ANALISIS PEMILIHAN DAN PERSEPSI PELAYANAN MODA ANGKUTAN BUS DAN MOBIL TRAVEL AGENT SEBAGAI MODA ANGKUTAN REGIONAL (Studi Kasus Simpang Empat, Pasaman Barat – Padang) TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh AHMAD AL HAFIZ NIM: 24221012 (Program Studi Magister Transportasi) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Tahun 2023 i ABSTRAK ANALISIS PEMILIHAN DAN PERSEPSI PELAYANAN MODA ANGKUTAN BUS DAN MOBIL TRAVEL AGENT SEBAGAI MODA ANGKUTAN REGIONAL (Studi Kasus Simpang Empat, Pasaman Barat – Padang) Oleh AHMAD AL HAFIZ NIM: 24221012 (Program Studi Magister Transportasi) Kebutuhan penduduk Pasaman barat akan transportasi umum tidak dapat dihindari karena penduduk terdiri dari berbagai macam latar belakang sosial dan ekonomi. Pertumbuhan penduduk Pasaman Barat cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya sebesar 1,03% (2021) sehingga diperlukan suatu layanan transportasi yang dapat menarik minat masyarakat agar mau menggunakan transportasi umum. Angkutan umum di Pasaman Barat khususnya dari Simpang Empat ke Kota Padang hanya terdapat 2 tipe moda saja yaitu moda angkutan bus dan moda mobil travel agent. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui daya saing dan kompetisi moda angkutan bus dan mobil travel agent sebagai angkutan regional guna meningkatkan penggunaan transportasi umum. Penelitian ini menggunakan 174 sampel yang merupakan responden secara stratified random yang berdomisili di Simpang Empat. Responden mengisi kuesioner yang dibagikan secara offline dan online. Metode analisis data dengan menggunakan binary logit untuk stated choice dan Importance Performance of Analysis (IPA). Pemilihan moda angkutan dipengaruhi oleh jenis kelamin, jenis pekerjaan, kepemilikan mobil, dan frekuensi menggunakan moda angkutan bus dalam setahun. Variabel stated choice yang berpengaruh hanya headway bus. Probabilitas pemilihan moda bus yaitu sebesar 44,23%, sedangkan probabilitas responden memilih untuk menggunakan moda mobil travel agent agent yaitu sebesar 55,77%. Pelayanan dari atribut angkutan bus yang memiliki tingkat kinerja dan kepentingan tinggi yaitu: sopir mengemudi dengan tertib, sopir ramah kepada penumpang, tempat duduk tidak berdesakan, dan kebersihan di dalam bus optimal. Atribut yang perlu ditingkatkan yaitu: keamanan barang di ruang tunggu maupun di dalam kendaraan baik, tersedianya peralatan keselamatan (P3K), adanya ii fasilitas pengatur suhu di dalam kendaraan, dan adanya larangan merokok di dalam kendaraan. Sedangkan untuk atribut mobil travel agent yang tingkat kinerja dan kepentingan tinggi yaitu: keamanan barang di ruang tunggu maupun di dalam kendaraan baik, sopir mengemudi dengan tertib, adanya fasilitas pengatur suhu di dalam kendaraan, sopir ramah kepada penumpang, kebersihan di dalam bus optimal, penumpang mudah memesan tiket angkutan, dan sopir berhenti seperlunya saat menaikkan dan menurunkan penumpang. Atribut yang kinerjanya harus ditingkatkan yaitu: tersedianya peralatan keselamatan (P3K), adanya larangan merokok di dalam kendaraan, dan tempat duduk tidak berdesakan. Kata kunci: angkutan umum, angkutan regional, pemilihan moda, stated choice, logit binomial, importance performance of analysis. iii ABSTRACT ANALYSIS OF SELECTION AND SERVICE PERCEPTIONS OF BUS AND TRAVEL AGENT CAR MODES AS REGIONAL TRANSPORTATION MODES (Case Study Simpang Empat, West Pasaman - Padang) By AHMAD AL HAFIZ NIM: 24221012 (Master’s Program in Transportation) The need for West Pasaman residents for public transportation is inevitable because the population consists of a variety of social and economic backgrounds. The population growth of West Pasaman tends to increase every year by 1,03% (2021) so that a transportation service is needed that can attract people to want to use public transportation. Public transportation in West Pasaman, especially from Simpang Empat to Padang City, there are only 2 types of modes, namely bus transportation modes and travel agent car transportation modes. The purpose of this study was to determine the competitiveness and competition of bus and travel agent modes as regional transportation to increase the use of public transportation. This study uses 174 samples which are stratified random respondents who live in Simpang Empat. Respondents filled out questionnaires distributed offline and online. Data analysis methods using binary logit for stated choice and Importance Performance of Analysis (IPA). The choice of transportation mode is influenced by gender, type of work, car ownership, and frequency of using bus transportation modes in a year. The only influential stated choice variable is bus headway. The probability of choosing the bus mode is 44.23%, while the probability of respondents choosing to use the travel agent agent car mode is 55.77%. Services from bus transportation attributes that have a high level of performance and importance are: the driver drives in an orderly manner, the driver is friendly to passengers, the seats are not crowded, and the cleanliness in the bus is optimal. Attributes that need to be improved are: security of goods in the waiting room and inside the vehicle is good, the availability of safety equipment (first aid kit), the presence of temperature control facilities in the vehicle, and the prohibition of smoking in the vehicle. As for the attributes of travel agent cars with high levels of performance iv and importance, namely: security of goods in the waiting room and inside the vehicle is good, the driver drives in an orderly manner, there are temperature control facilities in the vehicle, the driver is friendly to passengers, cleanliness in the bus is optimal, passengers can easily order transportation tickets, and the driver stops as needed when loading and unloading passengers. Attributes whose performance must be improved are: the availability of safety equipment (P3K), the prohibition of smoking in the vehicle, and the seats are not crowded. Keywords: public transport, regional transport, mode choice, stated choice, binomial logit, importance performance of analysis. v HALAMAN PENGESAHAN ANALISIS PEMILIHAN DAN PERSEPSI PELAYANAN MODA ANGKUTAN BUS DAN MOBIL TRAVEL AGENT SEBAGAI MODA ANGKUTAN REGIONAL (Studi Kasus Simpang Empat, Pasaman Barat – Padang) Oleh AHMAD AL HAFIZ NIM: 24221012 (Program Studi Magister Transportasi) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing Tanggal September 2023 Pembimbing Dr. I Gusti Ayu Andani, S.T, M.T. NIP. 199012212015042002 vi PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Al Hafiz Ahmad. (2023): Analisis Pemilihan Dan Persepsi Pelayanan Moda Angkutan Bus Dan Mobil Travel Agent Sebagai Moda Angkutan Regional. Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Al Hafiz Ahmad. (2023): Analysis Of Selection And Service Perceptions Of Bus And Travel Agent Car Modes As Regional Transportation Modes, Institut Teknologi Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung vii KATA PENGANTAR Alhamdulillahirobbil a’lamiin segala puji bagi Allah Subhanahu wataa’la atas rahmat dan karunia yang diberikan-Nya, penulis telah dapat menyelesaikan tesis yang berjudul "Analisis Pemilihan Dan Persepsi Pelayanan Moda Angkutan Bus Dan Mobil Travel Agent Sebagai Moda Angkutan Regional" sebagai salah satu persyaratan kelulusan dalam program studi Magister Transportasi, Institut Teknologi Bandung. Penulis mengakui bahwa tesis ini masih belum sempurna dan menyadari bahwa tanpa dukungan, bantuan, dan bimbingan dari berbagai pihak, akan menjadi sulit bagi penulis untuk menyelesaikan tesis ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu dari hati yang paling dalam penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: 1. Orang tua, saudara, dan adek-adek tercinta yang selalu mendukung dan mendoakan penulis dalam menyelesaikan Pendidikan Pascasarjana Program Studi Transportasi, Institut Teknologi Bandung ini. 2. Adiwan Fahlan Aritenang, S.T., M. GIT., Ph.D selaku Ketua Program Studi Magister Transportasi Institut Teknologi Bandung. 3. Dr. I Gusti Ayu Andani, S.T., M.T, selaku dosen wali dan pembimbing penulis yang telah bersedia sepenuh hati membantu dan mengayomi penulis selama masa studi serta memberi arahan dan solusi di setiap langkah dan permasalahan dalam penyelesaian tesis ini.