PENGUKURAN MEDAN MA GNET MENGGUNAKAN MAGNETOMETER PHYPHOX D AN METODE PERAGAAN SOLENOIDA DENGAN INTI PA SIR PANTAI SEBAGAI PROJECT- BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PROYEK AKHIR Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh RUBI SUKOCO NIM : 24720306 (Program Studi Magister Pengajaran Fisika) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Januari 2024 ABSTRAK PENGUKURAN MEDAN MA GNET MENGGUNAKAN MAGNETOMETER PHYPHOX DAN METODE PERAGAAN SOLENOIDA DENGAN INTI PASIR PANTAI SEBAGAI PROJECT- BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Oleh RUBI SUKOCO NIM : 24720306 (Program Studi Magister Pengajaran Fisika) Penelitian ini menerapkan teknologi informasi dalam pembelajaran fisika di sekolah menengah atas melalui proyek berbasis pembelajaran (PBL) dengan fokus pada pengukuran medan magnet. Metode ini menggunakan magnetometer Phyphox yang diintegrasikan dengan metode peragaan solenoida menggunakan inti pasir pantai sebagai sarana pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengukur nilai medan magnet di suatu titik di luar namun dekat solenoida dengan variasi bahan inti solenoida yaitu pasir pantai, memahami hubungan perubahan pada inti solenoida dapat mempengaruhi kekuatan medan magnet yang dihasilkan, menguji hasil dengan parameter yang mempengaruhinya dan memperkenalkan cara mengukur medan magnet secara praktis. Penelitian ini berfokus pada pengembangan teknologi pendidikan dengan memanfaatkan smartphone sebagai alat pengukur medan magnet melalui aplikasi Phyphox. Data dikumpulkan melalui pengukuran menggunakan magnetometer Phyphox dan eksperimen peragaan solenoid dengan inti pasir pantai. Hasil pengukuran dan analisis data digunakan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan pembelajaran yang diusulkan. Magnetometer Phyphox memberikan data medan magnet dengan sampling rate 50 data per detik. Pengukuran medan magnet pada permukaan bumi memberikan hasil 46,06 μT; nilai ini relevan dan identik dengan nilai referensi intensitas medan magnet bumi rata-rata 25 μT sampai dengan 65 μT. Peraga solenoida dengan 300 lilitan, kuat arus 0,089 A, dan tegangan 3 Volt membangkitkan medan magnet yang sudah dikurangi dengan nilai background untuk bahan inti udara (kosong) sebesar (0,093±0,008) μT, inti pasir pantai timur Pangandaran sebesar (3,068±0,003) μT, inti pasir pantai Cikambulan (3,244±0,024) μT, inti pasir pantai Batukaras (8,903±0,324) μT, inti pasir Batu Hiu (7,491±0,064) μT, inti pasir pantai Madasari (0,844±0,005) μT, dan untuk solenoida inti besi sebesar (47,163 ± 0,063) μT. Dengan demikian kontribusi inti pasir pantai pada besarnya medan magnet dari yang terendah ke yang teringgi adalah pantai Madasari, pantai timur Pangandaran, antai Cikambulan, Pantai Batu Hiu dan Batukaras. Hasil ini sesuai dengan urutan besarnya densitas masing-masing pasir pantai serta banyaknya kandungan bahan magnetik yang mudah menempel pada magnet permanen. Penelitian ini memiliki implikasi praktis dalam pengembangan metode pembelajaran fisika yang lebih bervariatif dan interaktif ditingkat sekolah menengah atas. Hasilnya dapat menjadi panduan bagi guru fisika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sederhana dan proyek berbasis pembelajaran. Kata kunci : Medan magnet, pasir pantai, solenoida, magnetometer Phyphox ABSTRACT MAGNETIC FIELD MEASURE MENT USING PHYPHOX MAGNETOMETER AND SOLENOID WITH BEACH SAND CORE DEMONSTRATION METHOD AS PROJECT-BASED LEARNING IN HIGH SCHOOL By: Rubi Sukoco NIM : 24720306 (Master’s Program in Physics Teaching) This research has applied information technology in physics learning at high school through project-based learning (PBL) with a focus on magnetic field measurement. This method has used Phyphox magnetometer integrated with solenoid demonstration method using beach sand core as a learning tool. The objectives of the research were to measure the value of the magnetic field at a point outside but near the solenoid with a variation of the solenoid core material, namely beach sand, understand that the relationship of changes in the solenoid core can affect the strength of the magnetic field produced, test the results with the parameters that affect it and introduce how to measure the magnetic field practically. This research focused on the development of educational technology by utilizing a smartphone as a magnetic field measuring device through the Phyphox application. Data was collected through measurements using a Phyphox magnetometer and a solenoid demonstration experiment with a beach sand core. The measurement results and data analysis were used to evaluate the effectiveness of the proposed learning approach. The Phyphox magnetometer provides magnetic field data with a sampling rate of 50 data points per second. Measurements of the magnetic field on the Earth's surface yielded a result of 46.06 μT. This value is relevant and corresponds to the reference range of the average Earth's magnetic field intensity, which is between 25 μT and 65 μT. A solenoid demonstration with 300 turns, a current strength of 0.089 A, and a voltage of 3 volts generates a magnetic field. This field has been adjusted by subtracting the background value for air (empty) as the core material, resulting in (0.093±0.008) μT. The magnetic field measurements for the East Pangandaran beach sand core are (3.068±0.003) μT, Cikambulan beach sand core is (3.244±0.024) μT, Batukaras beach sand core is (8.903±0.324) μT, Batu Hiu beach sand core is (7.491±0.064) μT, and Madasari beach sand core is (0.844±0.005) μT. Additionally, for the solenoid with an iron core, the magnetic field is (47.163 ± 0.063) μT. Therefore, the contribution of beach sand cores to the magnetic field intensity, from lowest to highest, is as follows: Madasari beach, East Pangandaran beach, Cikambulan beach, Batu Hiu beach, and Batukaras beach. These results align with the sequence of the density of each beach sand and the content of magnetic materials that easily adhere to permanent magnets. This research has practical implications in the development of physics learning methods that are more varied and interactive at the high school level. The results can be a guide for physics teachers to improve the quality of learning by utilizing simple technology and project-based learning.