PREFERENSI MODA PELAKU PERJALANAN TERHADAP TRAVEL TIME DAN TRAVEL COST ANTARA BUS DAN KERETA API (STUDI KASUS: MAKASSAR -PAREPARE) TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh ANGGEL ERPA ERONG PAKIDING NIM: 24222001 (Program Studi Magister Transportasi) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Juni 2024 i ABSTRAK PREFERENSI MODA PELAKU PERJALANAN TERHADAP TRAVEL TIME DAN TRAVEL COST ANTARA BUS DAN KERETA API (STUDI KASUS: MAKASSAR -PAREPARE) Oleh ANGGEL ERPA ERONG PAKIDING NIM: 24222001 (Program Studi Magister Transportasi) Sulawesi Selatan sebagai wilayah dengan mobilitas tinggi di Indonesia, memerlukan infrastruktur transportasi yang memadai untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan perkotaan yang berkelanjutan. Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengembangkan jaringan kereta api di Pulau Sulawesi, lintasan kereta api dari Kota Makassar ke Kota Pare- Pare telah dibangun. Sebelumnya, pelaku perjalanan hanya memiliki opsi bus sebagai angkutan umum untuk perjalanan antarkota. Namun, dengan hadirnya kereta api sebagai alternatif baru, pilihan moda transportasi pelaku perjalanan menjadi bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi moda pelaku perjalanan antara bus dan kereta api (Makassar-Parepare) dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan moda transportasi oleh pelaku perjalanan dengan karakteristik sosio ekonomi dan karakteristik perjalanan berdasarkan revealed preference serta atribut travel time dan travel cost untuk stated preference. Dimana, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelaku perjalanan berdasarkan sosio ekonomi dan karakteristik perjalanan cenderung lebih memilih moda kereta api. Selanjutnya dari hasil intervensi yang telah dilakukan terhadap atribut travel time dan travel cost ditemukan bahwa pelaku perjalanan akan memilih moda angkutan umum dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan biaya yang lebih terjangkau Kata kunci: pemilihan moda, angkutan umum, stated preference, revealed preference ii ABSTRACT PUBLIC MODE PREFERENCES TOWARDS TRAVEL TIME AND TRAVEL COST BETWEEN BUSES AND TRAINS (CASE STUDY: MAKASSAR-PAREPARE) By ANGGEL ERPA ERONG PAKIDING NIM: 24222001 (Master’s Program in Transportation) South Sulawesi, as a region with high mobility in Indonesia, requires adequate transportation infrastructure to support sustainable economic and urban growth. In line with the government's commitment to developing the railway network on Sulawesi Island, a railway track from Makassar City to Pare-Pare City has been built. Previously, people only had the option of buses as public transportation for intercity travel. However, with the presence of trains as a new alternative, people's choice of transportation modes is increasing. This research aims to determine travellers' mode preferences between buses and trains (Makassar-Parepare) by considering the factors that influence travellers' choice of mode of transportation based on socio-economic characteristics and travel characteristics based on revealed preferences as well as travel time and travel cost attributes for stated preference. Where, the results of the research show that the characteristics of travelers based on socio-economic and travel characteristics tend to prefer the train mode. Furthermore, from the results of interventions that have been carried out on travel time and travel cost attributes, it was found that travelers will choose public transportation modes with shorter travel times and more affordable costs. Keywords: mode choice, public transportation, stated preference, revealed preference iii HALAMAN PENGESAHAN PREFERENSI MODA PELAKU PERJALANAN TERHADAP TRAVEL TIME DAN TRAVEL COST ANTARA BUS DAN KERETA API (STUDI KASUS: MAKASSAR -PAREPARE) Oleh ANGGEL ERPA ERONG PAKIDING NIM: 24222001 (Program Studi Magister Transportasi) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing Tanggal 6 Juni 2024 Pembimbing Dr. Ir. Binsar Parasian Naipospos, M.SP. NIP 19611230 199102 1 002 iv PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Pakiding, Anggel. (2024): PREFERENSI MODA PELAKU PERJALANAN TERHADAP TRAVELTIME DAN TRAVEL COST ANTARA BUS DAN KERETA API (STUDI KASUS: MAKASSAR-PAREPARE), Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Pakiding, A. (2024): PUBLIC MODE PREFERENCES TOWARDS TRAVEL TIME AND TRAVEL COST BETWEEN BUSES AND TRAINS (CASE STUDY: MAKASSAR - PAREPARE), Master’s Thesis, Institut Teknologi Bandung Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. v Persembahan spesial untuk kedua orang tua penulis yang selalu memberikan kesempatan, kepercayaan dan dukungan atas pencapaian ini… Juga terimakasih kepada diri, yang telah bertahan dan berproses untuk bisa sampai pada tahap ini, pun belajar tentang rasa syukur untuk bertemu dengan guru dan orang-orang hebat yang luar biasa… Sehingga dalam proses ini penulis sadar bahwa: Bukan tentang nilai A+ Bukan tentang juara pertama Bukan tentang hasil sempurna Melainkan… Belajar itu Tentang pemahaman Tentang penalaran Tentang terlatih konsisten Tentang menikmati sebuah proses Tentang kemampuan mengaplikasikan apa yang telah diperoleh dari hasil belajar dan untuk hidup yang terus berlatih menjadi baik ketika ditempa dari berbagai hasil konsekuensi pilihan yang dihadapi serta untuk hidup yang terlatih terus berkembang agar menjadi lebih bermakna di masa- masanya…. vi KATA PENGANTAR Segala syukur dan puji hanya bagi Tuhan Yesus Kristus, oleh karena anugerah-Nya yang melimpah, kemurahan dan kasih setia yang besar akhirnya, penulis telah dapat menyelesaikan tesis yang berjudul "PREFERENSI MODA PELAKU PERJALANAN TERHADAP TRAVEL TIME DAN TRAVEL COST ANTARA BUS DAN KERETA API (STUDI KASUS: MAKASSAR -PAREPARE)" sebagai salah satu persyaratan kelulusan dalam program studi Magister Transportasi, Institut Teknologi Bandung. Penulis mengakui bahwa tesis ini masih belum sempurna dan menyadari bahwa tanpa dukungan, bantuan, dan bimbingan dari berbagai pihak, akan menjadi sulit bagi penulis untuk menyelesaikan tesis ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu dari hati yang paling dalam penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: 1. Kepada kedua Orang Tua penulis yang tidak henti-hentinya menyediakan berbagai bentuk privilege baik berupa materi, lisan dan tulisan serta segala doa yang mereka panjatkan kepada satu-satunya anak perempuannya disetiap pilihan dan berbagai konsekuensi yang dihadapi. 2. Kepada adik-adik tercinta penulis yaitu Erick, Krispian, Gading dan Genta yang selalu mendukung dan mendoakan penulis dalam menyelesaikan segala problem hidup yang dihadapi. 3. Kepada saudari saya Filda Nanda yang selalu memberikan arahan kepada penulis untuk tetap kuat dikehidupan dewasa ini dan tak lupa memberikan jajan kepada penulis. 4. Kepada sanak saudara, om dan tante, kakek dan nenek serta keluarga besar penulis yang tidak sempat ditulis satu persatu yang telah memberikan dukungan baik itu berupa materi dan lisan berupa doa. 5. Adiwan Fahlan Aritenang, S.T., M. GIT., Ph.D selaku Ketua Program Studi Magister Transportasi Institut Teknologi Bandung 6. Dr. Ir. Binsar Parasian Naipospos, M.SP. Selaku dosen wali dan pembimbing penulis yang telah bersedia sepenuh hati membantu dan mengayomi penulis selama masa studi serta memberi arahan dan solusi di setiap langkah dan permasalahan dalam penyelesaian tesis ini. 7. Kepada para Dosen Magister Transportasi yang tidak sempat ditulis satu persatu, yang telah memberikan wawasan, gagasan serta tambahan ilmu dari materi-materi pelajaran selama berkuliah dan menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Bandung. vii 8. Kepada teman sejawat saya Fernanda dan Martina yang telah menyempatkan waktunya menemani saya untuk mengerjakan laporan dan paparan materi selama waktu pelaksanaan bimbingan dan berjuang bersama menyelesaikan tesis. 9. Kepada sahabat saya Niniek yang selalu menghibur dan mendukung penulis disetiap lelahnya menghadapi kehidupan dewasa ini. 10. Kepada sahabat saya Heidi yang selalu memberikan saya dukungan dan waktunya di berbagai momen baik itu susah maupun senang. 11. Kepada sahabat-sahabat tercinta saya Adela Ainiyyah Calista, Rafika Juniarti, Putri Indah Sari, dan Dewi Widhy Asti yang telah memberikan support kepada penulis. 12.