Hasil Ringkasan
COVER Auvi Winandri Utami

Jumlah halaman: 11 · Jumlah kalimat ringkasan: 50

PENGEMBANGAN SIX-TIER DIAGNOSTIC TEST DISERTAI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) SEBAGAI INSTRUMEN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG PROYEK AKHIR Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh AUVI WINANDRI UTAMI NIM: 24721007 (Program Studi Magister Pengajaran Fisika) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Juli 2023 i ABSTRAK PENGEMBANGAN SIX- TIER DIAGNOSTIC TEST DISERTAI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) SEBAGAI INSTRUMEN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG Oleh AUVI WINANDRI UTAMI NIM: 24721007 (Program Studi Magister Pengajaran Fisika) Konsep gelombang merupakan konsep penting dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu instrumen six-tier diagnostic test disertai dengan Certainty of Response Index (CRI) dan menggunakannya untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep dan miskonsepsi peserta didik pada materi gelombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan jumlah sampel 220 siswa. Data miskonsepsi diperoleh dengan memberikan tes miskonsepsi berupa soal pilihan ganda. Terdapat 32 soal dengan 6 tahapan yang terdiri dari konten pilihan ganda, tingkat keyakinan dalam memilih jawaban, sumber pilihan jawaban, pilihan alasan dalam menjawab pertanyaan, tingkat keyakinan dalam memilih alasan, dan sumber alasan peserta didik dalam menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang memahami konsep pada keseluruhan soal adalah 30%, 34% siswa tidak memahami konsep dan 36% siswa mengalami miskonsepsi. Selain itu, dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam pemilihan jawaban dan alasan jawaban sebesar 61% bersumber dari pendapat pribadi siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah miskonsepsi yang terjadi diakibatkan oleh kesalahan siswa dalam aplikasikan konsep yang diterima ke dalam soal yang diberikan, dan siswa cenderung memilih jawaban dan alasan yang tepat ketika soal yang diberikan dilengkapi dengan gambar dan hanya membutuhkan satu langkah untuk mendapatkan jawaban yang benar. Kata kunci: CRI, Gelombang, Miskonsepsi, Six-Tier Test. ii ABSTRACT DEVELOPMENT OF SIX - TIER DIAGNOSTIC TEST WITH CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) AS AN INSTRUMENT TO IDENTIFY STUDENT MISCONCEPTION ON WAVE Oleh AUVI WINANDRI UTAMI NIM: 24721007 0DVWHU¶V3URJUDPLQ3K\VLFV7HDFKLQJ The concept of waves is essential in physics learning. This study aims to obtain a six-level diagnostic test instrument accompanied by a Certainty of Response Index (CRI) and use it to identify students' level of conceptual understanding and misconceptions on wave. This study used the Research and Development (R&D) method with a sample of 220 students. Misconception data was obtained using a misconception test in the form of multiple-choice questions. There are 32 questions with six stages consisting of multiple choices answer, the level of confidence in choosing answers, the source of answer choices, the choice of reasons in answering questions, the level of confidence in selecting causes, and the source of students' reasons in answering the questions. The results showed that the percentage of students who understood the concept in the whole question was 30%, 34% did not understand the concept, and 36% had misconceptions. In addition, 61% of students chose answers and reasons for solutions based on personal opinions. The conclusion is that misconceptions are caused by student errors in applying the concepts received in the given problem, and students tend to choose the correct answers and reasons when the issue presented is equipped with a picture and only requires one step to get the correct answer. Keywords: CRI, Wave, Misconception, Six-Tier Test. iii PENGEMBANGAN SIX- TIER DIAGNOSTIC TEST DISERTAI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) SEBAGAI INSTRUMEN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG HALAMAN PENGESAHAN Oleh AUVI WINANDRI UTAMI NIM: 24721007 (Program Studi Magister Pengajaran Fisika) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing Tanggal, 06 Juli 2023 (Dr. Siti Nurul Khotimah, M.Sc) iv PEDOMAN PENGGUNAAN PROYEK AKHIR Proyek akhir Magister tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapI pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya Sitasi hasil penelitian proyek akhir ini dapat di tulis dalam bahan Indonesia sebagai berikut: Utami, AW. (2023): Pengembangan Six-Tier Diagnostic Test Disertai Certainty of Response Index (CRI) Sebagai Instrumen Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Gelombang, Proyek Akhir Program Magister, Institut Teknologi Bandung. Dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Utami, AW. (2023): Development of a Six-Tier Diagnostic Test Accompanied by a Certainty of Response Index (CRI) as an Instrument for Identifying Student Misconceptions on Wave, 0DVWHU¶V7KHVLV,QVWLWXW7HNQRORJL Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh proyek akhir haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. v Proyek akhir ini dipersembahkan kepada orang tua yang telah berjuang keras agar saya mendapat ilmu yang baik di tempat yang terbaik, dan juga adik saya tercinta yang senantia mendukung lahir dan bathin. Tidak lupa teman-teman yang selalu mendukung dan memberikan bantuan moril vi KATA PENGANTAR Proyek akhir ini dapat selesai karena adanya dukungan dan bantuan dari banyak pihak. Saya ingin mengucapkan terimakasih secara khusus. Terutama kepada pembimbing saya, Ibu Siti Nurul Khotimah yang telah membimbing saya dengan sabar, memberikan pelajaran yang tak ternilai, saran dan kritik yang membangun, dan telah meluangkan waktunya. Selain itu saya ingin berterimakasih kepada para guru, diantaranya Ibu Rahmi Yulia Angraini, Ibu Dwi Ernita dan Ibu Desti Armelia yang telah membantu saya dalam melakukan penelitian. Saya berterimakasih kepada penguji proyek akhir saya, Bapak Triyanta atas kritik dan saran yang membangun. Saya juga berterimakasih kepada siswa SMA N 3 Subang, SMA N 1 Lubuk Sikaping, dan SMA N 10 Padang yang telah bersedia menjadi responden saya sehingga saya dapat menyelesaikan proyek akhir ini tepat waktu. Terima kasih secara khusus kepada orang tua saya Ibu Trisusi Lawati dan Bapak Edwin Aldrin yang telah memberikan motivasi, dukungan dan cinta yang begitu besar. Tidak lupa kepada adik saya Alfharid Winandri, yang tanpa lelah memberikan saya dukungan dan perhatian setiap harinya vii DAFTAR ISI ABSTRAK ................................................................................................................................. i ABSTRACT .............................................................................................................................. ii HALAMAN PENGESAHAN .................................................................................................. iii PEDOMAN PENGGUNAAN PROYEK AKHIR ....................................................................iv KATA PENGANTAR ..............................................................................................................vi DAFTAR ISI ........................................................................................................................... vii DAFTAR LAMPIRAN .......................................................................................................... viii DAFTAR GAMBAR ................................................................................................................ix DAFTAR TABEL .....................................................................................................................xi DAFTAR SINGKATAN DAN LAMBANG .......................................................................... xii Bab I Pendahuluan ................................................................................................................. 1 I.1 Latar Belakang ............................................................................................... 1 I.2 Masalah Penelitian ......................................................................................... 4 I.3 Batasan Masalah ............................................................................................. 5 I.4 Tujuan Penelitian ............................................................................................ 5 I.5 Metode Penelitian ........................................................................................... 5 I.6 Manfaat Penelitian .......................................................................................... 5 I.7 Sistematika Penulisan ..................................................................................... 6 Bab II Tinjauan Pustaka........................................................................................................... 7 II.1 Miskonsepsi .................................................................................................... 7 II.2 Tes Diagnostik ................................................................................................ 8 II.3 Six-Tier Diagnostic Test ................................................................................. 9 II.4 Certainty of Response Index (CRI) ............................................................... 10 II.5 Materi Gelombang ........................................................................................ 11 Bab III Metode Penelitian ....................................................................................................... 43 III.1 Metode Pengembangan ................................................................................ 43 III.2 Prosedur Pengembangan .............................................................................. 43 III.2.1 Tahap Pendefinisian (Define) ........................................................................ 43 III.2.2 Tahap Perancangan (Design) ......................................................................... 43 III.2.3 Tahap Pengembangan (Develop) ................................................................... 44 III.2.4 Tahap Penyebaran (Disseminate) .................................................................. 44 III.3 Uji Coba Produk ........................................................................................... 44 III.3.1 Subjek Uji Coba ............................................................................................. 44 III.3.2 Jenis Data ....................................................................................................... 44 III.3.3 Instrumen Pengumpulan Data ........................................................................ 45 III.4 Teknik Analisis Data .................................................................................... 45 III.4.1 Analisis Miskonsepsi ..................................................................................... 45 Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan ............................................................................... 47 IV.1 Tahap Pendefinisian ..................................................................................... 47 IV.2 Tahap Perancangan ...................................................................................... 48 IV.3 Tahap Pengembangan .................................................................................. 48 IV.4 Tahap Penyebaran (Disseminate) ................................................................. 49 IV.5 Analisis Uji Coba ......................................................................................... 49 Bab V Kesimpulan ................................................................................................................. 70 DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................................. 71 LAMPIRAN ............................................................................................................................. 73 viii DAFTAR LAMPIRAN Lampiran A. Tampilan Intrumen Pada Google Form ........................................... 73 Lampiran B. Pengolahan Data Miskonsepsi ......................................................... 75 Lampiran C. Dokumentasi Pengambilan Data ...................................................... 78 Lampiran D. Instrumen Soal Miskonsepsi ............................................................ 80 ix DAFTAR GAMBAR Gambar II.1 Gelombang Sinusoidal (a) U terhadap T saat PLr, (b) Uterhadap P pada posisi TLT 5 .................................................................................. 12 Gambar II.2 Simulasi gelombang tali pada rapat linear tetap dengan variasi gaya tegangan tali (a) 10 N, (b) 30 N, (c) 50 N, (d) 70 N ............................... 14 Gambar II.3 Hubungan panjang gelombang dan gaya tegangan tali .................... 14 Gambar II.4 Simulasi gelombang tali dengan memvariasikan massa tali (a) ráz H sr . 7 kg/m, (b) sáx H sr . 7 kg/m, (c) táv H sr . 7 kg/m, (d) uát H sr . 7 kg/m ..................................................................................... 15 Gambar II.5 Grafik hubungan masssa tali dan panjang gelombang ..................... 16 Gambar II.6 Simulasi gelombang tali dengan memvariasikan frekuensi (a) 50 Hz, (b) 100 Hz, (c) 150 Hz, (d) 200 Hz ......................................................... 16 Gambar II.7 Simulasi gelombang permukaan air dengan empat muka gelombang dengan amplitudo (a) # 5, (b) # 6, (c) # 7, (d) # 8 ..................................... 18 Gambar II.8 Muka Gelombang Air ....................................................................... 18 Gambar II.9 Hubungan Amplitudo dan sN ......................................................... 19 Gambar II.10 Simulasi gelombang permukaan air dengan memvariasikan amplitudo sumber (a) # 4, (b) ráx# 4, (c) ráv# 4, (d) rát# 4................... 20 Gambar II.11 Simulasi gelombang permukaan air dengan memvariasikan frekuensi sumber (a) B 4, (b) ráxB 4, (c) rávB 4, (d) rátB 4 ........................ 21 Gambar II.12 Skema gelombang sinusoidal dari hasil simulasi (a) Enam muka gelombang, (b) Lima muka gelombang, (c) Empat muka gelombang, (d) Tiga muka gelombang ............................................................................ 22 Gambar II.13 Simulasi gelombang bunyi dengan empat muka gelombang dengan amplitudo (a) # 5, (b) # 6, (c) # 7, (d) # 8 ..................................................