POTENSI PENERAPAN AREA TRAFFIC CONTROL SYSTEM (ATCS) DI KOTA AMBON TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh PETRICK YOSHUEL HENDRIKS NIM: 24221015 (Program Studi Magister Transportasi) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2023 i ABSTRAK POTENSI PENERAPAN AREA TRAFFIC CONTROL SYSTEM (ATCS) DI KOTA AMBON Oleh Petrick Yoshuel Hendriks NIM: 24221015 (Program Studi Magister Transportasi) Area Traffic Control System yang adalah bagian dari Intelligent Transportation System yang bertujuan mengkoordinasi persimpangan bersinyal sesuai lalu lintas di lapangan secara real time. Penerapannya diharapkan memberi dampak positif pada kondisi lalu lintas di persimpangan dan jaringan transportasi secara keseluruhan. Kota Ambon yang merupakan ibukota provinsi Maluku sudah direncanakan penerapan Area Traffic Control System dari tahun 2018 tapi belum ada penerapannya sampai saat ini. Kota Ambon juga memiliki peningkatan pertumbuhan kendaraan dan tingkat kecelakaan tiap tahun. Oleh karena itu sebelum penerapannya, diperlukan penelitian untuk mencari titik potensi penerapan Area Traffic Control System di kota Ambon. Penelitian difokuskan pada enam persimpangan bersinyal di pusat kota Ambon. Dilakukan perumusan kriteria dan sub kriteria yang mempengaruhi pemilihan lokasi penerapan Area Traffic Control System di pusat kota Ambon dengan metode Analytical Hierarchy Process sebagai bobot untuk analisis skoring untuk menentukan prioritas untuk penerapan pada enam persimpangan tersebut. Berdasarkan hasil Analytical Hierarchy Process didapatkan kriteria yang paling mempengaruhi adalah kinerja jalan dengan bobot sebesar 58,4% dibandingkan dua kriteria lainnya. Dari tiga belas sub kriteria, sub kriteria yang paling mempengaruhi tiap-tiap kriteria adalah sub kriteria VC ratio untuk kriteria kinerja jalan dengan bobot 68,7%, sub kriteria jarak menuju persimpangan terdekat untuk kriteria geometrik jalan dengan bobot 32,5%, dan sub kriteria kawasan komersial untuk kriteria tata guna lahan dengan bobot 38,1%. Persimpangan Al-Fatah memiliki skor tertinggi yakni 3,851 dari enam persimpangan yang diteliti. Akan tetapi kelima persimpangan lainnya juga direkomendasikan untuk penerapan Area Traffic Control System karena memiliki skor yang cukup yakni lebih besar dari 3,5. Penerapan ATCS lebih optimal pada persimpangan dengan ruas jalan yang memiliki VC ratio tidak terlalu tinggi, memiliki jarak cukup dekat dengan persimpangan berikutnya dan terletak di kawasan dengan mayoritas aktivitas komersial. Penelitian ini dapat di replikasi untuk kasus serupa dalam penentuan lokasi ATCS terkhususnya untuk kota yang memiliki karakteristik seperti kota Ambon. Kata kunci: Area Traffic Control System, Intelligent Transportation System, Analytic Hierarchy Process ii ABSTRACT POTENTIAL IMPLEMENTATION OF AREA TRAFFIC CONTROL SYSTEM (ATCS) IN AMBON CITY By Petrick Yoshuel Hendriks NIM: 24221015 (Master’s Program in Transportation) The Area Traffic Control System is an integral part of the Intelligent Transportation System. It aims to coordinate signalized intersections in real-time based on on-the- ground traffic conditions. Its intended implementation is expected to have an overall positive impact on traffic conditions at intersections as well as the transportation network. Despite the initial plan to implement the Area Traffic Control System in Ambon City, the capital of Maluku province in 2018, there has been no implementation at present. Ambon City experiences an annual increase in vehicle growth and accident rates. Hence, conducting research to identify potential locations for deploying the Area Traffic Control System in Ambon City is imperative. The study centered on six signalized intersections in the heart of Ambon City. The selection of locations for implementing the Area Traffic Control System in Ambon city center was determined by formulating criteria and sub-criteria through the Analytical Hierarchy Process method, which acted as weights for scoring analysis. The priorities for implementation were then assessed at six intersections. Based on the findings from the Analytic Hierarchy Process, road performance is the most influential criterion with a weight of 58,4% compared to the other two criteria. Of the thirteen sub-criteria, only three greatly impact each criterion. The VC ratio sub-criteria have the most impact on road performance criteria, accounting for 68,7% of the weight. The distance to the nearest intersection sub-criteria is most important for road geometric criteria, weighing 32,5%. Regarding land use criteria, the commercial area sub-criteria carry the most weight with a percentage of 38,1%. Out of the six intersections studied, Al- Fatah intersection received the highest score of 3,851. However, ATCS application is recommended at all six intersections as they score greater than 3,5. Intersections with road sections having a low VC ratio, short distance to the next intersection, and commercial areas are more optimal for ATCS implementation. This research may be replicated to determine the location of ATCS for similar cases, particularly in cities with characteristics similar to Ambon. Keyword: Area Traffic Control System, Intelligent Transportation System, Analytic Hierarchy Process iii HALAMAN PENGESAHAN POTENSI PENERAPAN AREA TRAFFIC CONTROL SYSTEM DI KOTA AMBON Oleh PETRICK YOSHUEL HENDRIKS NIM: 24221015 (Program Studi Magister Transportasi) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing Tanggal ……………….. Dr. I Gusti Ayu Andani, ST., MT. NIP. 19901221 201504 2 002 iv PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Hendriks, P. Y. (2023): Potensi Penerapan Area Traffic Control System di kota Ambon, Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam Bahasa Inggris sebagai berikut: Hendriks, P. Y. (2023): Potential Application of Area Traffic Control System in Ambon City, Master’s Thesis, Institut Teknologi Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. v This thesis is dedicated to: The Lord Jesus Christ who gives new life, as well as strength and wisdom by the Holy Spirit in completing this this study. My late father, mother and beloved siblings, thank you for their prayers, blessings and support. May God Almighty always protect us, Amen. “Trust in the LORD with all your heart and lean not on your own understanding; in all your ways submit to Him, and He will make your paths straight.” Proverbs 3:5-6 vi KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kebaikan dan anugerah-Nya sehingga tesis ini dapat diselesaikan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pasca sarjana di Institut Teknologi Bandung. Dalam penulisan tesis ini, penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyajian tesis ini, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk bahan evaluasi dan kemajuan kita bersama. Topik tesis ini berisi tentang potensi penerapan ATCS di pusat kota Ambon.