Hasil Ringkasan
THEROLEOFCUSTOMERVALUEINHALALPRODUCTS CONSUMPTIONTOWARDSSPIRITUALWELLBEING USINGRELIGIOSITYASMODERATINGROLE THESIS Inpartialfulfilmentoftherequirements fortheDegreeofMasterofScienceinManagement fromInstitutTeknologiBandung By SALMAYUNISAVINANDAPUTRI StudentID:29020026 (MasterProgramofScienceinManagement) INSTITUTTEKNOLOGIBANDUNG 2023 Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian ABSTRACT TheRoleofCustomerValueinHalalProductsConsumption TowardsSpiritualWellbeingusingReligiosity asModeratingVariable By SalmaYunisaVinandaPutri StudentID:29020026 (MasterProgramofScienceinManagement) Halalproductsareavaluableindustrythatisexpandingduetorisingbirthrates andagrowingyouthfulpopulation,andSharialawdemandsthatcommodities usedonaregularbasisbyMuslimsincludehalalcomponentsandundergo comprehensivehalalmanufacture.Priorstudy,however,revealsthathalal productsareconsumednotonlybyMuslims,butalsobynon-Muslimsduetothe valuesincludedwithintheproducts.Mindfulconsumerswhointentionallychoose halalproductsaspiretoattainthevaluesinsidetheproductsandachievethegoals oflife'sprosperityandtranquility,whichleadsthemtothespiritualwell-being theywant.Themorepeoplefeelspirituallyfulfilled,themoretheywantto continuebeingconscientiousconsumers,whichleadstoconscioussustainable consumption.Thisstudyintendstoinvestigatehowperceivedvalueslinkedwith halalproductsimpactpeople'sconsciousconsumptionbehaviors,andhowthis behaviorleadsconsumerstospiritualwellbeingandconsciousnessforsustainable consumption. Thisstudywillalsoexaminewhetherornottheexistenceofreligiousbelief moderatestheirconsciousbehavior.Thestudyproposedanumberofguidelinesto followwhileconvertingtoandutilizinghalalproducts.Itisfeasibletoforecast people'sconsciousconsumptionusingthistechnique.Therealdataemploy regressionstodeterminetherelevanceofadependentvariable,dependingon severalcomponentsasindependentvariables,andexploratoryfactoranalysiswas usedtoexamineitemvalidityandvalidity.Onlywithreligiousbeliefasa moderatingvariabledidthefindingsindicatethatSocialValuehadasignificant influenceonhalalproductsconsciousconsumption.Meanwhile,independentof religiousbelief,thethreeothervalueshaveaconsiderableinfluenceonconscious consumptionontheirown.Meanwhile,conscientiousconsumptionhasa favorableimpactoncustomers'spiritualwell-beingandtheirdesiretousehalal productsasasustainablebehavior. Keywords:HalalProduct;Value;ConsciousConsumption;Religiosity;Spiritual wellbeing;ConsciousnessSustainableConsumption. ii Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian ABSTRAK PeranNilaiPelanggandalamKonsumsiProdukHalalterhadap KesejahteraanSpiritualdenganMenggunakanReligiusitassebagai VariabelModerasi Oleh SalmaYunisaVinandaPutri 29020026 (ProgramStudiMagisterSainsManajemen) Produkhalalmerupakanindustriyangbernilaitinggiyangberkembangkarena meningkatnyapertumbuhanpopulasimuslim;danhukumsyariahmenuntutagar komoditasyangdigunakansehar-hariolehumatIslammerupakankomponen halaldanmenjalaniprosesproduksihalalyangkomprehensif.Namun,penelitian sebelumnyamengungkapkanbahwaprodukhalaltidakhanyadikonsumsioleh umatMuslim,tetapijugaolehnon-Muslimkarenanilai-nilaiyangterkandungdi dalamnya.Konsumenyangsadardansengajamemilihprodukhalalbercita-cita untukmendapatkannilai-nilaididalamproduktersebutdanmencapaitujuan kemakmurandanketenanganhidup,yangmembawamerekapadakesejahteraan spiritualyangmerekainginkan.Semakinbanyakorangmerasaterpenuhisecara spiritual,semakinmerekainginterusmenjadikonsumenyangteliti,yang mengarahpadakonsumsiberkelanjutansecarasadar.Penelitianinibermaksud untukmenyelidikibagaimananilai-nilaiyangdirasakanterkaitdenganproduk halalberdampakpadaperilakukesadarankonsumsimasyarakat,danbagaimana perilakuinimembawakonsumenpadakesejahteraanspiritualdankesadaran untukkonsumsiberkelanjutan. Studiinijugaakanmengujiapakahkeberadaankeyakinanagamamemoderasi perilakusadarmereka.Studiinimengusulkansejumlahpanduanyangharus diikutiketikaberalihkedanmenggunakanprodukhalal.Sangatlahmungkin untukmeramalkankonsumsisadarmasyarakatdenganmenggunakanteknikini. Datariilmenggunakanregresiuntukmenentukanrelevansivariabeldependen, tergantungpadabeberapakomponensebagaivariabelindependen,dananalisis faktoreksploratoridigunakanuntukmengujivaliditasdanvaliditasitem.Temuan menunjukkanbahwadengankeyakinanagamasebagaivariabelmoderasi,nilai Sosialmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapkonsumsisadarprodukhalal. Sementaraitu,terlepasdarikeyakinanagama,ketiganilailainnyamemiliki pengaruhyangcukupbesarterhadapkonsumsisadarsecaraindividual. Sementaraitu,kesadarandalamberkonsumsimemilikidampakyangbaik terhadapkesejahteraanspiritualpelanggandankeinginanmerekauntuk menggunakanprodukhalalsebagaiperilakukonsumsiyangberkelanjutan. Keywords:ProdukHalal;Nilai;KesadaranBerkonsumsi;Religiusitas; KesejahteraanSpiritual;KonsumsiBerkelanjutan ii Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian THEROLEOFCUSTOMERVALUEINHALALPRODUCTS CONSUMPTIONTOWARDSSPIRITUALWELLBEING USINGRELIGIOSITYASMODERATINGROLE HALAMANPENGESAHAN By SalmaYunisaVinandaPutri StudentID:29020026 MasterProgramofScienceinManagement InstitutTeknologiBandung Approved December21th,2023 Supervisor ______________________ (NilaArmeliaWindasariS.A.,MBA.,Ph.D) iv Koleksi digital milik UPT Perpustakaan ITB untuk keperluan pendidikan dan penelitian.