FAKTOR DETERMINAN YANG MEMENGARUHI INTENTION TO USE REUSABLE SHOPPING BAG GENERASI Z DI JAKARTA TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh : CONITA ANIES NIM: 27120317 (Program Studi Magister Desain) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Januari 2024 FAKTOR DETERMINAN YANG MEMENGARUHI INTENTION TO USE REUSABLE SHOPPING BAG GENERASI Z DI JAKARTA Oleh CONITA ANIES NIM: 27120317 (Program Studi Magister Desain) Insitut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing 16 Januari 2024 ___________________________ Dr. Tyar Ratuannisa, S.Ds., M.Ds. ABSTRAK FAKTOR DETERMINAN YANG MEMENGARUHI INTENTION TO USE REUSABLE SHOPPING BAG GENERASI Z DI JAKARTA Oleh Conita Anies NIM: 27120317 (Program Studi Magister Desain) Penggunaan reusable shopping bag telah semakin meluas di kalangan masyarakat global, termasuk di Indonesia, sebagai opsi alternatif untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Fenomena ini muncul seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan dan kebutuhan akan produk berkelanjutan. Reusable shopping bags memberikan solusi praktis dalam mengatasi permasalahan limbah plastik yang merusak lingkungan, sekaligus mendukung upaya global untuk menciptakan perilaku konsumsi yang lebih bertanggung jawab. Dengan meningkatnya pemanfaatan reusable shopping bag, hal ini menarik perhatian dalam rangka upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan. Generasi Z, saat ini juga dikenal sebagai generasi muda yang lebih peduli terhadap isu-isu keberlanjutan, sehingga menciptakan ketertarikan terhadap praktik konsumsi yang lebih ramah lingkungan atau menjadi solusi alternatif yang menunjang. Generasi Z, sebagai generasi yang tumbuh di era kemajuan teknologi digital dan informasi juga lebih vokal dalam mengedukasi tentang dampak negatif dari penggunaan kantong plastik terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengeksplorasi faktor – faktor determinan yang dapat memengaruhi Intention to use Generasi Z terhadap produk reusable shopping bag yaitu dengan mengidentifikasi faktor determinan terkait yang dapat mempengaruhi niat untuk menggunakannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan pengumpulan data primer melalui kuisioner terstruktur yang didapat dari 109 responden dari kelompok Generasi Z di wilayah DKI Jakarta. Dengan dukungan Theory of Planned Behavior, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya faktor determinan yang mempengaruhi niat Generasi Z terhadap penggunaan produk reusable shopping bag yaitu adalah harga (price), kesadaran (awareness), kualitas (quality) dan desain (design). Hasil dari penelitian diharapkan dapat berguna bagi pelaku produsen, desainer dan juga pemasar untuk mendapatkan wawasan baik untuk merancang maupun mengimplementasikan strategi atau ide pemasaran yang sesuai dengan bantuan faktor determinan terkait dalam memengaruhi niat penggunaan produk reusable shopping bag di kalangan Generasi Z. Kata kunci: Faktor determinan, Intention to Use, Reusable Shopping Bags, Generasi Z, Jakarta. ABSTRACT DETERMINANT FACTOR’S INFLUENCING THE INTENTION TO USE REUSABLE SHOPPING BAGS OF GENERATION Z IN JAKARTA By Conita Anies NIM: 27120317 (Master’s Program in Design) The use of reusable shopping bags has become increasingly widespread among the global community, including in Indonesia, as an alternative option to reduce the use of disposable plastic bags. This phenomenon has emerged in tandem with the growing awareness of the importance of environmental preservation and the need for sustainable products. Reusable shopping bags provide a practical solution to address the environmental damage caused by plastic waste, while also supporting global efforts to promote more responsible consumption behavior. With the increasing adoption of reusable shopping bags, attention has been drawn to efforts to raise environmental awareness. The current generation, known as Generation Z, is recognized as a younger generation that is more concerned about sustainability issues, creating an interest in environmentally friendly consumption practices or alternative solutions. Generation Z, having grown up in the era of digital technology and information, is also more vocal in educating about the negative impacts of plastic bag usage on the environment. Therefore, this research will explore determinant factors that can influence the intention to use reusable shopping bags among Generation Z by identifying related determinants that can affect the intention to use them.