i PENGARUH LAYANAN RIDE-HAILING TERHADAP PERUBAHAN BANGKITAN PERGERAKAN KENDARAAN PRIBADI DI DKI JAKARTA TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat Untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh Fernanda Sucitra Murti NIM: 24222003 (Program Studi Magister Transportasi) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG JANUARI 2024 ii ABSTRAK PENGARUH LAYANAN RIDE-HAILING TERHADAP PERUBAHAN BANGKITAN PERGERAKAN KENDARAAN PRIBADI DI DKI JAKARTA Oleh Fernanda Sucitra Murti NIM: 24222003 (Program Studi Magister Transportasi) Ride-hailing sebagai layanan mobilitas perkotaan yang inovatif semakin mendapat perhatian dalam beberapa dekade terakhir ini, khususnya di DKI Jakarta. Kondisi angkutan umum yang ada di DKI Jakarta sudah cukup bagus dan baik dibandingkan kota-kota lainnya, namun sejauh ini belum diketahui bagaimana dampak ride-hailing terhadap peningkatan volume lalu lintas, apakah dengan adanya ride-hailing ini akan membuat frekuensi bangkitan pergerakan orang semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh layanan ride-hailing terhadap perubahan bangkitan pergerakan kendaraan pribadi di DKI Jakarta. Metode yang digunakan yaitu metode analisis regresi binary logit dengan variabel dependen rencana kepemilikan kendaraan dan multinomial logit dengan variabel dependen frekuensi penggunaan kendaraan pribadi dan volume bangkitan pergerakan kendaraan pribadi. Pengumpulan data melalui survey lapangan yaitu terdiri dari sosio-ekonomi, karakteristik pergerakan, dan persepsi terhadap layanan ride-hailing. Total 669 observasi terkumpul melalui survey lapangan. Secara keseluruhan, ride-hailing memberikan dampak signifikan terhadap perubahan volume bangkitan pergerakan kendaraan pribadi di DKI Jakarta sebesar 44,2% SKR/minggu pada fase sebelum sampai sesudah rutin menggunakan layanan ride-hailing. Pelajar menjadi kelompok dominan yang mengalami penurunan penggunaan kendaraan pribadi, menunjukkan bahwa layanan ini berpotensi menjadi alternatif bagi mereka. Rekomendasi untuk hal tersebut yaitu meningkatkan efisiensi transportasi dan mengurangi kemacetan serta pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi. Kata Kunci: ride-hailing, kepemilikan kendaraan, frekuensi penggunaan, bangkitan pergerakan iii ABSTRAK THE INFLUENCE OF RIDE -HAILING SERVICES ON THE CHANGE IN THE RISE OF PRIVATE VEHICLE MOVEMENTS IN DKI JAKARTA By Fernanda Sucitra Murti NIM: 24222003 (Master’s Program in Transportation) Ride-hailing as an innovative urban mobility service has received increasing attention in recent decades, especially in DKI Jakarta. The condition of public transportation in DKI Jakarta is quite good and good compared to other cities, but so far it is not known how the impact of ride- hailing on increasing traffic volume, whether this ride-hailing will make the frequency of people movement rise higher. This study aims to explore the influence of ride-hailing services on changes in the rise of private vehicle movements in DKI Jakarta. The method used is the binary logit regression analysis method with the dependent variable of vehicle ownership plan and multinomial logit with the dependent variable of frequency of use of private vehicles and the volume of generation of private vehicle movements. Data collection through field surveys consists of socio- economic, movement characteristics, and perceptions of ride-hailing services. A total of 669 observations were collected through field surveys. Overall, ride-hailing has a significant impact on changes in the volume of private vehicle movement in DKI Jakarta by 44.2% SKR / week in the phase before to after routinely using ride- hailing services . Students are the dominant group that has experienced a decrease in the use of private vehicles, indicating that this service has the potential to be an alternative for them. Recommendations for this are improving transportation efficiency and reducing congestion and restrictions on private vehicle ownership. Keywords: ride-hailing, vehicle ownership, frequency of use, movement generation iv PENGARUH LAYANAN RIDE-HAILING TERHADAP PERUBAHAN BANGKITAN PERGERAKAN KENDARAAN PRIBADI DI DKI JAKARTA Oleh: FERNANDA SUCITRA MURTI NIM: 24222003 (Program Studi Transportasi) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Menyetujui Pembimbing Tanggal: 19 Januari 2024 Dosen Pembimbing _________________________ (Dr. I Gusti Ayu Andani, S.T, M.T.) v PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Sucitra, F. M. (2024): Pengaruh Layanan Ride-Hailing Terhadap Perubahan Bangkitan Pergerakan Kendaraan Pribadi di DKI Jakarta, Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Sucitra, F. M. (2024): The Influence of Ride-Hailing Services on the Change in the Rise Of Private Vehicle Movements in DKI Jakarta, Master's Thesis, Institut Teknologi Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung vi KATA PENGANTAR Dengan segala rasa syukur kepada Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, penulis dengan rendah hati menyajikan Laporan Tesis ini yang masih perlu bimbingan dan masukan untuk penyempurnaannya. Semoga tesis ini dapat menjadi sumbangan yang berarti dalam pengembangan pengetahuan di masa depan. Penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bimbingan selama penulisan tesis ini. Penulis menyadari dalam penyelesaian Tesis ini tidak dapat berdiri sendiri dan membutuhkan bantuan dan dukungan dari banyak pihak, maka dari itu izinkan penulis untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada: 1. Ibu Dr. I Gusti Ayu Andani, S.T, M.T., selaku dosen pembimbing yang senantiasa meluangkan waktu dalam memberikan bimbingan dan masukan dalam penyelesaian tesis ini; 2. Bapak Dr. Ir. Binsar Parasian Naipospos, M.SP., selaku dosen wali yang memberikan masukan akademis kepada penulis selama menempuh studi; 3. Prof., Dr. Miming Miharja, S.T., M.Sc.Eng. dan Ibu Dr.Eng. Maya Safira, ST., MT., selaku dosen penguji siding tesis; 4. Seluruh dosen dan staf pengajar Program Studi Magister Transportasi Institut Teknologi Bandung yang telah menyalurkan ilmu pengetahuan selama masa studi penulis; 5. Keluarga besar penulis yang selalu menyalurkan doa dan dukungan yang tidak pernah putus; 6. Semua rekan penulis yang menemani dan membersamai penulis dalam menyelesaikan masa studi magister; 7. Seluruh rekan-rekan Program Studi Magister Transportasi 2022 yang telah menemani penulis selama menempuh pendidikan magister ini, semoga senantiasa diberikan hal terbaik dalam setiap perjalanan. 8. Seluruh pihak yang terlibat dan membantu dalam penyelesaian tesis. Bandung, 22 Januari 2024 Penulis vii DAFTAR ISI ABSTRAK ...................................................................................................................................... ii ABSTRAK ....................................................................................................................................... iii PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS ............................................................................................ v KATA PENGANTAR ...................................................................................................................