasi parametrik mencakup variasi ketebalan, masukan panas, urutan pengelasan, dan kondisi batas. Wawasan studi ini diharapkan dapat menyempurnakan praktik pengelasan, meningkatkan kinerja struktural, dan mengurangi kemungkinan kegagalan pengelasan. Kata kunci: pengelasan, kereta cepat, dump truck, simulasi elemen hingga, tegangan sisa, deformasi 3 ABSTRACT PARAMETRIC STUDY TO REDUCE DISPLACEMENT AND RESIDUAL STRESS DUE TO WELDING PROCESS USING FINITE ELEMENT SIMULATION By Ksatria Raulinzha Nugraha 13620031 Welding, the process of fusing two plastic or metal components through melting, with or without additional molten material, is vital across various industries. It entails the application of heat, pressure, or both to create a durable joint, known as a weldment.