Hasil Ringkasan
Dokumen Asli SISTEM KENDALI KUADRATIS LINEAR DENGAN AKSI INTEGRAL PADA KECEPATAN MOTOR SINKRON MAGNET PERMANEN TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh FAHIRA AZIZAH NIM: 23219343 (Program Studi Magister Teknik Elektro) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Desember 2023 Dokumen Asli ii ABSTRAK SISTEM KENDALI KUADRATIS LINEAR DENGAN AKSI INTEGRAL PADA KECEPATAN MOTOR SINKRON MAGNET PERMANEN Oleh Fahira Azizah NIM: 23219343 (Program Studi Magister Teknik Elektro) Penggunaan motor Permanent Magnet Synchronous Motor, atau PMSM telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam kendaraan listrik yang digunakan sebagai motor penggerak utama karena beberapa keunggulannya. Pada sistem kendaraan listrik, salah satu upaya dalam mengoptimalkan kinerja mobil listrik adalah dengan mendesain kendali kecepatan motor yang efisien. Dibuatnya kendali kecepatan motor yang tepat, dapat mempengaruhi sejumlah factor, seperti efisiensi konversi energi listrik menjadi gerakan, kecepatan kendaraan, dan daya tahan baterai. Banyak cara yang ditempuh untuk efisiensi energi ini, di antaranya melalui cara pengaturan kendali kecepatan optimal dari motor pada kendaraan listrik. Pada penelitian ini dibuat sistem kendali kecepatan motorr PMSM dengan energi sinyal kendali minimal. Skema sistem kendali optimal dibuat dengan indeks kinerja kuadratis linier, atau Linear Quadratic Integrator (LQI). Kontroler PI digunakan sebagai pembanding. Kontroler LQI yang dibuat diinginkan agar memenuhi spesifikasi respon yang disyaratkan. Dalam merealisasikan metode kontrol torsi, Field Oriented Control (FOC) digunakan dalam makalah ini. Untuk memvalidasi keefektifan metode yang diusulkan, simulasi dan implementasi telah dilakukan dengan menggunakan model perangkat keras Motor Control Kit pabrikan Texas Instrument yang terdiri dari: mikrokontroller Launchpad F28069M, driver motor Boostxl 8305-evm, dan dual- motor Teknic 2310P (PMSM) yang terkoneksi dengan Simulink Matlab. Hasil eksperimen telah dikonfirmasi bahwa teknik LQI dapat menawarkan kinerja energi sinyal kendali yang lebih minimum serta telah memenuhi spesifikasi respon yang disyaratkan. Kata kunci: Kuadratis linear aksi integral, kendali optimal, energi sinyal kendali, kendali kecepatan, motor sinkron magnet permanen. Dokumen Asli iii ABSTRACT LINEAR QUADRATIC CONTROL SYSTEM WITH INTEGRAL ACTION ON SPEED OF PERMANENT MAGNET SYNCHRONOUS MOTOR By Fahira Azizah NIM: 23219343 (Master’s Program in Electrical Engineering) The use of Permanent Magnet Synchronous Motor, or PMSM has increased rapidly in recent years, mainly in electric vehicles where it is used as the main drive motor due to its several advantages. In electric vehicle systems, one of the strategies to optimize the performance of electric cars is to design an efficient motor speed control. Designing an efficient motor speed control can affect a number of factors, such as the efficiency of converting electrical energy into motion, vehicle speed, and battery durability. Many ways are pursued for this energy efficiency, including through setting the optimal speed control of the motor in an electric vehicle. In this research, a PMSM motor speed control system with minimal control signal energy is made. The optimal control system scheme is made with a linear quadratic performance index, or Linear Quadratic Integrator (LQI). PI controller is used as a comparison. It is desirable that the created LQI controller satisfies the required response specifications.