NASKAH DAN GAPURA KUNO SEBAGAI KONSIDERAN CITY BRANDING DAN KONSEP DESAIN GERBANG BARU CIREBON SEBAGAI KOTA PEWARIS BUDAYA DISERTASI Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Doktor dari Institut Teknologi Bandung Oleh FADHLY ABDILLAH 37019005 (Program Studi Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Desember 2023 NASKAH DAN GAPURA KUNO SEBAGAI KONSIDERAN CITY BRANDING DAN KONSEP DESAIN GERBANG BARU CIREBON SEBAGAI KOTA PEWARIS BUDAYA Oleh Fadhly Abdillah NIM: 37019005 (Program Studi Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Tim Pembimbing Tanggal, 14 Desember 2023 Ketua ______________________ (Dr. Imam Santosa, M.Sn.) Anggota Anggota ________________________ _________________________ (Dr. Yan Yan Sunarya, M.Sn) (Dr. Husen Hendriyana, M.Sn.) ABSTRAK NASKAH DAN GAPURA KUNO SEBAGAI KONSIDERAN CITY BRANDING DAN KONSEP DESAIN GERBANG BARU CIREBON SEBAGAI KOTA PEWARIS BUDAYA Oleh Fadhly Abdillah NIM: 37019005 (Program Studi Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain) Cirebon sebagai Kota Kerajaan yang berada di pesisir pantai, Pintu masuk sekaligus area melting pot berbagai macam kebudayaan, agama, filosofis dll. Tidak terlepas dari 3 kebudayaan besar yang mempengaruhinya. Kaya akan artefak hasil budaya dan masyarakat, berupa keragaman bentuk gerbang, serta peninggalan naskah kuno sebagai basis intelektual sebagai landasan filosofis yang tertulis, khususnya naskah Pangeran Wangsakerta. Penelitian gerbang berdasarkan konsep Nawa Gapura Marga Raja dalam kajian Naskah Pustaka Rajya Rajya I Bhumi Nusantara ini bertujuan untuk memahami tata nilai dan konsepsi gerbang agar mampu menciptakan dan menghasilkan karya dalam bentuk konsideran gerbang masa kini sebagai konsep City Branding Cirebon, melalui rekam jejak sejarah Cirebon yang sangat mendalam. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif, dengan pendekatan menggunakan metode etnografi yang memungkinkan pendekatan untuk mengalami, menginterpretasi, dan merepresentasikan suatu kultur dan masyarakat sosial dalam konsep kebudayaan dan kemudian dielaborasi dengan hasil analsisi sejarah kebudayaan Cirebon melalui oral history, wawancara mendalam terhadap keluarga keraton, budayawan, pemerintahan, masyarakat Cirebon dan juga studi literatur lain, Selanjutnya adalah melakukan proses konseptual desain, menggunakan pendekatan religiusitas Cirebon, untuk menciptakan sebuah gagasan perancangan gerbang Kota Cirebon masa kini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan pengetahuan mengenai konsideran City Branding Cirebon dalam bentuk gerbang kota masa kini yang dapat digunakan sebagai landasan dalam menciptakan nilai kota Cirebon berdasarkan Naskah. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat memberi pengetahuan baru mengenai identitas Kota berdasarkan pendekatan rekam sejarah dan budaya dalam sebuah naskah sehingga dapat memicu pemikiran-pemikiran kritis mengenai analisisi naskah khususnya naskah Nusantara dan membuka jalan bagi penelitian lain di bidang seni rupa, desain maupun budaya. Kata kunci: branding, konsep desain gerbang, naskah kuno, konsideran, Kota Cirebon ABSTRACT ANCIENT MANUSCRIPTS AND GATES AS CITY BRANDING CONSIDERATIONS AND THE DESIGN CONCEPT OF THE NEW GATE OF CIREBON AS A CULTURAL HERITAGE CITY By Fadhly Abdillah NIM: 37019005 (Doctoral Program in Fine Arts and Design) Cirebon as a Royal City located on the coast, the entrance and melting pot area of various cultures, religions, philosophies, etc. is inseparable from the 3 significant cultures that influenced it. It is inseparable from the 3 primary cultures that influence it. Rich in artifacts of culture and society, in the form of diversity in the form of gates, as well as ancient manuscripts as an intellectual base as a written philosophical foundation, especially the Prince Wangsakerta manuscript. Gate research based on the concept of Nawa Gapura Marga Raja in the study of Naskah Pustaka Rajya Rajya I Bhumi Nusantara aims to understand the value system and conception of the gate to be able to create and produce work in the form of present- day gate ideas as a branding concept for the city of Cirebon, through a very deep historical record of Cirebon. The research methodology uses qualitative inductively, with an approach using ethnographic methods that allow the approach to experience, interpret, and represent a culture and social community in the concept of culture and then elaborate on the results of the analysis of the history of Cirebon culture through oral history, in-depth interviews with the palace family, cultural experts, government, the people of Cirebon and also other literature studies, Furthermore, it is to carry out a conceptual design process, using the Cirebon religiosity approach, to create an idea of designing the present Cirebon City gate. This research is expected to provide insight into the knowledge of Cirebon City branding considerations in the form of the present city gate that can be used as a foundation in creating the value of the city of Cirebon based on manuscripts. In addition, this research is also expected to provide new knowledge about the identity of the City based on the approach of historical and cultural records in a manuscript so that it can trigger critical thinking about the analysis of manuscripts, especially Nusantara manuscripts and pave the way for other research in the fields of art, design, and culture. Keywords: branding, gate design concept, ancient manuscript, consideration, Cirebon city.