PENGARUH PENERAPAN KEBIJAKAN LOW EMISSION ZONE (LEZ) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PERJALANAN (STUDI KASUS : KAWASAN KOTATUA JAKARTA) TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat Untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung .Oleh ANINDYA SHILVIANA SYAFITRI NIM: 24221019 (.Program Studi Magister Transportasi ) .INSTITUTiTEKNOLOGI iBANDUNG 2023 ii .ABSTRAK i PENGARUH PENERAPAN KEBIJAKAN LOW EMISSION ZONE (LEZ) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PERJALANAN (STUDI KASUS : KAWASAN KOTATUA JAKARTA) Oleh Anindya Shilviana Syafitri NIM : 24221019 (Program Studi Magister Transportasi) Dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk di DKI Jakarta, maka kebutuhan akan transportasi juga semakin meningkat. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah kendaraan bermotor, tingginya penggunaan kendaraan pribadi di DKI Jakarta menyebabkan banyaknya permasalahan transportasi scara simultan akan meningkatkan polutan yang dapat mencemari udara dan dapat berdampak negatif terhadap lingkungan serta kualitas udara, salah satu kebijakan pemerintah yang mulai diterapkan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sekaligus mengurangi polusi udara adalah penerapan kebijakan Low Emission Zone (LEZ).di Kawasan Kotatua Jakarta, dengan penerapan kebijakan ini diharapkan masyarakat akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan dan berpindah menggunakan transportasi umum. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kebijakan LEZ terhadap perubahan perilaku perjalanan komuter serta untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi kecenderungan pilihan moda transportasi menggunakan metode regresi binary logit, setelah pemberlakuan kebijakan LEZ terdapat perubahan perilaku perjalanan komuter di kawasan Kotatua antara lain persentase responden yang berasal dari Jakarta Barat meningkat sebesar 7%, terdapat perpindahan moda dominan yang digunakan responden dari kendaraan pribadi ke transportasi umum sebanyak 21,42% terlihat pula bahwa pemakaian kendaraan pribadi menurun dari 62,14% menjadi 42,85%, terdapat penurunan biaya perjalanan dan peningkatan waktu perjalanan. Faktor – faktor yang memengaruhi preferensi pilihan moda antara lain tingkat pendidikan, pendapatan, pola perjalanan pekerjaan dan biaya perjalanan sedangkan yang signifikan mempengaruhi intensi perpindahan moda adalah norma subjektif, kontrol perilaku dan sikap kesadaran akan bahaya penggunaan kendaraan pribadi. Kata kunci : logit biner, pemilihan moda, Kawasan Rendah Emisi iii .ABSTRACT. THE EFFECT OF LOW EMISSION ZON E (LEZ) POLICY IMPLEMENTATION ON CHANGES IN TRAVEL BEHAVIOR (CASE STUDY: JAKARTA KOTATUA AREA) By Anindya Shilviana Syafitri NIM : 24221019 (Master’s Program in Transportation) Along with the increasing population growth of DKI Jakarta, the need for transportation services is also increasing. This has resulted in a growth in the number of motorized vehicles, the high number of private vehicles in DKI Jakarta causes many transportation problems as well as will increase the number of air pollutants that can pollute the air and have a negative impact on the environment and air quality, one of the government policies that began to be implemented to reduce the use of private vehicles while reducing air pollution is the implementation of the Low Emission Zone (LEZ) policy in Kotatua Jakarta, with this policy with this policy, it is expected that people will reduce the use of private vehicles and shifting to public transportation. This study aims to determine effect of implementation of LEZ policy on changes in travel behavior and identify factors that influence mode selection preferences using the binary logit regression method, after the implementation of the LEZ policy there are a change in commuter travel behavior in including the percentage of respondents from West Jakarta increased by 7%, the dominant shift in modes used by respondents from private vehicles to Public transportation as 21.42%, also the use of private vehicles such as motorcycles and private cars decreased from 62.14% to 42.85%, there was a decrease in travel costs and an increase in travel time. Factors that influenced the choice of mode preferences included education level, income, travel patterns and travel costs while factors that significantly influences the intention of mode shift are subjective norm, behavioral control and awareness toward negative effect of using private vehicles. Keyword : Binary logit, Low Emission Zone, Mode Preference v PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Syafitri, Anindya S. (2023): Pengaruh Penerapan Kebijakan Low Emission Zone (Lez) Terhadap Perubahan Perilaku Perjalanan (Studi Kasus : Kawasan Kotatua Jakarta). Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Syafitri, Anindya S. (2023): The Effect Of Low Emission Zone (Lez) Policy Implementation On Changes In Travel Behavior (Case Study: Kotatua Jakarta), Master’s Thesis, Institut Teknologi Bandung). Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. vi KATA PENGANTAR Puji dan Syukur dipanjatkan kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulisan tesis berjudul Pengaruh Penerapan Kebijakan Low Emission Zone (Lez) Terhadap Perubahan Perilaku Perjalanan (Studi Kasus : Kawasan Kotatua Jakarta) dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu,Penulis menyadari bahwa penulisan tesis ini masih jauh dari kata sempurna, dan kiranya penulis juga sadar bahwa tanpa bantuan, bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak akan sulit bagi penulis untuk dapat menyelesaikan tesis ini tepat pada waktunya. Oleh karena itu penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: 1. Dr.Eng.Puspita Dirgahayani, S.T., M.Eng., selaku Dosen Pembimbing yang senantiasa sabar membimbing penulis dalam menyelesaikan tesis ini 2. Prof. Ir. Djoko Santoso Abi Suroso, Ph.D dan Dr. I Gusti Ayu Andani,S.T., M.T. selaku Dosen Penguji yang telah memberikan kritik, masukan dan saran yang membangun kepada penulis. 3. Seluruh Staf Tata Usaha Program Magister Transportasi yang telah membantu selama masa perkuliahan. 4. Orang tua penulis yang memberikan dorongan semangat dan doa kepada penulis untuk menyelesaikan penelitian tesis ini 5. Seluruh teman-teman Magister Transportasi ITB angkatan 2021 6. Dinas Perhubungan DKI Jakarta, seluruh responden dan pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang turut membantu dalam penelitian ini Bandung, Agustus 2023 Penulis vii .DAFTARi ISI. KATA PENGANTAR ............................................................................................. vi BAB I PENDAHULUAN ....................................................................................... 1 I.1 latar Belakang ............................................................................................... 1 I.2 Rumusan Masalah ........................................................................................ 4 I.3 Tujuan Penelitian dan Sasaran Penelitian ................................................. 6 I.3.1 Tujuan Penelitian ..................................................................................... 6 I.3.2 Sasaran ..................................................................................................... 6 I.4 Manfaat Penelitian ....................................................................................... 6 I.4.1 Manfaat Teoritis ...................................................................................... 6 I.4.2 Manfaat Praktis ........................................................................................ 7 I.5 Ruang Lingkup Penelitian ........................................................................... 7 I.5.1 Ruang Lingkup Wilayah .......................................................................... 7 I.5.2. Ruang Lingkup Materi ........................................................................... 8 1.5.3 Kerangka Penelitian .............................................................................. 10 I.6.Sistematika Penulisan ................................................................................ 11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA ........................................................................... 12 II.1 Pergerakan ................................................................................................ 12 II.2.Transport Demand Management (TDM) ...............................................