46 BAB V HASIL PENELITIAN V.1 Karakteristik Responden Dari hasil penyebaran kuesioner kepada masyarakat di Kabupaten Natuna sebanyak 100 responden, maka dapat diperoleh gambaran karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, dan jenis pekerjaan. Gambaran karakteristik responden secara rinci adalah sebagai berikut : V.1.1. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner didapatkan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin sebagai berikut ini: Tabel 5.1 Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin Jenis Kelamin Jumlah Responden Persentase Laki-Laki 65 65% Perempuan 35 35% Total 100 100% Berdasarkan data di atas diperoleh sebanyak 100 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Pada karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin dapat diketahui bahwa responden berjenis kelamin Laki-laki menjadi responden terbanyak dalam penelitian ini yaitu sebanyak 65 responden atau sebesar 65% dan responden berjenis Perempuan sebanyak 35 responden atau sebesar 35 %. V.1.2. Karakteristik Responden Berdasarkan Usia Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner didapatkan karakteristik responden berdasarkan usia sebagai berikut ini: 47 Tabel 5.2 Karakteristik Responden Berdasarkan Usia Usia Jumlah Responden Persentase 50 Tahun 3 3% Total 100 100% Karakteristik responden berdasarkan usia diketahui bahwa responden terbanyak berada pada usia 21-30 tahun. Pada kategori ini didapat 44 responden atau sebesar 44 % dari total responden dan merupakan mayoritas responden. Kategori 31-40 tahun sebanyak 37 responden atau 37%, kemudian untuk kategori 41-50 tahun sebanyak 10 responden atau 10%. Kategori 50 Tahun memiliki jumlah responden terendah yaitu masing masing 6 dan 3 responden dengan masing-masing presentase hanya 6% dan 3%. Dengan demikian di ketahui bahwa responden yang digunakan dalam penelitian ini memiliki umur yang bervariasi, mulai dari kalangan anak muda 50 Tahun. V.1.3. Karakteristik Responden Berdasarkan Pendidikan Terakhir Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner didapatkan karakteristik responden berdasarkan pendidikan terakhir sebagai berikut ini: Tabel 5.3 Karakteristik Responden Berdasarkan Pendidikan Terakhir Usia Jumlah Responden Persentase Tidak Tamat SD 0 0% Tamat SD 2 2% Tamat SMP 5 5% Tamat SMA 44 44% 48 Diploma/S1/S2 49 49% Total 100 100% Pendidikan terakhir yang pernah ditempuh oleh responden akan menentukan tingkat pengetahuan mengenai strategi pemasaran produk. Semakin tinggi pendidikan yang pernah ditempuh seorang responden akan menunjukkan semakin paham dan mengetahui tentang atribut strategi pemasaran. Responden dengan pendidikan terakhir Diploma/S1/S2 merupakan yang paling dominan sebanyak 49 responden atau 49% dari total responden. Responden dengan pendidikan Tamat SMA sederajat sebanyak 44 responden atau 44% dari total responden. Sedangkan untuk responden dengan pendidikan Tamat SMP sederajat dan SD masing masing sebanyak 5 dan 2 responden atau 5 % dan 2 %, ini merupakan persentase yang terendah. V.1.4. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Pekerjaan Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner didapatkan karakteristik responden berdasarkan Jenis Pekerjaan sebagai berikut ini: Tabel 5.4 Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Pekerjaan Usia Jumlah Responden Persentase PNS 14 14% Wiraswasta 19 19% Swasta 22 22% Honorer 22 22% Belum Bekerja 23 23% Total 100 100% Berdasarkan Tabel 5.4. di atas dapat diketahui bahwa penyebaran kuisioner cukup merata dimana hanya terdapat perbedaan selisih yang sedikit antar pekerjaan. Responden terbanyak berasal dari kalangan masyarakat yang belum bekerja dengan jumlah 23 responden atau sebesar 23% dari total responden, ini merupakan kategori 49 dengan persentase tertinggi. Kategori kalangan Swasta dan Honorer memiliki jumlah responden yang sama yaitu masing-masing memiliki 22 responden dengan persentase sebesar 22%. Kemudian kalangan Wiraswasta memiliki jumlah responden sebesar 19 responden dengan persentase sebesar 19%. Kemudian kalangan PNS menjadi kategori terendah yaitu berjumlah 14 responden dengan persentase sebesar 14%. V.2 Distribusi Jawaban Responden Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner yang telah diisi oleh seluruh responden, selanjutnya akan diketahui distribusi jawaban terhadap item-item dari setiap variabelnya, yaitu performance, importance, frekuensi jumlah, angka presentase, rata-rata per butir dan per variabel. Deskripsi distribusi item ini digunakan untuk mengetahui frekuensi dan variasi jawaban responden terhadap setiap butir pertanyaan yang dimasukkan dalam kuesioner. Pengukuran yang dilakukan akan memberikan rentang jawaban menggunakan skala peringkat terperinci. Pada setiap pertanyaan, para responden diminta untuk dapat memberikan penilaian sikap mereka terhadap pertanyaan yang tersedia. Maka untuk menentukan kriteria jawaban responden diperlukan interpretasi skor nilai rata-rata sebagai berikut: Tabel 5.5 Interpretasi Skor Rata-Rata Keterangan Skor Rata-Rata Performance Importance Sangat Tidak Puas Sangat Tidak Penting 1,00 - 1,80 Tidak Puas Tidak Penting 1,81 - 2,60 Netral Netral 2,61 - 3,40 Puas Penting 3,41 - 4,20 Sangat Puas Sangat Penting 4,21 - 5,00 50 V.2.1. Distribusi Frekuensi Butir Nilai Performance Pada variabel Performance terdapat 20 item pertanyaan yang diberikan kepada responden untuk dijawab. Jawaban responden dapat dilihat pada Tabel berikut : Tabel 5.6 Distribusi Frekuensi Butir Nilai Performance Butir 5 4 3 2 1 Jumlah Rata- Rata f % f % f % f % f % f % P1 34 34,00 45 45,00 13 13,00 4 4,00 4 4,00 100 100,00 4,01 P2 54 54,00 35 35,00 9 9,00 0 0,00 2 2,00 100 100,00 4,39 P3 53 53,00 40 40,00 7 7,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,46 P4 73 73,00 27 27,00 0 0,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,73 P5 50 50,00 44 44,00 6 6,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,44 P6 36 36,00 40 40,00 17 17,00 5 5,00 2 2,00 100 100,00 4,03 P7 31 31,00 48 48,00 18 18,00 3 3,00 0 0,00 100 100,00 4,07 P8 41 41,00 52 52,00 4 4,00 3 3,00 0 0,00 100 100,00 4,31 P9 69 69,00 20 20,00 11 11,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,58 P10 47 47,00 47 47,00 6 6,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,41 P11 68 68,00 32 32,00 0 0,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,68 P12 49 49,00 44 44,00 4 4,00 3 3,00 0 0,00 100 100,00 4,39 P13 46 46,00 45 45,00 9 9,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,37 P14 53 53,00 41 41,00 6 6,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,47 P15 53 53,00 34 34,00 13 13,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,40 P16 49 49,00 42 42,00 9 9,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,40 P17 61 61,00 35 35,00 4 4,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,57 P18 47 47,00 43 43,00 8 8,00 0 0,00 2 2,00 100 100,00 4,33 P19 62 62,00 34 34,00 4 4,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,58 P20 60 60,00 33 33,00 7 7,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,53 Rata-Rata Performance 4,41 Berdasarkan Tabel 5.6 di atas dapat diketahui bahwa variabel Nilai Performance memiliki 20 item pertanyaan. Dari 20 item pertanyaan tersebut, diketahui rata-rata tertinggi yaitu 4,73 pada pertanyaan P4 tentang “Tingkat kepuasan kemasan dalam pembelian produk”. Hal ini menunjukkan bahwa responden menilai produk perikanan di Natuna memiliki kemasan produk yang bagus dan sangat layak untuk dipasarkan secara digital. Sementara itu pada Tabel 5.6. diketahui pula rata-rata terendah yaitu 4,01 pada item pertanyaan P1 mengenai 51 “Tingkat kepuasan nutrisi dan nilai gizi dalam pertimbangan membeli produk”. Hal ini menunjukkan bahwa responden menilai bahwa kandungan gizi dan nutrisi dari produk olahan perikanan di Natuna cenderung masih rendah. Hal tersebut bisa terjadi karena terlalu banyak bahan-bahan lainnya yang digunakan dalam meproduksi makanan olahan sehingga kandungan gizi dan nutrisi yang dihasilkan menjadi berkurang. Berdasarkan nilai interval yang didapat pada penelitian ini yaitu dikatakan bahwa nilai mean pada variabel Performance yaitu 4,41 sehingga masuk dalam tingkat Sangat Puas (4,21-5,00). Responden menganggap Sangat puas terhadap pertanyaan-pertanyaan pada variabel Performance. Hal tersebut mencerminkan bahwa produk perikanan di Natuna memiliki daya jual yang tinggi di masyarakat sehingga dapat dipasarkan secara digital. V.2.2. Distribusi Frekuensi Butir Nilai Importance Pada variabel Importance terdapat 20 item pertanyaan yang diberikan kepada responden untuk dijawab. Jawaban responden dapat dilihat pada Tabel berikut : Tabel 5.7 Distribusi Frekuensi Butir Nilai Importance Butir 5 4 3 2 1 Jumlah Rata- Rata f % f % f % f % f % f % I1 30 30,00 19 19,00 42 42,00 9 9,00 0 0,00 100 100,00 3,70 I2 30 30,00 38 38,00 21 21,00 11 11,00 0 0,00 100 100,00 3,87 I3 39 39,00 30 30,00 20 20,00 9 9,00 2 2,00 100 100,00 3,95 I4 45 45,00 49 49,00 6 6,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,39 I5 37 37,00 38 38,00 21 21,00 4 4,00 0 0,00 100 100,00 4,08 I6 27 27,00 20 20,00 47 47,00 6 6,00 0 0,00 100 100,00 3,68 I7 27 27,00 18 18,00 45 45,00 10 10,00 0 0,00 100 100,00 3,62 I8 28 28,00 40 40,00 30 30,00 2 2,00 0 0,00 100 100,00 3,94 I9 44 44,00 46 46,00 10 10,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,34 I10 26 26,00 31 31,00 35 35,00 8 8,00 0 0,00 100 100,00 3,75 I11 43 43,00 43 43,00 12 12,00 2 2,00 0 0,00 100 100,00 4,27 I12 34 34,00 37 37,00 22 22,00 7 7,00 0 0,00 100 100,00 3,98 I13 39 39,00 36 36,00 21 21,00 4 4,00 0 0,00 100 100,00 4,10 I14 33 33,00 44 44,00 21 21,00 2 2,00 0 0,00 100 100,00 4,08 I15 53 53,00 24 24,00 23 23,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,30 I16 47 47,00 43 43,00 6 6,00 4 4,00 0 0,00 100 100,00 4,33 52 I17 55 55,00 29 29,00 16 16,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,39 I18 31 31,00 52 52,00 17 17,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,14 I19 44 44,00 41 41,00 15 15,00 0 0,00 0 0,00 100 100,00 4,29 I20 45 45,00 34 34,00 19 19,00 2 2,00 0 0,00 100 100,00 4,22 Rata-Rata Importance 4,07 Berdasarkan Tabel 5.7 di atas dapat diketahui bahwa variabel Nilai importance memiliki 20 item pertanyaan. Dari 20 item pertanyaan tersebut, diketahui rata-rata tertinggi yaitu 4,39 terkait “Tingkat harapan kemasan dalam pertimbangan membeli produk” dan “Tingkat harapan volume (ukuran produk) dalam pertimbangan membeli produk”. Hal ini menunjukkan bahwa responden memiliki harapan yang tinggi dari kemasan produk perikanan dan volume atau isi dari produk perikanan yang ditawarkan. Dengan adanya kemasan yang bagus dan volumen produk yang lebih banyak, diharapkan dapat menambah minat konsumen untuk membeli produk olahan perikanan di Natuna yang dipasarkan secara digital. Sementara itu pada Tabel 5.7. diketahui pula rata-rata terendah yaitu 3,62 terkait “Tingkat harapan pelayanan penjual dalam pertimbangan membeli produk”. Hal ini menunjukkan bahwa responden memiliki harapan yang rendah terhadap pelayanan penjual karena pemasaran digital secara online tidak secara langsung adanya pertemuan antara pembeli dan penjual. Berdasarkan nilai interval yang didapat pada penelitian ini yaitu dikatakan bahwa rata-rata pada variabel importance yaitu 4,07 sehingga masuk dalam tingkat Puas (3,41-4,20). Responden menganggap puas terhadap pertanyaan-pertanyaan pada variabel importance.