Hasil Ringkasan
BAB 4 Febrianto Dian Iskandar

Jumlah halaman: 6 · Jumlah kalimat ringkasan: 30

34 BAB 4 GAMBARAN UMUM 4.1 Gambaran Objek Penelitian 4.1.1 Profil Pelabuhan Patimban PelabuhaniPatimbaniterletak pada 107°i54' 8. i54" BT dan 6° 13' 50. 08"iLS di Provinsi Subang. Pelabuhan Patimban secara resmi dikelola oleh swasta murni yaitu PT. Pelabuhan Internasional Patimban (PPI). Sebagai salah satu Proyck Strategis Nasional (PSN), Pelabuhan Patimban dibangun dan dikembangkan dalam beberapa tahap yaitu Tahap I pada tahun 2018 hingga 2021 dan Tahap II pada tahun 2022 hingga 2025. Pemilihan lokasi ini mengurangi biaya operasional, antara lain dengan mendekatkan lokasi produksi ke pintu keluar pelabuhan, dan semakin meningkatkan efisiensi perekonomian dengan menyediakan pintu keluar pelabuhan tambahan yang melayani wilayah di mana 70% produk dalam negeri berkumpul. Hal ini mengurangi kemacetan di Jakarta dengan merelokasi banyak kendaraan berat dari wilayah ibu kota dan mengurangi periggunaan bahan bakar bersubsidi. Pelabuhan Patimban akanidibangun di atas lahan seluasi300 hektare dengan kapasitas produksi 2,74 juta TEU. Pelabuhan yang mulai beroperasi pada tahun 2021 ini digunakan untuk bongkar muat kapal domestik dan internasional, serta akan segera memiliki koncktivitas jalan tol. Fasilitas yang dibangun di Pelabuhan Patimban antara lain gedung administrasi atau perkantoran, area pembangunan kembali seluas 60 hektar, area dermaga peti kemas, lapangan bongkar muat, dan dermaga kendaraan. Kedalaman cekungan Pelabuhan Patimban saat ini berada pada titik air rendah (LWS) minus 10 meter, dan mash dilakukan pengerukan lanjutan hingga mencapai LWS minus 14 meter. Kawasan pendukung (backup area) Pelabuhan Patimban seluas 350 hektar juga akan dikembangkan. Konsep tersebut saat ini sedang dalam tahap akhir, dengan rencana sedang disusun untuk bidang industri, pergudangan, pemerintahan dan lainnya. 35 Gambar 4-1 Sebaran blok di Pelabuhan Patimban Sumber: Rencana Induk Pelabuhan Patimban, 2017 Tol Akses Patimban merupakan proyck pendanaan yang menghubungkan Pelabuhan Patimban dengan Tol Trans-Jawa antara Cikopo dan Palimanan. Tol Akses Patimban merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (Perpres Nomor 109 Tahun 2020) dan akan mendukung pengembangan Pelabuhan Patimban dan sekitarya. Jumlah SS/Junction: 4 SS/1 JC BUJT: PT Jasamarga Akses Patimban. Gambar 4-2 Tahapan Pembangunan Akses Jalan Sumber: Kementerian PUPR, 2022 36 Jalan Tol sepanjang 48.1kilometer itu dibagi menjadi dua segmen, yaitu Segmen I sepanjang 40 kilometer dan Segmen Il sepanjang 8.1 kilometer. Pembangunan jalan Tol Patimban dimulai pada Triwulan III-2023 dan dijadwalkan selesai pada September 2024. 4.1.2 Struktur Organisasi Pelabuhan Pelabuhan Patimban telah beroperasi sejak tahun 2020, dan pada tahun 2021 pelabuhan internasional ini diharapkan dapat dioperasikan sepenuhnya oleh PT. PPI akan menjadi pengelola berdasarkan Perjanjian Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Di Pelabuhan Patimban terdapat Kepala Otoritas Pelabuhan Kelas II (KSOP Kelas II, yaitu lembaga pemerintah di lingkungan pelabuhan yang mengatur, mengendalikan dan memantau kegiatan pelabuhan niaga untuk meningkatkan efisiensi kinerja seluruh pelabuhan di tanah air (regulator Authority). Adapun struktur Organisasi KSOP Kelas Il Patimban sebagai berikut: Gambar 4-3 Struktur Organisasi KSOP Kelas II Patimban Sumber: PM.16 Tahun 2023 37 Berdasarkan PeraturaniMenteri PerhubunganiNomor PM. 16 Tahuni2023, KSOP Kelas II Patimban memiliki wilayah kerja di Kabupaten Subang yang mencakup wilayah antara lain: 1. Blanakan 2. Mayangan 3. Muara Ciasem 4. Ciparage 5. Sungai Buntu 6. Muara Bendera 7. Muara Gembong 4.2 Data Produksi Pelabuhan Patimban pada Cargo Ro-Ro Aktivitas bongkar muat pada Cargo Ro-Ro di Pelabuhan Patimban sejak Tahun 2021 sampai dengan 2023 mengalami kenaikan tiap tahun nya, baik aktivitas bongkar muat dengan tujuan Domestik maupun Internasional, Adapun data produksi Cargo Ro-Ro di Pelabuhan Patimban sebagai berikut: Tabel 4-1 Rekapitulasi Data Bongkar Muat Barang (Kendaraan) di Pelabuhan Patimban Tahun 2021 - 2023 No. Tahun Domestik Internasional Bongkar (unit) Muat (unit) Bongkar (unit) Muat (unit) 1 2021 1,623 18,487 166 5,243 2 2022 3,770 66,942 14,441 103,754 3 2023 3,847 73,118 19,904 124,600 Sumber: KSOP Kelas II Patimban, 2024 Gambar 4-4 Data Bongkar Muat Barang (Kendaraan) di Pelabuhan Patimban Tahun 2021 - 2023 0 20000 40000 60000 80000 100000 120000 140000 2021 2022 2023 Bongkar Muat Kendaraan (unit) Tahun 2021-2023 Bongkar Domestik Muat Domestik Bongkar Internasional Muat Internasioal 38 Dari Tabel 4-1 dapat dilihat bahwa sejak beroperasinya Pelabuhan Patimban pada Tahun 2021, untuk kegiatan Cargo Ro-Ro mengalami kenaikan setiap tahunnya. 4.3 Stakeholder pada Cargo Ro-Ro Terdapat beberapa stakeholder terkait aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Patimban khususnya pada Terminal Car yang terdiri dari Shipping Line, Keagenan Kapal, Perusahaan Bongkar/Muat dan Car Maker. Tabel 4-2 Daftar Perusahaan Shipping Line No. Nama Perusahaan Alamat Trayek 1 PT. Admiral Lines Jl. E. Tirtapraja No. 83, Pamanukan – Subang Internasional 2 PT. Samudera Agencies Indonesia Jl. Raya Sarireja RT 015 RW 005, Sukasari - Subang Domestik 3 PT. Tama Samudera Lines Jl. Sukajadi No. 10 Sukra – Indramayu Domestik 4 PT. Agung Transina Raya Dusun Kalencabang RT 21 RW 03 Pusakanagara Domestik 5 PT. Bahari Tirta Jaya Jl. Mekar Jaya No. 5, Pusakajaya – Subang Domestik Sumber: KSOP Kelas II Patimban, 2024 Tabel 4-3 Daftar Perusahaan Bongkar/Muat No. Nama Perusahaan Alamat Trayek 1 PT. PBM Bandar Krida Jala Jl. Raya Mundusari, Pusakanagara – Subang Internasional & Domestik 2 PT. Bumi Patimban Nusantara Jl. Raya Compreng, Pusakajaya – Subang Domestik 3 PT. Agung Lautan Raya Dusun Kalencabang RT 21 RW 03 Pusakanagara Domestik 4 PT. Subang Sejahtera Pelabuhan Bumi Abdi Praja No. 1, Sukamelang - Subang Domestik Sumber: KSOP Kelas II Patimban, 2024 Dari Tabel 4-2 dan 4-3 dapat diketahui terdapat 5 (lima) perusahaan Shipping Line dan 4 (empat) perusahaan Bongkar/Muat yang semuanya beralamat di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. 39 Tabel 4-4 Daftar Perusahaan Car Maker No. Nama Perusahaan Alamat 1 PT. ToyotaiMotor ManufacturingiIndonesia KawasaniIndustri KIIC LotiDD 1 KarawangiJabar 2 PT. iAstra - DaihatsuiMotor Jl. GayaiMotoriIII, No. 5iJakarta 3 PT. iToyota - AstraiMotor Jl. iLaksdaiYos Sudarso, iSunter II - Jakarta 4 PT. HondaiProspectiMotor Kawasan Industri Mitra Karawang 5 PT. iSgmwiIndonesia GreenlandiInternationaliIndustrialiCenter Blok BA No. 1, iCikarang - Bekasi 6 PT. Suzuki Indomobil Motor Jl. RayaiPenggilingan, iRT 2/RW 7iCakung - Jakarta 7 PT. TraktoriNusantara Jl. iPulogadung No. 32iJakarta 8 PT. iHino Motor ManufacturingiIndonesia WismaiIndomobil II. Jl Letjen MT. iHaryono Kav. 9 Jakarta 9 PT. iHino Motor Sales Indonesia WismaiIndomobil II. Jl Letjen MT. iHaryono Kav. 9 Jakarta 10 PT. HitachiiConstruction MachineryiIndonesia Jl. Selayar II, Mekarwangi, Cikarang Barat - Bekasi Sumber: KSOP Kelas II Patimban, 2024 Dari Tabel 4-4 dapat diketahui bahwa pengguna jasa Car Maker selaku pemilik barang berasal dari Jakarta, Karawang, Bekasi dan sekitarnya..