131 DAFTAR PUSTAKA ACI, (2010), Report on Pervious Concrete, ACI 522R-10, USA. Akkaya Ahmet, (2021), Experimental Invetigation of The Use of Pervious Concrete on High Volume Roads, Science Direct. Anggreni, Marta Gloria, (2020), Analisis Kuat Lentur Beton Porous Menggunakan Agregat Kasar Bergradasi Menerus, Tugas Akhr, Bidang Studi Struktur Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara. ASTM, (2009), ASTM C 1701/C Standard Test Method for Infiltration Rate of In Place Pervious Concrete, United States. Aulia, Anindia Nur, (2018), Karakteristik Beton Pori (Pervious Concrete) dengan Penambahan Admixture Terhadap Laju Alir, Kuat Tekan dan Kuat Tarik Belah, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Jember. Austroads, (2017), Guide to Pavement Technology Part 2 : Pavement Structural Design, Sydney. Bilal, Hassan, (2020), Influence of Silica Fume, Metakaolin & SBR Latex on Strength and Durability Performance of Pervious Concrete, Elsevier Science. Federal Highway Administration (FHWA), (2012), Pervious Concrete, U.S. Department of Transportation. Gina, Mazaya Btari, (2019), Kualitas Beton Berpori dengan Bahan Tambah Silica Fume Sebagai Bahan Perkerasan Kaku yang Ramah Lingkungan, Jurnal Politeknolog Vol. 18, Politkenik Negeri Jakarta. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (2017), Modul 3. Rancangan Campuran Beton, BPSDM, Jakarta. Kementerian Pekerjaan Umum, (2018), Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 Revisi 2, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta. Mc.Cain, George and Dewoolkar, (2010), An Investigation into Porous Concrete Pavements for Northern Communities, UVM School of Engineering, Burlington. MDPJ, (2017), Manual Desain Perkerasan Jalan No. 02/M/BM/2017, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta RAMC, Frisky, Studi Karakteristik dan Pengembangan Model Flexural-Fatigue Beton Berpori dari Sistem 2-Layer sebagai Lapis Pondasi Perkerasan Kaku di Indonesia, Disertasi, Fakultas Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung. Shen, Peiliang, (2020), Conceptual Design and Performance Evaluation of High Strength Pervious Concrete, Elsevier Science. Standar Nasional Indonesia, SNI (2002), Metode Pengujian Mutu Air untuk Digunakan Dalam Beton, SNI 03-6817-2002, Badan Standar Nasional. Standar Nasional Indonesia, SNI (2011), Cara Uji Kuat Lentur Beton Normal dengan Dua Titik Pembebanan, SNI 4431:2011, Badan Standar Nasional. Xu, Gelong, (2017), Investigation on The Properties of Porous Concrete as Road Base Material, Elsevier Science. Yang, Jing and Guoliang Jiang, (2002), Experimetal Study on Properties of Pervious Concrete Pavement Materials, Elsevier Science. 132 133 LAMPIRAN 134 135 Lampiran A Rumus-Rumus yang Digunakan A.1 Rumus yang digunakan dalam analisa agregat kasar 1. Berat isi /L )F6 8 Dimana : M = Berat isi agregat dalam kondisi kering oven (kg/m 3 ) T = Berat silinder (g) G = Berat silinder + agregat (g) V = Volume silinder (cm 3 ) 2. Berat jenis $FGANEGEH L $ :$ F %; Dimana : BJ = Berat Jenis Kerikil (g/cm 3 ) B = Berat kerikil di udara (g) C = Berat kerikil di air (g) 3. Kelembaban -G L :Ð5. Ð6; Ð6 Tsrr¨ Dimana : Kk = Kelembaban kerikil (%) W1 = Berat kerikil asli (g) W2 = Berat kerikil oven (g) 4. Penyerapan air 2AJUAN=L=J#EN L :$ F #; # Tsrr¨ Dimana : A = berat benda uji kering oven (g) B = berat benda uji kondisi jenuh kering permukaan di udara (g) 136 5. Perhitungan kadar lumpur -=@=NHQILQN L :$ 5F$ 6; $ 5 Tsrr¨ Dimana : B 1 = Berat kerikil kondisi asli (g) B 2 = Berat kerikil oven 6. Keausan dengan Los Angeles -A=QO=J L := F >; = Tsrr¨ Dimana : a = berat benda uji semula (g) b = berat benda uji tertahan saringan No. 12 (1,70 mm) (g) 7. Kepipihan dan kelonjongan +J@AGOGAHKJFKJC=J L /u' /t Tsrr¨ +J@AGOGALELED=J L /u( /t Tsrr¨ Dimana : M2 = total berat sampel yang lebih besar atau sama dengan 5% M3F = total berat sampel yang LOLOS alat pengujian kepipihan M3E = total berat sampel yang TERTAHAN alat pengujian kelonjongan 8. Angularitas #JCQH=NEP=O L # $ Tsrr¨ Dimana : A = berat agregat yang mempunyai bidang tidak pecah B = berat total benda uji tertahan saringan A.2 Rumus yang digunakan dalam analisa Agregat Halus 1. Pengujian Berat Jenis SSD dan Penyerapan Air $AN=P,AJEO-ANEJC:$QHG&NU5LA?EBE?)N=BEPU; L $G :$ E wrr F $P; $AN=P,AJEO-ANEJC2ANIQG==J:55&; L wrr :$ E wrr F $P; 137 $AN=P,AJEO5AIQ:#LL=NAJP5LA?EBE?)N=BEPU; L $G :$ E $G F $P; 2AJUAN=L=J=CNAC=PD=HQO L :wrr F $G; $G Dimana : Bk = Berat benda uji kering oven (g); B = Berat piknometer berisi air (g); Bt = Berat piknometer berisi benda uji dan air (g); 500 = Berat benda uji kering permukaan jenuh (g). 2. Berat Isi Agregat Halus $AN=PEOE=CNAC=P:'; L 9u 8@ Dimana : V = isi wadah = ¼ π d 2 h d = diameter wadah h = tinggi wadah (m) 3. Kadar lumpur agregat halus -=@=NHQILQN L # $ Tsrr¨ Dimana: A = Kehilangan berat (g) B = Ber at benda uji semula (g) A.3 Rumus yang digunakan dalam Pengujian 1. Pengujian Kuat Tekan B". L 2 # Dimana : f’c = kuat tekan beton (MPa) P = gaya tekan aksial (N) A = luas penampang melintang benda uji (mm 2 ) 138 2. Pengujian Kuat Lentur BN L 2T. >TD 6 Dimana : fr = kuat lentur (MPa) P = beban yang bekerja (N) L = jarak (bentang) antara dua perletakan (mm) h = tinggi balok (mm) 3. Pengujian Kecepatan Infiltrasi +L -ä/ & 6 äP Dimana: I = laju infiltrasi (mm/jam) K = konstanta (4.583.666 x 10 3 untuk SI atau 126.870 untuk inchi-pound) M = massa air (kg); 18 kg D = diameter dalam dari cincin infiltrasi (mm); 300 mm T = lama infiltrasi aliran dari air mengalir hingga berhenti mengalir (s) 139 Lampiran B Perhitungan Desain Tebal Perkerasan Kaku Data parameter perencanaan: x Fungsi Jalan : Arteri 2 Lajur 2 Arah x Umur Rencana : 40 tahun x Bahan perkerasan : Beton K-280 x Kuat tekan beton : 280 kg/cm 2 x Jenis perkerasan rigid : Plain Concrete Pavement (PCP) with dowelled x Jenis tanah dasar : Silty Clay x LHR tahun pertama : 500 kendaraan x Proporsi truk : 12% x Proporsi truk 2 as – 4 : 57% x Jenis bahu : Bahu Beton Subbase x Jenis perkerasan : Beton K-280 ≈ 28 MPa x Modulus of Rupture : 3,97 MPa ≈ 575,60 psi Rumus : Sehingga f cf = 0,75 (28) 0.5 = 3,97 MPa DESIGN TRAFFIC a) Pertumbuhan lalu – lintas (Pulau Jawa) : 4,8% b) Menghitung nilai Cumulative Growth Factor (CGF) dengan umur rencana 25 tahun sebagai berikut: %)( L :s E rárs4; É Fs r�rs4 140 %)( L :s E :rársTváz;; 84 Fs rársTváz L sswárx c) Perhitungan repetisi beban dalam metode Austroads menggunakan persamaan sebagai berikut: Dari persamaan diatas, diperoleh nilai N DT sebagai berikut: x AADT : 500 kendaraan x DF : 0,5 (asumsi jalan 2 lajur 2 arah) x %HV : 12% x LDF diperoleh dari Tabel 7.3 berikut: Dari tabel diperoleh nilai LDF = 1,00. x Nilai N HVAG diperoleh dari Tabel 7.5 berikut: Dari tabel diatas, nilai N HVAG sebesar 2,5 untuk Urban Roads. Maka, perhitungan repetisi beban selama umur rencana sebagai berikut: N DT = 365 x AADT x DF x %HV/100 x LDF x CGF x NHVAG N DT = 365 x 500 x 0,5 x 12/100 x 1 x 115,06 x 2,5 N DT = 3.149.870 141 AXLE LOAD Distribusi beban kendaraan diasumsikan sebagai berikut: Axle group load (kN) SAST % Proportion of loads (%100) Proportion of axle group (%/100) Design Traffic Expected Repetitions Beban per roda (1) (2) (3) = (2)/100 (4) (5) (6) = (3)*(4)*(5) (7) 100 1.1 0.011 0.558 3,149,870 19334 50 90 0.7 0.007 0.558 3,149,870 12303 45 80 10.2 0.102 0.558 3,149,870 179278 40 70 7.6 0.076 0.558 3,149,870 133580 35 60 19 0.19 0.558 3,149,870 333949 30 50 11.8 0.118 0.558 3,149,870 207400 25 40 18.4 0.184 0.558 3,149,870 323403 20 30 16.5 0.165 0.558 3,149,870 290008 15 20 7.6 0.076 0.558 3,149,870 133580 10 STRT Axle group load (kN) SAST % Proportion of loads (%100) Proportion of axle group (%/100) Design Traffic Expected Repetitions Beban per roda (1) (2) (3) = (2)/100 (4) (5) (6) = (3)*(4)*(5) (7) 240 0.1 0.001 0.264 3,149,870 832 60 230 0.1 0.001 0.264 3,149,870 832 57.5 220 2.4 0.024 0.264 3,149,870 19958 55 210 0.4 0.004 0.264 3,149,870 3326 52.5 180 0.1 0.001 0.264 3,149,870 832 45 170 3.6 0.036 0.264 3,149,870 29936 42.5 160 0.3 0.003 0.264 3,149,870 2495 40 150 1.5 0.015 0.264 3,149,870 12473 37.5 140 3.3 0.033 0.264 3,149,870 27442 35 130 3 0.03 0.264 3,149,870 24947 32.5 120 1.6 0.016 0.264 3,149,870 13305 30 110 1.8 0.018 0.264 3,149,870 14968 27.5 100 2.6 0.026 0.264 3,149,870 21621 25 90 6.9 0.069 0.264 3,149,870 57378 22.5 80 7.4 0.074 0.264 3,149,870 61536 20 70 4.9 0.049 0.264 3,149,870 40747 17.5 60 2.2 0.022 0.264 3,149,870 18294 15 50 1.1 0.011 0.264 3,149,870 9147 12.5 40 0.5 0.005 0.264 3,149,870 4158 10 30 0.2 0.002 0.264 3,149,870 1663 7.5 STRG Axle group load (kN) SAST % Proportion of loads (%100) Proportion of axle group (%/100) Design Traffic Expected Repetitions Beban per roda (1) (2) (3) = (2)/100 (4) (5) (6) = (3)*(4)*(5) (7) 160 1.8 0.018 0.043 3,149,870 2438 40 150 1.8 0.018 0.043 3,149,870 2438 37.5 140 1.8 0.018 0.043 3,149,870 2438 35 110 1.8 0.018 0.043 3,149,870 2438 27.5 STdRT 142 Axle group load (kN) SAST % Proportion of loads (%100) Proportion of axle group (%/100) Design Traffic Expected Repetitions Beban per roda (1) (2) (3) = (2)/100 (4) (5) (6) = (3)*(4)*(5) (7) 390 0.4 0.004 0.122 3,149,870 1537 48.75 380 0.9 0.009 0.122 3,149,870 3459 47.5 360 0.4 0.004 0.122 3,149,870 1537 45 330 0.4 0.004 0.122 3,149,870 1537 41.25 320 0.7 0.007 0.122 3,149,870 2690 40 300 0.1 0.001 0.122 3,149,870 384 37.5 290 1.2 0.012 0.122 3,149,870 4611 36.25 280 1 0.01 0.122 3,149,870 3843 35 270 1.9 0.019 0.122 3,149,870 7301 33.75 260 0.3 0.003 0.122 3,149,870 1153 32.5 250 0.7 0.007 0.122 3,149,870 2690 31.25 240 0.9 0.009 0.122 3,149,870 3459 30 230 1 0.01 0.122 3,149,870 3843 28.75 220 0.8 0.008 0.122 3,149,870 3074 27.5 210 2.7 0.027 0.122 3,149,870 10376 26.25 200 1.6 0.016 0.122 3,149,870 6149 25 190 0.5 0.005 0.122 3,149,870 1921 23.75 180 1.1 0.011 0.122 3,149,870 4227 22.5 170 1.1 0.011 0.122 3,149,870 4227 21.25 160 1 0.01 0.122 3,149,870 3843 20 150 0.7 0.007 0.122 3,149,870 2690 18.75 140 0.4 0.004 0.122 3,149,870 1537 17.5 130 0.1 0.001 0.122 3,149,870 384 16.25 120 0.3 0.003 0.122 3,149,870 1153 15 STdRG Axle group load (kN) SAST % Proportion of loads (%100) Proportion of axle group (%/100) Design Traffic Expected Repetitions Beban per roda (1) (2) (3) = (2)/100 (4) (5) (6) = (3)*(4)*(5) (7) 560 0.13 0.0013 0.013 3,149,870 53 46.67 520 0.13 0.0013 0.013 3,149,870 53 43.33 480 0.13 0.0013 0.013 3,149,870 53 40.00 460 0.13 0.0013 0.013 3,149,870 53 38.33 450 0.4 0.004 0.013 3,149,870 164 37.50 420 0.13 0.0013 0.013 3,149,870 53 35.00 410 0.26 0.0026 0.013 3,149,870 106 34.17 400 0.26 0.0026 0.013 3,149,870 106 33.33 380 0.13 0.0013 0.013 3,149,870 53 31.67 330 0.13 0.0013 0.013 3,149,870 53 27.50 320 0.13 0.0013 0.013 3,149,870 53 26.67 210 0.13 0.0013 0.013 3,149,870 53 17.50 STrRG 143 Menghitung Nilai Reliability dan Load Safety Factor Nilai Reliability dihitung berdasarkan Tabel 2.1 Typical project reliability levels berikut: Berdasarkan tabel diatas, diperoleh nilai project reliability (R) sebesar 90%. Nilai Load Safety Factor diperoleh dari Tabel 9.2 Load Safety factors (L SF) for rigid pavement types berikut: Berdasarkan tabel diatas, diperoleh nilai L SF sebesar 1,20. SUBGRADE Jenis tanah dasar adalah silty clay. Dengan menggunakan Tabel 5.4 dan asumsi jalan memiliki sistam drainase yang baik maka diperoleh nilai CBR sebesar 6%. 144 SUBBASE a) Tebal minimum Subbase diperoleh dari Tabel 9.1 berikut: Tebal minimum Subbase sesuai tabel diatas diperoleh sebesar 150 mm LCS. b) Nilai efektif subgrade strength diperoleh dari Figure 9.1 berikut: Nilai efektif subgrade strength berdasarkan tabel diatas sebesar 75%. Menentukan Tebal Minimum Rigid Pavement Desain tebal minimum perkerasan beton menggunakan Tabel 9.7 berikut: Dengan jenis perkerasan PCP dan design traffic sebesar 3.149.870, maka diperoleh nilai tebal minimum perkerasan beton sebesar 150 mm.