ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN TOL CIPALI TERHADAP AKTIVITAS EKONOMI PERDAGANGAN DAN JASA PADA WILAYAH YANG DILALUI TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh ISYA’ SYA’BANA NIM: 24021008 (Program Studi Magister Studi Pembangunan) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Juli 2023 i ABSTRAK ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN TOL CIPALI TERHADAP AKTIVITAS EKONO MI PERDAGANGAN DAN JASA PADA WILAYAH YANG DILALUI Oleh Isya’ Sya’bana NIM: 24021008 (Program Studi Magister Studi Pembangunan) Kebijakan percepatan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu arah kebijakan umum pembangunan dalam RPJMN 2015-2019 dan RPJMN 2020-2024 di mana salah satu program prioritasnya adalah pembangunan jalan tol dengan target 2.500 km jalan tol baru terbangun termasuk di dalamnya tol Trans Jawa dari Merak sampai Banyuwangi terhubung pada 2024. Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) sepanjang 116 km merupakan bagian dari tol Trans Jawa yang memiliki keunikan tersendiri yaitu sebagai ruas tol terpanjang di Pulau Jawa. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan, pelaksanaan kebijakan/program/kegiatan perlu dilakukan evaluasi untuk menilai keberhasilannya di mana keberhasilan kebijakan publik dapat dilihat dari perbandingan antara hasil yang diperoleh dengan tujuan yang telah ditentukan dalam kebijakan publik tersebut, sementara itu sesuai PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol dinyatakan bahwa tujuan tol adalah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan serta peningkatan efisiensi guna menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi, sehingga sangatlah penting untuk melakukan evaluasi dampak pembangunan tol Cipali terhadap perekonomian wilayah yang dilaluinya. Penelitian ini membatasi lingkup wilayah penelitian pada desa, dan menggunakan data Potensi Desa (Podes) 2014 dari BPS sebagai data pre treatment dan data Podes 2019 sebagai data post treatment di mana data Podes yang digunakan terdiri dari variabel kovariat/karakteristik desa yaitu kepadatan penduduk, mata pencaharaian, jenis permukaan jalan, dan sumber air minum serta variabel outcome aktivitas ekonomi perdagangan dan jasa yang terdiri dari rasio pasar non permanen, rasio minimarket, rasio warung kelontong, rasio restoran, rasio warung makan, dan rasio hotel dan penginapan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif nilai mean dan standar deviasi untuk menjawab sasaran penelitian terkait identifikasi kondisi dan pertumbuhan aktivitas ekonomi perdagangan dan jasa pada periode sebelum dan setelah terbangunnya tol Cipali pada desa di kabupaten yang dilalui tol Cipali, serta menggunakan metode ii Difference ini Differences (DiD) yang dikombinasikan dengan Prospensity Score Matching (PSM) dan Prospensity Score Weighting (PSW) untuk mengidentifikasi dampak tol Cipali terhadap aktivitas ekonomi perdagangan dan jasa wilayah yang dilalui tol Cipali. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketimpangan/ketidakmerataan persebaran keberadaan hampir seluruh indikator outcome aktivitas ekonomi perdagangan dan jasa di desa pada kabupaten yang dilalui tol Cipali yang digunakan pada penelitian ini yaitu pasar non permanen, minimarket, restoran, warung makan, serta hotel dan penginapan kecuali indikator outcome warung kelontong, baik pada periode sebelum (2014) dan setelah (2019) treatment pembangunan tol Cipali. Dari hasil uji-t berpasangan, diketahui hampir seluruh variabel outcome (pasar non permanen, minimarket, warung kelontong, restoran, dan warung makan) mengalami perubahan signifikan dari baseline (2014) ke after treatment (2019) kecuali variabel outcome hotel & penginapan. Kemudian hasil dari estimasi dampak tol menunjukkan perbedaan signifikan positif variabel outcome minimarket, restoran, dan warung makan yang menandakan bahwa secara rata-rata, setelah adanya pembangunan jalan tol Cipali tren peningkatan variabel outcome di desa yang dilalui tol Cipali lebih tinggi sebesar hasil estimasi koefisien jika dibandingkan dengan desa yang tidak dilalui tol pada kabupaten yang sama. Untuk variaabel outcome warung kelontong hasil estimasi dampaknya adalah signifikan negatif, sedangkan variabel pasar non permanen serta hotel dan penginapan hasilnya adalah tidak signifikan berubah. Penelitian ini dapat memberikan tambahan wawasan tentang bagaimana identifikasi kondisi dan perkembangan indikator perekonomian sektor perdagangan dan jasa desa pada kabupaten yang dilalui tol Cipali sebelum dan setelah pembangunan tol Cipali dan efek pembangunan tol Cipali terhadap indikator perekonomian sektor perdagangan dan jasa desa yang dilaluinya. Studi kami dapat menunjukkan dampak dari pembangunan jalan tol terhadap perekonomian sektor perdagangan dan jasa desa yang dilaluinya. Temuan kami menyoroti perlunya intervensi kebijakan pemerintah untuk lebih memicu efek positif terhadap perekonomian wilayah yang dilalui oleh tol yang dibangun. Kata kunci: Cipali, ekonomi, wilayah, evaluasi, dampak, kebijakan iii ABSTRACT ANALYSIS OF THE IMPACT OF CIPALI TOLL ROAD ON ECONOMIC ACTIVITIES OF TRADE AND SERVICES IN THE PASSED AREA By Isya’ Sya’bana NIM: 24021008 (Master’s Program in Develompent Studies) The policy of accelerating infrastructure development is one of the general development policy directions in the RPJMN 2015-2019 and RPJMN 2020-2024 where one of the priority programs is toll road development with a target of 2,500 km of new toll roads built including the Trans Java toll road from Merak to Banyuwangi connected by 2024. The 116 km Cikampek-Palimanan (Cipali) toll road is part of the Trans Java toll road which has its own uniqueness, namely as the longest toll road in Java. In accordance with Government Regulation (PP) Number 39 of 2006 concerning Procedures for Control and Evaluation of the Implementation of Development Plans, the implementation of policies/programs/activities needs to be evaluated to assess its success where the success of public policy can be seen from the comparison between the results obtained with the objectives specified in the public policy, while according to PP Number 15 of 2005 concerning Toll Roads it is stated that the purpose of toll roads is to realize equitable development and increase efficiency in order to support increased economic growth, so it is very important to evaluate the impact of Cipali toll road development on the economy of the area through which it passes. This study limits the scope of the research area to villages, and uses 2014 Village Potential (Podes) data from BPS as pre-treatment data and 2019 Podes data as post-treatment data where the Podes data used consists of covariate variables / characteristics of villages, namely population density, livelihoods, types of road surfaces, and drinking water sources and outcome variables of trade and service economic activities consisting of non-permanent market ratios, minimarket ratios, grocery stall ratios, restaurant ratios, food stall ratios, and hotel and lodging ratios. This study uses descriptive analysis methods of mean and standard deviation values to answer research objectives related to the identification of conditions and growth of trade and service economic activities in the period before and after the construction of the Cipali toll road in villages in the districts passed by the Cipali toll road, and uses the Difference these Differences (DiD) method combined with Prospensity Score Matching (PSM) and Prospensity Score Weighting (PSW) to identify the impact of the Cipali toll road on trade and service economic activities in the area passed by the Cipali toll road. iv The results showed the existence of inequality in the distribution of the existence of almost all outcome indicators of trade and service economic activities in villages in the districts passed by the Cipali toll road used in this study, namely non-permanent markets, minimarkets, restaurants, food stalls, and hotels and inns except the outcome indicator of grocery stalls, both in the period before (2014) and after (2019) treatment of Cipali toll road construction. From the results of the paired t-test, it is known that almost all outcome variables (non-permanent markets, minimarkets, grocery stalls, restaurants, and food stalls) experienced significant changes from baseline (2014) to after treatment (2019) except for the outcome variable of hotels & inns. Then the results of the toll impact estimation show a positive significant difference in the outcome variables of minimarkets, restaurants, and food stalls which indicates that on average, after the construction of the Cipali toll road, the trend of increasing outcome variables in villages passed by the Cipali toll road is higher by the estimated coefficient when compared to villages not passed by the toll road in the same district. For the outcome variable of grocery stalls, the estimated impact is significantly negative, while the variables of non-permanent markets and hotels and inns are not significantly changed. This study can provide additional insight into how the identification of the condition and development of economic indicators of the trade and services sector of the village in the districts passed by the Cipali toll road before and after the construction of the Cipali toll road and the effect of the construction of the Cipali toll road on the economic indicators of the trade and services sector of the village through which it passes. Our study is able to show the impact of toll road construction on the trade and service sector economy of the villages through which it passes. Our findings highlight the need for government policy intervention to further trigger positive effects on the economy of the areas through which the toll roads are built. Keywords: Cipali, economy, area, evaluation, impact, policy v ANALISIS DAMPAK PEMBANGU NAN TOL CIPALI TERHADAP AKTIVITAS EKONOMI PERDAGANGAN DAN JASA PADA WILAYAH YANG DILALUI Oleh Isya’ Sya’bana NIM: 24021008 (Program Studi Magister Studi Pembangunan) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing Tanggal Juli 2023 Adenantera Dwicaksono, ST., M.Ds., Ph.D vi PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Masgister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam Bahasa Indonesia sebagai berikut: Sya’bana, I. (2023): Analisis Dampak Pembangunan Tol Cipali terhadap Aktivitas Ekonomi Perdagangan dan Jasa pada Wilayah yang Dilalui, Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam Bahasa Inggris sebagai berikut: Sya’bana, I. (2023): Analysis of the Impact of Cipali Toll Road on Economic Activities of Trade and Services in the Passed Area, Master’s Thesis, Institut Teknologi Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. vii Dipersembahkan untuk istri dan anak tercinta Titania dan Ghaisan Abqory, orang tua yang telah merawat dan mendidik sehingga mencapai titik ini, keluarga besar Agus Sanyoto, Pak Adenantera yang dengan baik dan sabar membimbing pengerjaan tesis ini, bapak ibu dosen MSP, bapak ibu tenaga kependidikan MSP, teman-teman MSP Pusbindiklatren Bappenas 2021 kompak selalu, teman-teman MSP Ganjil 2021 dan Genap 2022, teman- teman satu kelompok studio yang keren banget dan teman-teman kelas studio MSP 2022 yang juga keren, teman-teman satu bimbingan tesis yang telah sama-sama berjuang, dan Mas Ricky Firmansyah yang telah banyak membantu sekaligus sebagai rekan diskusi yang sangat baik ketika menjalani perkuliahan ini serta yang paling utama dipersembahkan kepada Yang Maha Kuasa Allah SWT. viii KATA PENGANTAR Assalaamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh. Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat, nikmat, dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tesis ini. Penyusunan tesis ini sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister pada Program Studi Masgister Studi Pembangunan Institut Teknologi Bandung. Dalam penyusunan tesis ini penulis tidak terlepas dari bantuan, bimbingan, nasihat, kritik dan pengarahan serta dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: 1. Orang tua yang selalu memberikan yang terbaik dan mendoakan tiada hentinya demi kesuksesan anaknya. 2. Istri tercinta Titania dan putra tersayang Ghaisan Abqory (Ollyk) yang memberikan motivasi, dukungan, dan dorongan luar biasa dalam segala hal khususnya dalam penyelesaian tesis ini. 3. Keluarga besar Almarhum Agus Sanyoto. 4. Bapak Adenantera Dwicaksono, ST., M.Ds., Ph.D selaku dosen pembimbing tesis yang telah membimbing dan memberi saran kepada penulis dalam menyelesaikan tesis ini. 5. Bapak/ibu dosen penguji tesis yang telah memberikan kritik dan arahan bagi penulis dalam menyelesaikan tesis ini. 6. Ketua program studi, para dosen, dan staf/tenaga kependidikan Magister Studi Pembangunan Institut Teknologi Bandung yang telah memberikan ilmu, tambahan pengetahuan, bimbingan, filosofi hidup, serta bantuan dan dukungan administrasi yang telah diberikan selama perkuliahan ini. 7. Pusbindiklatren Bappenas yang telah memberikan kesempatan dan dukungan menjadi karyasiswa MSP ITB 2021.