MODEL VEHICLE FLOW FORMULATION DAN ALGORITMA HIBRID ADAPTIVE LARGE NEIGHBORHOOD SEARCH DAN SIMULATED ANNEALING UNTUK MEMECAHKAN MASALAH PICKUP AND DELIVERY PROBLEM WITH CROSS -DOCKING (PDPCD) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KENDALA TIME WINDOWS DAN HETEROGENOUS FIX FLEET VEHICLE DRAF TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh MARIO AHMAD FAUZI NIM: 23421026 Program Studi Magister Teknik dan Manajemen Industri i ABSTRAK MODEL VEHICLE FLOW FORMULATION DAN ALGORITMA HIBRID ADAPTIVE LARGE NEIGHBORHOOD SEARCH DAN SIMULATED ANNEALING UNTUK MEMECAHKAN MASALAH PICKUP AND DELIVERY PROBLEM WITH CROSS -DOCKING (PDPCD) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KENDALA TIME WINDOWS DAN HETEROGENOUS FIX FLEET VEHICLE Oleh Mario Ahmad Fauzi NIM: 23421026 (Program Studi Magister Teknik dan Manajemen Industri) Masalah Pickup and Delivery Problem with Cross Docking (PDPCD) adalah masalah logistik yang melibatkan pengambilan dan pengiriman barang ke sekumpulan pasangan pelanggan. Pemilihan rute kendaraan pada masalah ini ditujukan untuk meminimalkan biaya transportasi dengan mempertimbangkan setidaknya salah satu di antara dua jenis strategi pengambilan dan pengiriman yaitu pengiriman langsung dan pengiriman gudang transit. Penelitian ini mengajukan model matematis dan algoritma hibrid Adaptive Large Neighborhood Search (ALNS) dan Simulated Annealing (SA) yang dikembangkan dari beberapa penelitian sebelumnya untuk menyelesaikan masalah PDPCD. Kendala jendela waktu pelanggan dan kendala kendaraan heterogen juga ditambahkan pada kasus PDPCD di penelitian ini. Dari hasil penelitian, algoritma yang diajukan memberikan gap biaya solusi sebesar 0,91% dengan waktu komputasi 700 kali lebih cepat terhadap solusi optimal pada LINGO. Selain itu, algoritma ALNS-SA memberikan solusi biaya dan waktu komputasi berturut-turut lebih kecil sebesar 2,1% dan 75,1% terhadap solusi biaya dan waktu komputasi algoritma SA pada penelitian Suprayogi (2023) untuk kasus PDPCD dengan kendala jendela waktu dan kendaraan homogen. Kata kunci: PDPCD, pengiriman langsung, gudang transit, model matematis, ALNS, SA iii ABSTRACT VEHICLE FLOW FORMULATION MODEL AND HYBRID ALGORITHM OF ADAPTIVE LARGE NEIGHBORHOOD SEARCH AND SIMULATED ANNEALING FOR SOLVING THE PICKUP AND DELIVERY PROBLEM WITH CROSS-DOCKING (PDPCD) CONSIDERING TIME WINDOWS AND HETEROGENEOUS FIXED -FLEET VEHICLES CONSTRAINTS By Mario Ahmad Fauzi NIM: 23421026 (Master’s Program in Industrial Engineering and Management) The Pickup and Delivery Problem with Cross Docking (PDPCD) is a logistic problem that involves the pickup and delivery of goods to a set of customer pairs. The vehicle routes selection in this problem aims to minimize transportation costs while considering at least one of two pickup and delivery strategies, namely direct shipping and cross docking. This research proposes a mathematical model and a combined algorithm of Adaptive Large Neighborhood Search (ALNS) and Simulated Annealing (SA) which is developed based on several previous studies for solving PDPCD. Time window constraints for customers and heterogeneous fix fleet vehicle constraints are also introduced in this research. The results show that the proposed algorithm provides a solution cost gap of 0.91% with a computation time 700 times faster than the optimal solution in LINGO. Additionally, the ALNS-SA algorithm yields solution cost and computation time reductions of 2.1% and 75.1%, respectively, compared to the cost and computation time of the SA algorithm proposed by Suprayogi (2023) for the PDPCD with time window and homogeneous vehicle constraints. Keywords: PDPCD, direct shipping, cross docking, mathematical model, ALNS, SA v HALAMAN PENGESAHAN MODEL VEHICLE FLOW FORMULATION DAN ALGORITMA HIBRID ADAPTIVE LARGE NEIGHBORHOOD SEARCH DAN SIMULATED ANNEALING UNTUK MEMECAHKAN MASALAH PICKUP AND DELIVERY PROBLEM WITH CROSS -DOCKING (PDPCD) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KENDALA TIME WINDOWS DAN HETEROGENOUS FIX FLEET VEHICLE Oleh Mario Ahmad Fauzi NIM: 23421026 (Program Studi Magister Teknik dan Manajemen Industri) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing Tanggal …………………… Suprayogi, S.T., M.T., Ph.D. NIP 19681217 1995 12 1 001 a.