25 Bab III Metodologi Penelitian Pada bab ini akan dijelaskan tentang pendekatan, tahapan dan variabel penelitian, kemudian bagaimana teknik pengumpulan data dan teknik analisa data. Dua sasaran dalam penelitian tentang level kesiapsiagaan, serta peluang dan tantangan terhadap bencana tsunami ini dianalisa dengan metode yang berbeda. Pada sasaran pertama akan menggunakan metode kuantitatif pembobotan dan sasaran kedua akan menggunakan metode deskriptif kualitatif. III.1 Tahapan Penelitian Dalam penelitian, penyusunan tahapan penelitian diperlukan untuk menjaga integritas dan kualitas penelitian untuk beberapa alasan penting sebagai berikut: 1. Memastikan keberhasilan dan kualitas penelitian; dengan menggunakan tahapan penelitian maka akan membantu dan mengarahkan jalannya penelitian menjadi terstruktur, lebih terorganisir dan efisien. Hal ini membantu memastikan bahwa semua aspek penelitian telah dipertimbangkan dengan baik, seperti rumusan masalah, desain penelitian yang tepat, pengumpulan data yang valid, analisis yang akurat, dan interpretasi yang benar. 2. Mencegah kesalahan dan bias; dengan melibatkan proses yang terstruktur, peneliti dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah metodologis, mengontrol variabel-variabel yang mungkin mempengaruhi hasil, dan memastikan bahwa data yang dikumpulkan dengan cara yang obyektif. Hal ini akan membantu meminimalkan risiko bias dalam penelitian dan meningkatkan keandalan dan validitas temuan. 3. Memaksimalkan validitas internal dan eksternal; validitas internal berkaitan dengan sejauh mana hasil penelitian mencerminkan hubungan sebab-akibat yang sebenarnya antara variabel yang diteliti, sedangkan validitas eksternal berkaitan dengan sejauh mana hasil penelitian dapat diterapkan atau umumkan pada populasi atau situasi yang lebih luas. Hal ini membantu peneliti dalam mengontrol varibel-varibel yang memperngaruhi validitas 26 internal, serta merancang desain penelitian yang memungkinkan generalisasi hasil penelitian. 4. Memastikan etika penelitian; peneliti harus memastikan bahwa penelitian tersebut memenuhi syarat etika dan norma-norma penelitian yang berlaku. Hal ini termasuk memperoleh persetujuan etika jika diperlukan, menjaga kerahasiaan dan privasi peserta/responden/informan penelitian, memastikan keadilan dan perlakukan yang adil, dan menghindari penelitian yang merugikan. 5. Mengkomunikasikan dan mempublikasikan temuan; tahapan dalam penelitian juga membantu dalam penyusunan laporan penelitian yang jelas dan sistematis. Dengan laporan penelitian yang baik, peneliti dapat mengkomunikasikan temuan mereka kepada komunitas ilmiah dan berkontribusi untuk pengetahuan baru di bidang yang diteliti. Hal ini memungkinkan temuan tersebut digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan pembuatan kebijakan yang lebih baik. Sehingga kemudian penelitian ini disusun dalam tiga tahapan sebagai berikut: 1. Tahap persiapan, yang dimulai dengan mengidentifikasi masalah dan isu terkait kondisi kebencanaan tsunami di wilayah selatan pulau Jawa Timur terutama di lokasi studi. Kemudian dilakukan studi literatur terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang terkait dengan isu yang sama untuk menemukan literature gap. Langkah selanjutnya adalah menyusun latar belakang, pertanyaan penelitian, tujuan dan metode penelitian yang akan digunakan, serta menyusun variabel dan instrumen penelitian yang dibutuhkan. 2. Tahap pengambilan data, yang dilakukan sesuai dengan daftar kebutuhan yang disusun pada tahap sebelumnya, yaitu data primer dan sekunder yang dibutuhkan untuk menjawab penelitian. Karena penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, maka data primer didapatkan dari kuesioner dan wawancara kepada responden masyarakat di lokasi studi dan ditambah dengan hasil observasi lapangan. Sedangkan data sekunder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