ANALISIS KETERLIBATAN STAKEHOLDER DALAM PROSES PENGEMBANGAN RUTE PENERBANGAN INTERNASIONAL (STUDI KASUS: BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK) TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh ATIKA HIJRIA RUSMAYANI NIM: 24221001 (Program Studi Magister Transportasi) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Juli 2023 i ABSTRAK ANALISIS KETERLIBATAN STAKEHOLDER DALAM PROSES PENGEMBANGAN RUTE PENERBANGAN INTERNASIONAL (STUDI KASUS: BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK) Oleh Atika Hijria Rusmayani NIM: 24221001 (Program Studi Magister Transportasi) Kawasan Mandalika yang terletak di Lombok NTB, ditetapkan sebagai KSPN super prioritas di Indonesia, hal tersebut mendorong pemerintah daerah provinsi NTB dalam hal ini otoritas pariwisata untuk dapat menarik wisatawan datang khususnya wisatawan mancanegara. Seiring dengan target peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, perlu diimbangi dengan peningkatan infrastruktur seperti transportasi udara yakni dengan ketersedian rute internasional yang memadai untuk dapat menjangkau wisatawan mancanegara. Bandara Lombok saat ini terdapat dua rute penerbangan internasional yaitu Singapura dan Kuala Lumpur, minimnya ketersediaan rute penerbangan internasional tersebut mendorong perlunya pengembangan rute internasional di Lombok. Dalam melakukan proses pengembangan rute internasional diperlukan keterlibatan antar pemangku kepentingan yang terkait untuk mewujudkannya. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk dapat menganalisa keterlibatan stakeholder dalam proses pengembangan rute penerbangan internasional tersebut menggunakan metode social network analysis (SNA). Untuk melakukan analisis diperlukan adanya data hasil wawancara kepada stakeholder mengenai tahapan proses pengembangan rute yang diterapkan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Selanjutnya, penelitian ini memvisualisasikan hasil pemetaan jaringan terkait keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses pengembangan rute penerbangan internasional, dimana nilai terbesar ditunjukkan pada keterlibatan otoritas pariwisata dengan maskapai penerbangan, kemudian bandar udara dengan maskapai penerbangan memiliki keterlibatan kedua terbesar dan diikuti keterlibatan antara bandar udara dengan otoritas pariwisata. Otoritas pariwisata dan maskapai penerbangan memiliki nilai relasi yang besar pada tahapan aktivitas pengembangan rute. Sementara bandar udara memiliki nilai relasi yang besar pada tahapan implementasi rute. Kata kunci: Pengembangan, Rute, Penerbangan, Internasional, Social Network Analysis (SNA) ii ABSTRACT ANALYSIS OF STAKEHOLDER INVOLVEMENT IN THE INTERNATIONAL AIR ROUTE DEVELOPMENT PROCESS (CASE STUDY: ZAINUDDIN ABDUL MADJID INTERNATIONAL AIRPORT LOMBOK) By Atika Hijria Rusmayani NIM: 24221001 (Master’s Program in Transportation) The Mandalika Special Economic Zone (Kawasan Mandalika) located in Lombok, West Nusa Tenggara (NTB), has been designated as a super-priority national tourism destination in Indonesia. This move has spurred the provincial government of NTB, specifically the tourism authorities, to attract tourists, particularly international travelers. With the goal of increasing tourist arrivals, this needs to be accompanied by infrastructure enhancements, including air transportation. Adequate international flight routes are crucial to reach foreign tourists. Currently, Lombok Airport has two international flight routes connecting to Singapore and Kuala Lumpur. The limited availability of these international flight routes necessitates the expansion of international routes in Lombok. In pursuing the development of international flight routes, the involvement of relevant stakeholders is essential to bring this to fruition. The aim of this research is to analyze stakeholder engagement in the process of developing international flight routes using the Social Network Analysis (SNA) method. To conduct the analysis, interview data with stakeholders regarding the stages of the route development process at Zainuddin Abdul Madjid International Airport in Lombok is gathered. Subsequently, this study visualizes the network mapping results concerning stakeholder involvement in the international flight route development process. The findings reveal that the highest value of involvement is observed between the tourism authority and airlines, followed by the airport's engagement with airlines. The involvement between the airport and the tourism authority comes next. Notably, the tourism authority and airlines have significant relational values during the route development activities phase. Meanwhile, the airport holds a strong relational value during the route implementation phase. Keywords: air, route, development, Social Network Analysis (SNA). iii iv PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Rusmayani, Atika Hijria. (2023): Analisis Keterlibatan Stakeholder dalam Proses Pengembangan Rute Penerbangan Internasional (Studi Kasus: Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok), Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Rusmayani, Atika Hijria. (2023): Analysis of Stakeholder Involvement in the International Air Route Development Process (Case Study: Zainuddin Abdul Madjid International Airport Lombok), Master’s Thesis, Institut Teknologi Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. HALAMAN PERUNTUKAN v Tesis ini saya persembahkan kepada dua orang tua yang amat saya sayangi, mama dan bapak yang selalu mendoakan dan mendukung saya dalam penyelesaiannya. Kepada seluruh orang – orang yang menyayangi saya dan yang saya sayangi, terimakasih selalu membantu, memberikan dukungan serta motivasi untuk bisa menyelesaikan tesis ini. vi KATA PENGANTAR Rasa syukur yang amat dalam penulis haturkan kepada Allah SWT, atas hidayah-Nya tesis ini dapat terselesaikan dengan judul “Analisis Keterlibatan Stakeholder dalam Proses Pengembangan Rute Penerbangan Internasional (Studi Kasus: Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok). Penyusunan tesis bertujuan untuk memenuhi persyaratan dalam mendapatkan gelar Magister pada Program Studi Magister Transportasi di Institut Teknologi Bandung (ITB) Untuk itu, penulis ingin menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi yang sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya tesis ini, terutama kepada: 1. Bapak Adiwan Fahlan Aritenang, S.T., M.GIT., Ph.D selaku Ketua Program Studi Magister Transportasi, Institut Teknologi Bandung; 2. Bapak Prof. Dr. Eng. Pradono, S.E., M.Ec.Dev. selaku Dosen Pembimbing; 3. Ibu Shanty Yulianti Rachmat, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D selaku Dosen Wali di Program Studi Magister Transportasi, Institut Teknologi Bandung; 4. Para pemangku kepentingan yang telah bersedia membantu dalam penyusunan tesis ini; 5. Mama dan Bapak, keluarga, serta yang saya sayangi dan menyayangi saya, selalu memberikan doa, dukungan, dan motivasi kepada penulis untuk menyelesaikan Tesis ini; 6. Sahabat – sahabat saya yang selalu memberikan dukungan dan waktunya untuk membantu saya dalam penyusunan thesis ini. Dalam penulisan tesis ini penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kelemahan, untuk itu sangat diharapkan baik saran maupun kritik yang bersifat membangun, untuk dapat memperbaiki dikemudian hari menjadi lebih baik. Bandung, 19 Juli 2023 Atika Hijria Rusmayani vii DAFTAR ISI ABSTRAK ........................................................................................................... i ABSTRACT .......................................................................................................... ii HALAMAN PENGESAHAN ................................................................................ iii PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS....................................................................