Hasil Ringkasan
Dokumen Asli PENENTUAN TARIF SPKLU PADA AREA BANDARA DAN ANALISA SISTEM KELISTRIKAN DAMPAK PENAMBAHAN BEBAN SPKLU PADA BANDARA INTERNATIONAL SOEKARNO-HATTA, TANGERANG BANTEN TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh ARIAN DWI PEANUS NIM: 23220362 (Program Studi Magister Teknik Elektro) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG JANUARI 2024 Dokumen Asli i ABSTRAK PENENTUAN TARIF SPKLU PADA AREA BANDARA DAN ANALISA SISTEM KELISTRIKAN DAMPAK PENAMBAHAN BEBAN SPKLU PADA BANDARA INTERNATIONAL SOEKARNO-HATTA, TANGERANG BANTEN Oleh Arian Dwi Peanus NIM: 23220362 (Program Studi Magister Teknik Elektro) Memanfaatkan bentuk transportasi alternatif seperti mobil listrik untuk mencapai energi yang lebih bersih, kualitas udara yang lebih baik, emisi bahan bakar yang lebih sedikit dan lebih ramah lingkungan. Hal ini diharapkan dapat melindungi ketahanan energi sekaligus mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. Dengan adanya fasilitas pengisian kendaraan di area publik seperti bandara diharapkan dapat mendorong peningkatan populasi kendaraan listrik. Maka dari itu, penelitian ini membuat proyeksi roadmap SPKLU dari tahun 2024-2030 di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan metode Monte Carlo dengan tiga skenario optimis, moderat, dan pesimis untuk membuat prediksi jumlah kendaraan listrik dan jumlah SPKLU. Dari hasil perhitungan dengan tarif pembelian listrik bandara maksimal sebesar Rp. 1100-1200 /kWh dan tarif pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) ke konsumen sebesar Rp. 2475 /kWh diperoleh nilai NPV positif dengan nilai IRR diatas nilai WACC sebesar 8,09%, masih menguntungkan bagi mitra atau investor yang akan berinvestasi dalam pemasangan dan pengoperasian SPKLU di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dari hasil analisis aliran beban menggunakan software ETAP pada sistem kelistrikan dan peralatan jaringan distribusi dengan penambahan beban SPKLU sesuai dengan roadmap tahun 2024 – 2030, tidak terdapat beban peralatan yang mencapai 80% dan drop tegangan hanya 5% sampai peningkatan beban pada tahun 2030 masih dalam batas normal. Kata kunci: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), roadmap, load flow, skema bisnis, Soekarno-Hatta. Dokumen Asli ii ABSTRACT DETERMINATION OF EVCS RATES IN THE AIRPORT AREA & ELECTRICITY SYSTEM ANALYSIS OF THE IMPACT OF ADDITIONAL EVCS LOADS AT SOEKARNO-HATTA INTERNATIONAL AIRPORT, TANGERANG BANTEN By Arian Dwi Peanus NIM: 23220362 (Master’s Program in Electrical Engineering) Utilize alternate forms of transportation, such as electric cars, to achieve cleaner energy, better air quality, fewer petrol emissions, and a more environmentally friendly atmosphere. This is expected to protect endurance energy while reducing fuel oil use. By installing vehicle charging facilities in public areas such as airports, it is hoped that this will encourage an increase in the population of electric vehicles. Therefore, this research creates an EVCS roadmap for 2024-2030 in the Soekarno- Hatta International Airport area using the Monte Carlo method with three optimistic, moderate, and pessimistic scenarios to make predictions about the number of electric vehicles and the number of EVCS. From the results of calculations with a maximum airport electricity purchase rate of Rp. 1100-1200 /kWh and the electric vehicle charging rate (EVCS) to consumers is Rp. 2475 /kWh obtained a positive NPV with an IRR above the WACC value of 8.09%, which is still profitable for partners or investors who will invest in installing and operating SPKLU in the Soekarno-Hatta International Airport area. From the results of load flow analysis using ETAP software for electrical systems and distribution network equipment with the inclusion of EVCS loads according to the roadmap number for 2024 - 2030, there is no equipment load reaching 80% and the voltage drop is only 5% until the increase in load in 2030 is still within normal limits. Keywords: Electric Vehicle Charging Station (EVCS), EV, roadmap, load flow, business scheme, Soekarno-Hatta airport. Dokumen Asli iii PENENTUAN TARIF SPKLU PADA AREA BANDARA DAN ANALISA SISTEM KELISTRIKAN DAMPAK PENAMBAHAN BEBAN SPKLU PADA BANDARA INTERNATIONAL SOEKARNO-HATTA, TANGERANG BANTEN HALAMAN PENGESAHAN Oleh ARIAN DWI PEANUS NIM: 2320362 (Program Studi Magister Teknik Elektro) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Tim Pembimbing Tanggal ……………… ……….. Ketua Dr.