67 BAB VI PENUTUP VI.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian diatas maka didapatkan kesimpulan dalam menjawab pertanyaan penelitian sebagai berikut : 1. Masyarakat menilai atribut yang dianggap penting dan memiliki performa yang baik dalam pemasaran digital produk perikanan di Kabupaten Natuna yaitu 1)kemasan produk perikanan; 2)rasa produk; 3)kebersihan produk; 4)sertifikat atau label layak edar produk; 5)manfaat produk; 6)volume/ukuran produk; 7)keberadaan toko; dan 8)keberagaman produk. Kemudian masyarakat memandang beberapa atribut yang dianggap penting namun memiliki performa yang buruk seperti 1)harga produk; 2)kesegaran produk; 3)ketersediaan stok produk; dan 4)pengiriman produk. Kemudian masyarakat juga memandang bahwa atribut yang tidak dianggap penting namun memiliki performa yang berlebihan seperti 1)diskon atau promosi produk; dan 2)kepopuleran merk produk. Terakhir, masyarakat menilai bahwa terdapat faktor yang dianggap tidak penting dan memiliki performa yang buruk seperti 1)kandungan nutrisi dan nilai gizi; 2)kemudahan mendapatkan produk; 3) infrastruktur internet untuk membeli produk; 4) pelayanan penjual produk; 5)pengetahuan menggunakan aplikasi digital untuk membeli produk; dan 6)kepraktisan. VI.2 Rekomendasi Berdasarkan hasil penelitian diatas maka disusunlan rekomendasi kebijakan untuk tiga segmen kepentingan sebagai berikut : - Pemerintah Daerah 1. Membentuk Kemitraan Lokal: A. Mendorong pembentukan kemitraan antara pemerintah daerah, perikanan lokal, dan pelaku usaha teknologi. 68 B. Mengadakan forum diskusi reguler untuk bertukar gagasan dan memecahkan masalah terkait pemasaran produk perikanan. 2. Pembangunan Infrastruktur Digital: A. Menyediakan akses internet yang terjangkau dan cepat di daerah pedesaan atau pesisir. B. Membangun pusat layanan digital di daerah tersebut, yang memberikan pelatihan dan bantuan teknis untuk menggunakan platform digital. 3. Pengembangan Aplikasi Lokal: A. Mendorong pengembangan aplikasi atau platform digital lokal yang memungkinkan nelayan untuk mempromosikan dan menjual produk mereka secara online. B. Memberikan insentif bagi pengembang lokal untuk menciptakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan kearifan lokal.