EVALUASI KINERJA JEMBATAN JALAN TOL BAKAUHENI – TERBANGGI BESAR BERDASARKAN SNI 1725:2016 DAN SNI 2833:2016 (STUDI KASUS JEMBATAN IC TERBANGGI BESAR) TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh AKHMAD DENDI NOSYA NIM: 25022094 (Program Studi Magister Teknik Sipil) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Maret 2024 i ABSTRAK EVALUASI KINERJA JEMBATAN JALAN TOL BAKAUHENI – TERBANGGI BESAR BERDASARKAN SNI 1725:2016 DAN SNI 2833:2016 (STUDI KASUS JEMBATAN IC TERBANGGI BESAR) Oleh Akhmad Dendi Nosya NIM: 25022094 (Program Studi Magister Teknik Sipil) Banyak sistem struktur yang dapat dipilih dalam membangun sebuah jembatan. Salah satunya adalah sistem jembatan beton prategang. Salah satu contoh dari penggunaan jembatan dengan konstruksi beton prategang adalah jembatan IC Terbanggi Besar STA. 139+925 yang merupakan jembatan yang berada di jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar di Provinsi Lampung. jembatan IC Terbanggi Besar selesai dibangun tahun 2018, namun didesain sebelum tahun 2016 sehingga diperlukan evaluasi terhadap peraturan yang berlaku sekarang untuk mengetahui kinerja jembatan dan menentukan metode perbaikan jika terdapat potensi kegagalan. Penelitian ini bertujuan meninjau desain perencanaan jembatan beton prategang menggunakan perangkat lunak MIDAS Civil. Struktur dimodelkan dengan beban- beban yang berkerja seperti Dead Load (DL), Super Imposed Dead Load (SIDL) dan beban gempa sesuai dengan peraturan pembebanan baru SNI 1725:2016 dan pembebanan gempa SNI 2833:2016. Penelitian ini mengevaluasi penerapan metode Metode Non-Linear Time History Analysis pada jembatan berdasarkan parameter desain yang dijelaskan pada dokumen NCHRP 440, dan 949 dengan bantuan perangkat lunak Midas Civil. Dokumen-dokumen tersebut tmerangkum parameter desain berupa reganan material beton, tulangan baja, dan drift yang terjadi pada elemen penahan lateral (pilar jembatan) yang disusun oleh material beton bertulang sehingga dapat diidentifikasi sebagai batas kerusakan struktur jembatan pasca gempa untuk penentuan kinerja struktur. Analisa dilakukan dengan menggunakan 7 pasang ground motion yang mewakili kondisi pada lokasi jembtan untuk mengevaluasi kriteria desain berdasarkan kategori kinerja jembatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kinerja struktur Jembatan IC Terbanggi Besar berada pada level kinerja fully operational Kata kunci: Perencanaan berbasis kinerja, evaluasi kinerja jembatan, Nonlinear Time History Analysis, NCHRP 440, NCHRP 949. ii ABSTRACT Performance Evaluation of the Bakauheni-Terbanggi Besar Toll Road Bridge Based on SNI 1725:2016 and SNI 2833:2016 (Case Study : IC Terbanggi Besar Bridge) By Akhmad Dendi Nosya NIM: 25022094 (Master’s Program in Civil Engineering) There are many structural systems that can be chosen in building a bridge. One of them is the prestressed concrete bridge system. An example of the use of a bridge with prestressed concrete construction is the IC Terbanggi Besar Bridge STA. 139+925, which is a bridge located on the Bakauheni – Terbanggi Besar toll road in Lampung Province. The IC Terbanggi Besar Bridge was completed in 2018, but it was designed before 2016, so an evaluation of the current code is needed to determine the performance of the bridge and determine the repair method if there is a potential for failure.. This research aims to review the design planning of prestressed concrete bridges using the MIDAS Civil software. The structure is modeled with the working loads such as Dead Load (DL), Super Imposed Dead Load (SIDL) and earthquake load according to the new loading regulations SNI 1725:2016 and earthquake loading SNI 2833:2016. This study evaluates the application of the Non-Linear Time History Analysis Method on the bridge based on the design parameters described in the NCHRP 440 and 949 documents with the help of Midas Civil software. These documents summarize the design parameters in the form of concrete material strength, steel reinforcement, and drift that occurs in the lateral resisting elements (bridge piers) which are composed of reinforced concrete material so that it can be identified as the limit of structural damage to the bridge after an earthquake to determine the structural performance.