112 LAMPIRAN 113 Lampiran 1 Kuesioner Penelitian No. Variabel Kode Pertanyaan Kuesioner 1 Kualitas Layanan Bus KLB1 Menurut saya fasilitas yang digunakan bus listrik sudah modern 2 KLB2 Menurut saya kondisi di dalam bus listrik bersih 3 KLB3 Menurut saya suara dalam bus listrik tidak bising 4 KLB4 Menurut saya kondisi sistem pendingin udara/air conditioner (AC) dalam bus listrik baik 5 KLB5 Menurut saya kondisi sistem audio untuk pengumuman dan pemberitahuan dalam bus listrik baik 6 KLB6 Menurut saya bus listrik memiliki set lengkap peralatan keselamatan (yaitu alat pemecah kaca, pintu darurat, dll.) 7 KLB7 Menurut saya bus listrik memiliki fasilitas untuk pengguna berkebutuhan khusus (disabilitas, balita, wanita hamil, dll.) 8 Kualitas Pengemudi dan Awak Bis KPB1 Menurut saya pengemudi bus listrik memiliki keterampilan mengemudi yang baik 9 KPB2 Menurut saya pengemudi bus listrik memiliki penampilan yang rapi dan bersih 10 KPB3 Menurut saya layanan kru dan pengemudi bus listrik baik (ramah, membantu, dan sopan) 11 KPB4 Menurut saya kru bus listrik cepat tanggap dalam menanggapi keluhan pengguna 12 Komitmen penyedia layanan bus E1 Menurut saya bus listrik memiliki jadwal keberangkatan dan kedatangan tepat waktu 13 E2 Menurut saya bus listrik memiliki ketersediaan rute bus lengkap 14 E3 Menurut saya penyedia layanan bus listrik memiliki skema kompensasi (jika terjadi kerugian) pada pengguna 15 E4 Menurut saya penyedia layanan bus listrik memberikan perhatian saat penumpang naik dan turun bus 16 Kepuasan Pelanggan KP1 Kepuasan saya sebagai pengguna bus listrik meningkat 17 KP2 Kesan baik saya sebagai pengguna bus listrik meningkat 18 KP3 Sikap positif saya sebagai pengguna bus listrik meningkat 19 KP4 Saya bersedia merekomendasikan penggunaan bus listrik kepada orang lain 20 KP5 Meskipun ada moda lain, saya akan tetap menggunakan bus listrik 21 Pengetahuan Umum Mengenai Lingkungan PEB1 Saya mengetahui kalau Nitrogen Oksida (NOx) dan Karbon Dioksida (CO2) berkontribusi pada emisi udara 22 PEB2 Saya mengetahui kalau meningkatnya emisi faktor penyebab pemanasan iklim 23 PEB3 Saya akan menggunakan bus listrik untuk melindungi lingkungan 24 Niat Perilaku Pro Lingkungan (EBI) EBI 1 Saya rutin memberikan sebagian dari penghasilan saya untuk mencegah pencemaran lingkungan 25 EBI 2 Saya terkadang akan memberikan sebagian dari penghasilan saya untuk mencegah pencemaran lingkungan 26 EBI 3 Saya setuju dengan kenaikan pajak jika uang tambahan digunakan untuk mencegah pencemaran lingkungan 27 Kinerja lingkungan yang dirasakan KL1 Menurut saya bus listrik lebih ramah lingkungan 28 KL2 Menurut saya bus listrik mengurangi emisi CO2 dan NOx dari transportasi berbasis jalan 114 No. Variabel Kode Pertanyaan Kuesioner 29 KL3 Menurut saya bus listrik mengurangi polusi suara 30 KL4 Menurut saya bus listrik berkontribusi pada perbaikan iklim global 31 Kepuasan hidup KH1 Dengan menggunakan bus listrik, hidup saya mendekati cita-cita saya 32 KH2 Dengan menggunakan bus listrik, kondisi keluarga saya sangat baik 33 KH3 Dengan menggunakan bus listrik, kondisi karir saya sangat baik 34 KH4 Dengan menggunakan bus listrik, saya telah mendapatkan hal-hal penting dalam hidup Secara lengkap, lampiran form kuesioner bisa diakses melalui alamat berikut: s.id/EBusJakarta 115 Lampiran 2 Responden Penelitian Nama Usia Jenis Kelamin Alamat Nomor Handpho ne Apa Pekerjaan Anda saat ini. Pendapat an bulanan (termasuk penghasil Apakah Anda memiliki Apakah Anda mengguna kan kendaraa n pribadi. Pengeluar an bulanan Pengeluar an bulanan untuk transport Alasan utama anda mengguna kan bus listrik Andaikan rute yang Rahmi Izzah 24 Pere mpu an Jl Kramat Pulo, Senen 08128 77085 12 Karyawan Swasta Rp5.000.0 01- Rp7.500.0 00 Tidak Tidak menggunakan kendaraan pribadi < Rp2.500.00 0 < Rp500.00 0 Kepuasan Hidup Mu ngk in Mellya Nieves Canlas 23 Pere mpu an Jl Kebon Sayur, Kebon Melati 08121 24058 27 Karyawan Swasta Rp2.500.0 01-Rp 5.000.000 Ya, SIM C saja Ya, motor saja < Rp2.500.00 0 < Rp500.00 0 Perilaku Pro Lingkungan Ya Henia 23 Pere mpu an Jalan Kebon Kacang III No.95F 08137 75065 70 Karyawan Swasta Rp2.500.0 01-Rp 5.000.000 Ya, SIM C saja Tidak menggunakan kendaraan pribadi < Rp2.500.00 0 < Rp500.00 0 Perlindungan Terhadap Lingkungan Ya Nena 25 Pere mpu an Jl Menteng Kecil Kel Kebon Sirih 0877 78256 492 Karyawan Swasta < Rp2.500.0 00 Ya, SIM A dan C Ya, mobil dan motor < Rp2.500.00 0 Rp500.00 0- Rp1.500.0 00 Kualitas Layanan Bus Ya Cantika 22 Pere mpu an Jl Cideng Barat No 4 08237 37889 12 Pegawai Kontrak Pemerintah Rp5.000.0 01- Rp7.500.0 00 Ya, SIM C saja Tidak menggunakan kendaraan pribadi Rp2.500.00 1-Rp 5.000.000 < Rp500.00 0 Kualitas Layanan Bus Ya Amimah 25 Pere mpu an jl jati baru, kp bali, tanah abang 08131 82391 50 Pekerja Kontrak Rp5.000.0 01- Rp7.500.0 00 Tidak Tidak menggunakan kendaraan pribadi Rp2.500.00 1-Rp 5.000.000 < Rp500.00 0 Kualitas Layanan Bus Tid ak Af 28 Laki - laki jl pal putih, senen 08962 60367 92 Karyawan Swasta Rp5.000.0 01- Rp7.500.0 00 Tidak Ya, motor saja Rp2.500.00 1-Rp 5.000.000 < Rp500.00 0 Kualitas Layanan Bus Tid ak 116 Nama Usia Jenis Kelamin Alamat Nomor Handpho ne Apa Pekerjaan Anda saat ini. Pendapat an bulanan (termasuk penghasil Apakah Anda memiliki Apakah Anda mengguna kan kendaraa n pribadi. Pengeluar an bulanan Pengeluar an bulanan untuk transport Alasan utama anda mengguna kan bus listrik Andaikan rute yang Yulia 20 Pere mpu an jalan jati bunder 3, senen 08538 41905 50 Mahasiswa < Rp2.500.0 00 Ya, SIM C saja Ya, motor saja < Rp2.500.00 0 < Rp500.00 0 Kualitas Layanan Bus Ya FC 24 Pere mpu an Jl Kramat 1, Senen 08127 22231 08 Karyawan Swasta Rp5.000.0 01- Rp7.500.0 00 Tidak Tidak menggunakan kendaraan pribadi Rp2.500.00 1-Rp 5.000.000 < Rp500.00 0 Kualitas Layanan Bus Tid ak Fajrul Lubab Haryana 23 Laki - laki Jalan Danau Tondano, Tanah Abang 08965 25885 73 Mahasiswa < Rp2.500.0 00 Ya, SIM C saja Ya, motor saja < Rp2.500.00 0 < Rp500.00 0 Perilaku Pro Lingkungan Mu ngk in Fadilla Liska 20 Pere mpu an jl jatibaru 3, cideng 08229 82410 89 Mahasiswa Rp2.500.0 01-Rp 5.000.000 Ya, SIM C saja Ya, motor saja < Rp2.500.00 0 < Rp500.00 0 Kualitas Layanan Bus Ya Fajar Ardi Darmaw an 26 Laki - laki Jl Kwini, Kel Senen 08141 41612 98 Karyawan Swasta Rp2.500.0 01-Rp 5.000.000 Ya, SIM C saja Ya, motor saja Rp2.500.00 1-Rp 5.000.000 < Rp500.00 0 Perlindungan Terhadap Lingkungan Ya Firly Bashory 22 Laki - laki Jl Kramat Pulo, Senen 08811 84436 2 Karyawan Swasta Rp2.500.0 01-Rp 5.000.000 Tidak Tidak menggunakan kendaraan pribadi Rp2.500.00 1-Rp 5.000.000 < Rp500.00 0 Tersedia Port USB Charger Ya Vegaisya h Mutia Datti 19 Pere mpu an jalan narada 2, tanah tinggi 08581 46300 65 Mahasiswa Rp2.500.0 01-Rp 5.000.000 Ya, SIM C saja Ya, motor saja Rp5.000.00 1- Rp7.500.00 0 Rp500.00 0- Rp1.500.0 00 Kualitas Layanan Bus Ya Imelda Lamberti ni 25 Pere mpu an Jl Bangau, Gunung Sahari Selatan 08121 07787 68 Aparatur Sipil Negara (ASN)/TNI/Polr i Rp2.500.0 01-Rp 5.000.000 Tidak Tidak menggunakan kendaraan pribadi Rp7.500.00 1-Rp 10.000.000 Rp500.00 0- Rp1.500.0 00 Kualitas Layanan Bus Ya 117 KLB1 KLB2 KLB3 KLB4 KLB5 KLB6 KLB7 KPB1 KPB2 KPB3 KPB4 E1 E2 E3 E4 KP1 KP2 KP3 KP4 KP5 PEB1 PEB2 PEB3 EBI1 EBI2 EBI3 KL1 KL2 KL3 KL4 KH1 KH2 KH3 KH4 4 5 5 4 3 4 4 4 4 4 5 3 4 3 4 5 5 5 5 4 4 4 4 4 3 3 5 5 5 5 3 4 4 4 5 4 3 3 5 4 5 4 4 5 4 4 3 2 3 3 2 5 4 3 4 4 4 2 4 4 4 5 5 5 3 4 4 5 5 4 5 5 5 4 4 5 4 4 5 5 5 1 3 4 4 4 4 4 4 4 4 2 2 4 4 4 4 4 2 2 1 4 5 5 5 4 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 4 5 5 5 5 5 1 3 3 4 5 5 5 5 4 4 5 3 2 3 5 5 5 5 5 3 3 3 3 4 5 4 5 5 4 4 4 5 4 4 3 4 3 4 5 5 5 5 4 3 5 4 2 3 1 4 3 4 4 4 3 3 3 4 4 4 4 4 5 5 5 5 5 4 5 5 4 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 4 3 4 5 5 5 5 4 4 4 5 5 5 5 5 5 5 5 4 4 4 4 5 5 4 5 5 5 5 4 5 5 5 4 4 5 5 4 5 4 4 4 5 4 4 4 4 2 5 5 5 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 5 4 5 5 4 5 5 5 5 5 5 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 5 4 2 2 3 5 4 4 4 2 3 3 3 4 4 4 4 4 5 3 4 4 4 4 4 5 4 4 4 4 4 4 5 4 4 4 4 4 4 4 4 4 5 4 4 4 4 5 5 5 5 5 4 4 4 4 4 4 2 2 3 3 4 4 4 4 4 5 4 4 4 4 4 4 5 4 4 4 4 4 4 5 5 5 5 5 5 5 4 4 4 4 4 4 4 2 4 4 5 5 5 5 5 5 5 4 4 5 5 5 5 4 4 4 4 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 4 4 4 4 4 5 5 5 5 5 5 5 5 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 5 3 3 3 5 5 5 5 5 4 3 5 4 5 4 5 5 5 5 5 4 4 4 4 4 5 5 5 5 4 4 4 4 118 Lampiran 3 Hasil Output Smart PLS 3 Empati Penyedia Layanan Kepuasan HidupKepuasan Pelanggan Kinerja Lingkungan Kualitas Layanan Bus Kualitas Layanan Pengemudi Pengetahuan Umum Lingkungan Prilaku Pro Lingkungan E1 0,783 E2 0,846 E3 0,810 E4 0,828 EBI1 0,874 EBI2 0,869 EBI3 0,883 KH1 0,878 KH2 0,904 KH3 0,899 KH4 0,888 KL1 0,811 KL2 0,847 KL3 0,895 KL4 0,881 KLB1 0,733 KLB2 0,755 KLB3 0,885 KLB4 0,799 KLB5 0,874 KLB6 0,783 KLB7 0,729 KP1 0,846 KP2 0,824 KP3 0,855 KP4 0,734 KP5 0,759 KPB1 0,753 KPB2 0,773 KPB3 0,821 KPB4 0,783 PEB1 0,853 PEB2 0,832 PEB3 0,784 Outer Loadings Construct Reliability and Validity Cronbach's Alpha rho_AComposite Reliability Average Variance Extracted (AVE) Empati Penyedia Layanan 0,8350,8390,8890,668 Kepuasan Hidup 0,9150,9150,9400,796 Kepuasan Pelanggan 0,8630,8690,9020,648 Kinerja Lingkungan 0,8820,8900,9180,738 Kualitas Layanan Bus 0,7910,7950,8480,545 Kualitas Layanan Pengemudi 0,7900,7910,8640,613 Pengetahuan Umum Lingkungan 0,7620,7620,8630,678 Prilaku Pro Lingkungan 0,8480,8520,9080,766 119 Outer VIF Values VIF E1 2,050 E2 2,393 E3 1,785 E4 1,865 EBI1 2,098 EBI2 2,055 EBI3 2,002 KH1 2,608 KH2 2,149 KH3 2,065 KH4 2,762 KL1 1,824 KL2 2,308 KL3 2,925 KL4 2,663 KLB1 1,583 KLB2 1,334 KLB3 1,407 KLB4 1,585 KLB5 1,412 KLB6 1,489 KLB7 1,361 KP1 2,257 KP2 2,167 KP3 2,423 KP4 1,710 KP5 1,621 KPB1 1,478 KPB2 1,633 KPB3 1,855 KPB4 1,556 PEB1 1,783 PEB2 1,710 PEB3 1,364.