STRATEGI PENINGKATAN PENGGUNAAN NON MOTORIZED TRANSPORT (NMT) PADA PELAJAR SEKOLAH MENENGAH NEGERI DI JAKARTA PUSAT TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh AFRIAN ARGARISMA NIM: 24221014 (Program Studi Magister Transportasi) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Juli 2023 i ABSTRAK STRATEGI PENINGKATAN PENGGUNAAN NON MOTORIZED TRANSPORT (NMT) PADA PELAJAR SEKOLAH MENENGAH NEGERI DI JAKARTA PUSAT Oleh AFRIAN ARGARISMA NIM: 24221014 (Program Studi Magister Transportasi) Jumlah pelajar di DKI Jakarta sebanyak 1,9 juta orang atau setara dengan 15.21% dari 10,6 juta orang penduduk DKI Jakarta. Dengan asumsi tiap pelajar melakukan 2 perjalanan harian (pergi-pulang sekolah) maka terjadi sekitar 3,8 juta perjalanan per hari yang dilakukan oleh pelajar di DKI Jakarta, angka tersebut senilai dengan 16.24% dari total perjalanan harian di DKI Jakarta. Tingginya penggunaan kendaraan pribadi dan masih minimnya penggunaan moda Bus Sekolah, Angkutan Umum dan khususnya Non- Motorized Transport oleh pelajar dalam melakukan perjalanan sekolah mendorong dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi dan kebijakan untuk meningkatkan penggunaan Non-Motorized Transport (berjalan atau bersepeda) di kalangan pelajar Sekolah Menengah Negeri di Jakarta Pusat. Penelitian ini melibatkan 573 orang pelajar sebagai responden berdasarkan stratified purposive sampling yang berasal dari 12 SMP, 4 SMA dan 6 SMK di 8 kecamatan Jakarta Pusat. Pengisian kuesioner dilakukan dengan tatap muka langsung. Metode pengumpulan data stated preference dengan 4 moda, 9 atribut, 2 level atribut dan 8 skenario. Pilihan moda eksisting 573 pelajar adalah Bus Sekolah 2.27% pelajar, Non-Motorized Transport 18.67%, Kendaraan Pribadi 61.61% dan Angkutan Umum 17.45%. Faktor-faktor yang berpengaruh pada pilihan moda eksisting pelajar adalah jenis kelamin, jenjang sekolah, ukuran keluarga, uang jajan, pekerjaan orang tua, jarak rumah ke sekolah, waktu perjalanan, kepemilikan kendaraan bermotor dan kepemilikan sepeda. Sedangkan faktor- faktor yang berpengaruh pada pemilihan moda preferensi adalah fasilitas sepeda gratis, Rute Aman Selamat Sekolah (RASS), waktu tempuh Bus Sekolah, waktu tempuh Angkutan Umum dan biaya Kendaraan Pribadi, usia, jenjang sekolah, kepemilikan kendaraan bermotor, kepemilikan SIM dan uang jajan siswa. Pilihan moda preferensi berdasarkan 8 skenario, penggunaan Bus Sekolah dipilih oleh 33.79% pelajar, Non- Motorized Transport 27.79%, Kendaraan Pribadi 23.60% dan Angkutan Umum 14.81%. Non-Motorized Transport mayoritas dipilih responden mencapai 75.57% dengan variabel tersedianya fasilitas sepeda gratis, RASS bersama-sama dan waktu tempuh 30 menit, hal ini menjadi indikator bagaimana strategi untuk peningkatan penggunaan moda Non- Motorized Transport dikalangan pelajar dengan menghadirkan kedua faktor ini secara bersamaan. Hal ini dibuktikan juga dengan pernyataan 57.08% pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor pasti mau berpindah moda dengan bersepeda jika sepeda gratis dan RASS telah tersedia, serta sebanyak 59,01% pelajar menyatakan pasti mau berjalan kaki jika RASS dan waktu tempuh berjalan tidak lebih dari 30 menit. Kata kunci: pilihan moda, multinomial logit, stated preference, kebijakan transportasi, perjalanan sekolah, pelajar sekolah menengah, Jakarta Pusat. ii ABSTRACT STRATEGY FOR INCREASING THE USE OF NON -MOTORIZED TRANSPORT (NMT) FOR PUBLIC HIGH SCHOOL STUDENTS IN CENTRAL JAKARTA By AFRIAN ARGARISMA NIM: 24221014 (Master’s Program in Transportation) The number of students in DKI Jakarta is 1.9 million, or 15.21% of the 10.6 million population of DKI Jakarta. Assuming that each student makes two daily trips (to and from school), around 3.8 million trips per day are made by students in DKI Jakarta, this figure is equivalent to 16.24% of the total daily trips in DKI Jakarta. The high use of private vehicles and the low use of school buses, public transportation, and especially non- motorized transport by students when traveling to school have prompted this research. This study aims to develop strategies and policies to increase the use of Non-Motorized Transport (walking or cycling) among students of public high schools in Central Jakarta. This research involved 573 students as respondents based on stratified purposive sampling from 12 junior high schools, 4 high schools, and 6 vocational schools in 8 districts of Central Jakarta. Filling out the questionnaire was done face-to-face. The stated preference data collection method has 4 modes, 9 attributes, 2 attribute levels, and 8 scenarios. The existing mode choices of 573 students are School Buses (2.27%), Non-Motorized Transport (18.67%), Private Vehicles (61.61%), and Public Transportation (17.45%). Factors that influence the choice of a student's existing mode are gender, school level, family size, pocket money, parents' occupation, distance from home to school, travel time, ownership of a motorized vehicle, and ownership of a bicycle. While the factors that influence the choice of preference mode are free bicycle facilities, Safe and Secure School Routes (RASS), school bus travel time, public transportation travel time, private vehicle costs, age, school level, motorized vehicle ownership, driver's license ownership, and student pocket money, Based on 8 scenarios, the use of school buses is chosen by 33.79% of students, 27.79% of non-motorized transport, 23.60% of private vehicles, and 14.81% of public transportation. The majority of respondents chose Non-Motorized Transport, reaching 75.57% with the variable availability of free bicycle facilities, shared RASS, and a travel time of 30 minutes. This is an indicator of how the strategy is to increase the use of Non-Motorized Transport modes among students by presenting these two factors simultaneously. This is also evidenced by the statement that 57.08% of students who use motorized vehicles would definitely want to switch modes by cycling if free bicycles and RASS were available, and as many as 59.01% of students said they would definitely want to walk if RASS and walking time were not more than 30 minutes. Keywords: mode choice, multinomial logit, stated preference, transportation policy, school trips, high school students, Central Jakarta. iii HALAMAN PENGESAHAN STRATEGI PENINGKATAN PENGGUNAAN NON-MOTORIZED TRANSPORT (NMT) PADA PELAJAR SEKOLAH MENENGAH NEGERI DI JAKARTA PUSAT Oleh AFRIAN ARGARISMA NIM: 24221014 (Program Studi Magister Transportasi) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing Tanggal 25 Juli 2023 Pembimbing Dr. Ir. Binsar Parasian Naipospos, M. SP. NIP. 196112301991021002 iv PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Argarisma, A (2023): Strategi Peningkatan Penggunaan Non-Motorized Transport pada Pelajar Sekolah Menengah Negeri di Jakarta Pusat Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Argarisma, A (2023): Strategy For Increasing The Use of Non-Motorized Transport for Public High School Student in Central Jakarta Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung v Dipersembahkan untuk Ibuku Hj Heni Juhaeni, Istriku Annisa Amalia, anak pertamaku Ayyash Aydin Elhaq, anak keduaku Aqila Nailah Zhafira dan anak ketigaku yang diperkirakan akan lahir pada bulan Oktober 2023, selang beberapa hari dengan hari wisudaku, Insya Allah. Kami akan memberikan nama anak ketiga kami dengan inisial A.MT. Insya Allah, Semoga Allah menakdirkan demikian. Aamiin. vi KATA PENGANTAR Alhamdulillahirobbil ‘aalamiin, segala puji hanya milik Allah Subhaanahu wata’aalaa atas segala rahmat dan ridho-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan tesis berjudul “Strategi Peningkatan Penggunaan Non-Motorized Transport Sekolah Menengah Negeri di Jakarta Pusat” ini sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Pendidikan Pasca Sarjana di Program Studi Magister Transportasi, Institut Teknologi Bandung. Penulis menyadari bahwa penulisan tesis ini masih jauh dari sempurna, dan kiranya penulis juga sadar bahwa tanpa dorongan, bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, akan sulit bagi penulis untuk menyelesaikan tesis ini tepat pada waktunya. Oleh karena itu penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: 1. Dr. Ir. Binsar P. Naispospos M.SP., selaku Dosen Pembimbing yang bersedia meluangkan waktu untuk memberikan arahan dan solusi pada setiap permasalahan atas kesulitan selama penyusunan Tesis ini. 2. Dr. Eng.