1 Bab I Pendahuluan I.1 Latar Belakang Fluida memainkan peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Seperti fenomena longsor, air yang mengalir pada pipa, gelombang laut, dan lain sebagainya. Maka sebab itu, fluida menjadi sesuatu yang wajib dipelajari dalam ilmu pengetahuan alam khususnya pada fisika. Materi fluida dalam fisika merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa untuk memahaminya. Sehingga menyebabkan pengajar sulit untuk memberikan gambaran secara lebih baik tentang fluida. Untuk mengatasi masalah tersebut guru dapat mendemonstrasikan peristiwa fluida dengan bentuk simulasi. Simulasi tersebut dapat memperlihatkan perilaku fluida dengan berbagai macam variasi jenis fluida serta perilaku fluida jika terhambat dengan sesuatu (Boundary). Tentu saja dengan ada simulasi ini dapat membantu pengajar dalam menghemat pengeluaran dalam mencari berbagai macam zat fluida, wadah, serta bahan lainnya yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan materi fluida. Sehingga pada tesis ini akan dilakukan pemodelan simulasi fluida untuk mengatasi permasalahan pengajar. Pendekatan yang digunakan untuk mensimulasikan fluida salah satunya adalah dengan metode numerik. Metode numerik akan membantu dalam menyelesaikan persoalan partikel-partikel sebagai fluida kompleks yang bergerak dengan parameter fisis fluida, seperti viskositas, densitas dan tegangan permukaan. Dengan cara pandang ini maka permasalahan pergerakan dari partikel-partikel fluida dapat dipecahkan dengan persamaan Navier Stokes. Pemecahan persamaan navier stokes dengan metode numerik yang dapat digunakan antara lain Finite Volume Methods (FVM), Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH) dan lain sebagainya (Liu,2003). Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH) adalah metode komputasi berbasis partikel yang dapat mensimulasikan dinamika suatu media kontinu seperti aliran fluida (Hamdi, 2008). Metode Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH) ini telah digunakan pada 2 beberapa penelitian antara lain yaitu “Implementasi Sistem Partikel Menggunakan Metode Smoothed Particle Hydrodynamics(SPH) Untuk Simulasi Aliran Lava” yang diteliti oleh Hamdi (Hamdi,2008), “Simulasi Tsunami 2-D dengan menggunakan metode Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH)” yang diteliti oleh Neny (Minarno,2015), dan “Particle-Based Fluid Simulation for Interactive Applications” yang diteliti oleh Muller (Muller,2003). Banyaknya penelitian yang menggunakan metode SPH karena metode ini dapat menyimulasikan fenomena dengan geometri kompleks yang tidak bisa dimodelkan oleh metode lain. Oleh sebab itu pada penelitian ini akan dilakukan simulasi fluida dengan metode Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH) untuk menyelesaikan persamaan Navier- Stokes. I.2 Masalah Penelitian Berdasarkan uraian pada latar belakang, rumusan masalah yang ditentukan adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana memodelkan fluida sebagai suatu partikel. 2.