63 BAB IV GAMBARAN UMUM Pada bab ini akan dijellaskan melngelnai gambaran ulmulm pelnulmpang kelrelta api, kelrelta celpat Jakarta-Bandulng (KCJB), KA Feleldelr dan KRD Lolkal Bandulng Raya. Stuldi pellulang pelmilihan molda pelngulmpan kelrelta celpat Jakarta-Bandulng dilakulkan di 2 wilayah stuldi yaitul DKI Jakarta (Stasiuln Gambir) dan Kolta Bandulng (Stasiuln Bandulng). IV.1 Gambaran Umum Moda Feeder dan Moda Utama Kereta cepat Jakarta- Bandung IV.1.1 Gambaran Umum Penumpang Kereta Api Menuju Bandung Salah satul molda yang culkulp digelmari dan melnjadi pilihan masyarakat adalah molda kelrelta api, karelna disamping kelrelta api melrulpakan molda angkultan massal julga melmpulnyai belbelrapa kelulnggullan aman, nyaman, sellamat dan telpat waktul bila dibandingkan delngan molda transpolrtasi lain (Lelstari, 2014). Selbellulm KCJB belrolpelrasi, telrlelbih dahullul mulncull kelrelta api kolnvelnsiol nal pelrtama delngan julrulsan Jakarta – Bandulng ataul selbaliknya yaitul Kelrelta Api Argol Parahyangan yang pelrtama kali diolpelrasikan pada tahuln 2010. Tabell IV.1 Julmlah Pelnulmpang Kelrelta Api Argol Parahyangan dari Jakarta melnuljul Bandulng Tahuln 2022 Nama KA Relasi Jarak Kelas Total Vol Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lks 37.361 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lks 105 Argol Parahyangan Tambahan GMR-KAC 174 E lks 3.944 Argol Parahyangan Tambahan GMR-KAC 174 E lks 21.197 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lks 56.897 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lkol 59.658 Argol Parahyangan GMR-KAC 174 E lks 61.145 Argol Parahyangan GMR-KAC 174 E lkol 78.716 Argol Parahyangan E lxcelllelncel GMR-BD 169 E lks 61.610 Argol Parahyangan E lxcelllelncel GMR-BD 169 E lkol 71.351 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lks 50.568 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lkol 46.209 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lks 23.412 64 Nama KA Relasi Jarak Kelas Total Vol Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lkol 29.026 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lks 81.477 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lkol 38.543 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lks 51.838 Argol Parahyangan GMR-BD 169 E lkol 52.944 Argol Parahyangan Fakulltatif GMR-BD 169 E lks 77.695 Argol Parahyangan Fakulltatif GMR-BD 169 E lkol 33.820 Argol Parahyangan Tamb Lulxulry GMR-KAC 174 E lks 2.549 Argol Parahyangan Tambahan GMR-BD 169 E lks 45 Argol Parahyangan Tambahan GMR-BD 169 E lkol 59 Toltal 1.803.554 Sulmbelr : PT. KAI Daolp 1 Jakarta, 2023 IV.1.2 Gambaran Umum Kereta Cepat Jakarta-Bandung Prolyelk pelmbangulnan Kelrelta Celpat Jakarta – Bandulng (KCJB) dipreldiksi rampulng pada tahuln 2023. Prolyelk delngan toltal panjang jalulr 142,3 km yang akan melnghulbulngkan Stasiuln Halim (Jakarta), Stasiuln Karawang, Stasiuln Padalarang dan Stasiuln Telgallular (Bandulng), pelrjalanan Jakarta melnuljul Bandulng hanya melmakan waktul 36-35 melnit, kelrelta celpat melmiliki 1 trainselt yang telrdiri dari 8 gelrbolng yang saling telrsambulng yang mampul melnampulng 601 pelnulmpang (18 VIP, 28 First Class, 255 Selcolnd Class), Dimelnsi kelrelta celpat selndiri yaitul ulntulk 1 trainselt melmiliki panjang 208,95 meltelr delngan panjang 4,05 meltelr. Belrdasarkan data LAPI ITB Tahuln 2015 telrcatat pelrgelrakan lelbih dari 140.000 olrang seltiap harinya antara Jakarta dan Bandulng delngan prelselntasel telrbelsar didolminasi ollelh tulnda molda molbil selbelsar 88,6% disulsull travell, kelrelta api kolnvelnsiolnal dan buls. Pelrtulmbulhan pelnulmpang tiap tahuln julga telrjadi pada Kelrelta Api Argol Parahyangan, telrcatat pada tahuln 2015, julmlah pelnggulna harian KA Argol Parahyangan rata-rata selbelsar 2000 pelr hari, selmelntara pada tahuln 2019 rata-rata pelnulmpang suldah melncapai 12.000 pelr hari ataul tulmbulh selbelsar 600% dalam waktul 4 tahuln. Stasiuln Bandulng dan Stasiuln Gambir melrulpakan telmpat telrtinggi telrjadinya naik/tulrulnnya pelnulmpang, yang melrulpakan stasiuln akhir dari tuljulan KA Argol Parahyangan, selhingga dapat disimpullkan bahwa kolridolr Jakarta – Bandulng melrulpakan lintas kolmultelr dimana para pelnggulnanya belrangkat dan belrhelnti pada stasiuln yang sama. PT.KAI (Pelrselrol) sellakul olpelratolr transpolrtasi mellihat bahwa telrdapat relsikol 65 keltidakcapaian vollulmel angkultan KCJB jika para pelnggulna haruls melngakhir pelrjalanannya di Stasiuln Telgallular ataul Stasiuln Padalarang, selmelntara tuljulan akhir dari pelnggulna belrdasar layanan KA Argol Parahyangan adalah pulsat Kolta Bandulng yang belrjarak ± 20 Km dari Stasiuln Telgallular dan ± 17 km dari Stasiuln Padalarang. Tambahan waktul aksels/elgrels dari Telgallular ataul Padalarang kel Pulsat Kolta Bandulng selkitar 33 – 37 melnit dipandang akan melmpelrbulrulk kelelkolnolmisan waktul telmpulh KCJB. Pelmbangulnan kolnelktivitas antara Kelrelta Celpat Jakarta – Bandulng delngan KA E lksisting di Stasiuln Padalarang melrulpakan salah satul sollulsi yang dapat dilaksanakan ulntulk melnjadikan KCJB melnarik. Kolndisi prasarana elksisting yang suldah telrseldia selpelrti jalulr ganda ataul dolulblel track yang melnghulbulngkan Stasiuln Padalarang delngan Stasiuln Kolta Bandulng dan waktul telmpulh yang lelbih singkat melrulpakan faktolr pelnelntul pelmilihan lolkasi pada stasiuln telrselbult, sellain itul relncana delngan hadirnya KA Feleldelr yang akan melnghulbulngkan Stasiuln Padalarang delngan Stasiuln Bandulng julga melnjadi sollulsi elfelktif ulntulk Kolnelktivitas Kelrelta Celpat Jakarta – Bandulng. Gambar IV.1 Gambaran U lmulm Sarana Kelrelta celpat Jakarta-Bandulng Sulmbelr : PT KCIC, 2023 66 Gambar IV.2 Pelta Jalulr Kelrelta celpat Jakarta-Bandulng dan Jalulr Molda Feleldelr Sulmbelr : Pelnullis, 2023 IV.1.3 Gambaran Umum KA Feeder Kelrelta celpat Jakarta-Bandulng tidak bisa melngantar pelnulmpang kel dalam Bandulng. Mellainkan hanya sampai wilayah Padalarang. Kelmuldian, pelnulmpang akan diarahkan naik KA Feleldelr ulntulk melnuljul Stasiuln Bandulng. Dalam satul rangkaian, KA Feleldelr KCJB belrkapasitas 280 pellanggan. Adapuln KA Feleldelr milik PT. KAI ini melnggulnakan rangkaian kelrelta rell dielsell (KRD) yang didelsain selpelrti KA Bandara, dan nantinya akan mellayani rultel dari Stasiuln Padalarang melnuljul Stasiuln Bandulng selrta dapat belrhelnti di Stasiuln Cimahi. Gulna melnambah kelnyamanan pellanggan, KA Feleldelr KCJB dilelngkapi delngan fasilitas rak bagasi dan tolilelt. STASIUN PADALARANG STASIUN CIMAHI STASIUN BANDUNG 67 Gambar IV.3 Pelta Jalulr yang dilelwati KA Feleldelr Sulmbelr : Pelnullis, 2023 Relncana pelngolpelrasian sarana KA Feleldelr Padalarang Bandulng selbanyak 6 trainselt 4 Trainselt ulntulk kelrelta belrwarna hijaul, pelr trainselt telrdiri dari 4 gelrbolng kelrelta yang dapat melnampulng 200 pelnulmpang. Intelriolr KA Feleldelr dapat dilihat pada gambar belrikult Gambar IV.4 E lkstelriolr KA Feleldelr 1 KCJB Padalarang – Bandulng (PP) Sulmbelr : Balai Telknik Pelrkelreltaapian Kellas 1 Bandulng, 2023 68 Gambar IV.5 Intelriolr Telmpat Duldulk KA Feleldelr KCJB Padalarang – Bandulng (PP) Sulmbelr : Balai Telknik Pelrkelreltaapian Kellas 1 Bandulng, 2023 Gambar IV.6 Intelriolr Tolilelt KA Feleldelr KCJB Padalarang – Bandulng (PP) Sulmbelr : Balai Telknik Pelrkelreltaapian Kellas 1 Bandulng, 2023 2 Trainselt ulntulk kelrelta belrwarna, pelr trainselt telrdiri dari 5 gelrbolng kelrelta yang dapat melnampulng 240 pelnulmpang Gambar IV.7 E lkstelriolr KA Feleldelr 2 KCJB Padalarang – Bandulng (PP) Sulmbelr : Balai Telknik Pelrkelreltaapian Kellas 1 Bandulng, 2023 69 Tabell IV.2 Infolrmasi KA Feleldelr Deskripsi Informasi Waktul Pelrjalanan 22 melnit (Cimahi belrhelnti 2 melnit) Panjang Jalulr 14,662 Km (Jalulr Ganda) Kelcelpatan Maksimal 90 Km/h Kelc. Rata-rata 60 km/jam Stasiuln Belrhelnti (layanan) Bandulng, Cimahi, Padalarang Kelbultulhan Transit 3 Trainselt (ulntulk pelmelnulhan dinasan) Bellulm telrmasulk alolkasi ulntulk cadangan dan pelrawatan Pelnggulnaan Jalulr dan Waktul tulnggul di Stasiuln Padalarang 3 Trainselt (ulntulk pelmelnulhan dinasan) Bellulm telrmasulk alolkasi ulntulk cadangan dan pelrawatan Pelnggulnaan Jalulr dan Waktul tulnggul di Stasiuln Bandulng 1 Jalulr KA, waktul tulnggul 7 melnit Pelngatulran Jalulr deldicateld 17 Jam (05.30 sd 22:30) melnyelsulaikan jadwal KCJB Kelbultulhan Infrastrulktulr Stasiuln Padalarang Kolndisi elksisting telrseldia 4 jalulr KA – 1 Jalulr Langsir Selmula jalulr di Padalarang di bulat Bi-Direlctioln delngan 5 Jalulr KA Stasiuln Cimahi : Jalulr 1%2 Stasiuln Bandulng Pelngelmbangan Jalulr di E lmplaselmelnt Stasiuln Bandulng, jalulr VIII dari Jalulr Langsir melnjadi jalulr KA Pellayanan KA feleldelr melnggulnakan jalulr VII dan VIII selhingga melmbultulhkan pelroln Keltelrseldiaan Fasilitas saat ini Sarana yang suldah telrseldia ultulk Feleldelr selbanyak 5 TS ( 1 trainselt selbanyak 5 gelrbolng kelrelta) DE lMU l (Dielsell E llelctric Mulltiplel U lnit) akan melnyelsulaikan Delmand KCJB dan polla olpelrasi KCJB (sellelsai pelngelrjaan di Balai Yasa Yolgyakarta) Sulmbelr : Balai Telknik Pelrkelreltaapian Kellas 1 Bandulng, 2023 Jalulr yang akan dilelwai ollelh KA Feleldelr di Stasiuln Padalarang adalah jalulr II yang belrada diantara pelroln 2 dan pelroln 3 dapat dilihat pada gambar belrikult. 70 Gambar IV.8 Polla O lpelrasi Stasiuln Padalarang Sulmbelr : Balai Telknik Pelrkelreltaapian Kellas 1 Bandulng, 2023 IV.1.4 Gambaran Umum KRD Lokal Bandung Raya Kelrelta api lolkal Bandulng Raya mellintasi lima wilayah kabulpateln dan kolta di Jawa Barat. Rultel ultama kelrelta api ini melnghulbulngkan wilayah barat kel timulr, mullai dari Padalarang di Kabulpateln Bandulng Barat melnuljul Cicalelngka di Kabulpateln Bandulng dan selbaliknya. Selpanjang pelrjalanannya, kelrelta api akan belrhelnti di pulsat Kolta Cimahi dan Kolta Bandulng. Telrdapat pulla rultel yang lelbih panjang, dari Cicalelngka melnuljul Pulrwakarta, melskipuln delngan frelkulelnsi pelrjalanan yang lelbih seldikit daripada rultel Padalarang - Cicalelngka. Kapasitas dalam satul rangkaian kelrelta api ini adalah selkitar 742 kulrsi, telrselbar dalam tuljulh kelrelta kellas elkolnolmi. Pelr 1 April 2022, telrdapat pelrulbahan olpelratolr dan pelngellollaan manajelmeln dari KRD Lolkal Bandulng Raya, yang selbellulmnya dikellolla ollelh Kelrelta Api Indolnelsia, kelmuldian diselrahkan kel KAI Colmmultelr. Tabell IV.3 Stasiuln yang Melnjadi Telmpat Pelmbelrhelntian KRD Lolkal Bandulng Raya Wilayah Stasiun Kabulpateln Bandulng Barat Padalarang Gadolbangkolng Kolta Cimahi Cimahi Kolta Bandulng Cimindi Cirolyolm Bandulng 71 Wilayah Stasiun Cikuldapatelulh Kiaracolndolng Kabulpateln Bandulng Cimelkar Rancaelkelk Haulrpulgulr Cicalelngka Sulmbelr : Balai Telknik Pelrkelreltaapian Kellas 1 Bandulng, 2023 Gambar IV.9 Pelta Jalulr yang Dilelwati KRD Lolkal Bandulng Raya Sulmbelr : Pelnullis, 2023 Data Julmlah pelnulmpang kelrelta api lolkal tahuln 2022 dapat dilihat dalam Tabell IV.4. Tabell IV.4 Data Vollulmel Pelnulmpang Tahuln 2022 Bullan Julmlah 2022 Janulari 580.046 Felbrulari 580.046 Marelt 650.177 April 677.133 72 Bullan Julmlah 2022 Meli 859.631 Julni 597.401 Julli 193.902 Agulstuls 171.260 Selptelmbelr 204.419 O lktolbelr 363.686 Nolvelmbelr 491.229 Delselmbelr 630.984 Sulmbelr : PT. KAI Daolp 2 Bandulng, 2023 Gambar IV.12 E lkstelriolr KRD Lolkal Bandulng Raya Sulmbelr : Pelnullis, 2023 IV.2 Karakteristik Responden Relspolndeln pelnellitian ini dilakulkan mellaluli sulrveli olnlinel dan prolsels clelaning data. Belrdasarkan julmlah sampell pelnellitian pada bab 3, maka dipelrollelh julmlah minimal relspolndeln selbanyak 384 olrang ulntulk relspondeln yang pelrnah mellakulkan pelrjalanan Jakarta Bandulng dalam 6 bullan telrakhir dan belrminat ulntulk melnaiki kelrelta celpat Jakarta-Bandulng. Dalam pelnellitian ini julmlah sampell yang diambil yaitul selbanyak 564 olrang, dari 564 olrang hanya 423 relspolndeln yang dinyatakan valid. Masing- masing relspolndeln melnjawab 9 relspoln melnelgnai pelrtanyaan prelfelrelnsi pelmilihan molda, selhingga toltal relspoln yang dipelrollelh ulntulk pelnellitian ini adalah 3807 relspoln. Selbagai langkah awal telrlelbih dahullul analisis statistic delskirptif, yang belrtuljulan ulntulk melngeltahuli selbaran karaktelristik relspolndeln telrhadap variabell pelnellitian. Analisis statistic delskpritif ini melnggulnakan aplikasi solftwarel SPSS delngan bantulan fitulr delscriptivels dan frelqulelnciels . 73 IV.3 Karakteristik Sosio – Ekonomi Dalam bagian ini diinfolrmasikan kelragaman relspolndeln belrdasarkan karaktelrsitik solsio - elkolnolmi. Adapuln karaktelristik solsial yaitul jelnis kellamin, ulsia, jelnis pelkelrjaan, pelndidikan telrakhir. Karaktelrsitik elkolnolmi telrdiri dari julmlah pelndapatan. IV.3.1 Jenis Kelamin dan Usia Belrdasarkan data yang dipelrollelh ulntulk jelnis kellamin prelselntasel relspolndeln pria selbelsar 69,1% dan ulntulk relspolndeln wanita selbelsar 30,7%. Tabell IV.5 Prelselntasel Jelnis Kellamin Relspolndeln Jenis Kelamin Frelkulelnsi Pelrselntasel Laki-Laki 293 69.1% Pelrelmpulan 130 30.7% Toltal 423 100.0% Sulmbelr : Analisis, 2023 Gambar IV.10 Delskripsi Jelnis Kellamin Sulmbelr : Analisis, 2023 Seldangkan pada variabell ulsia, relspolndeln dipilih belrdasarkan ulsia proldulktif yang telrbagi melnjadi elnam kellolmpolk pada tabell dibawah ini yaitul 17-20 tahuln selbelsar 10,87%, 21-30 tahuln selbelsar 61,70%, 31-40 tahuln selbelsar 14,89%, 41-50 tahuln selbelsar 8,27%, 51-60 tahuln selbelsar 3,87% dan >60 tahuln selbelsar 0,47%. 69% 31% Jenis Kelamin Laki-Laki Perempuan 74 Tabell IV.6 Prelselntasel U lsia Relspolndeln Usia Frelkulelnsi Pelrselntasel 17-20 Tahuln 46 10,87% 21-30 Tahuln 261 61,70% 31-40 Tahuln 63 14,89% 41-50 Tahuln 35 8,27% 51-60 Tahuln 16 3,78% > 60 Tahuln 2 0,47% Toltal 423 100% Sulmbelr : Analisis, 2023 Gambar IV.11 Delskripsi U lsia Sulmbelr : Analisis, 2023 IV.3.2 Pekerjaan, Pendapatan dan Tingkat Pendidikan Pelkelrjaan didolminasi ollelh Karyawan (PNS/BU lMN/Pelgawai Swasta) selbelsar 61,94% , pelrselntasel pelkelrjaan lain melncakulp pellajar/mahasiswa selbelsar 26,71%, Ibul Rulmah Tangga 2% Wiraswasta/Pelngulsaha 32%, Pelkelrjaan lainnya (yolultulbelr, foltolgrafelr, crelatolr gelam bolard) selbelsar 1,89% dan Tidak Belkelrja selbelsar 6%. Tabell IV.7 Jelnis Pelkelrjaan Pekerjaan Frelkulelnsi Pelrselntasel Pellajar/Mahasiswa 113 26,71% Karyawan (PNS/BU lMN/Pelgawai Swasta) 262 61,94% Ibul Rulmah Tangga 2 0,47% Wiraswasta/Pelngulsaha 32 7,57% Tidak Belkelrja 6 1,42% Lainnya 8 1,89% Toltal 423 100% Sulmbelr : Analisis, 2023 11% 62% 15% 8% 4% 0% Usia 17-20 Tahun 21-30 Tahun 31-40 Tahun 41-50 Tahun 51-60 Tahun > 60 Tahun 75 Gambar IV.12 Delskripsi Jelnis Pelkelrjaan Sulmbelr : Analisis, 2023 Data relspolndeln belrulpa pelndapatan di dolminasi pada rangel Rp.5.000.000 – Rp.10.000.000 selbelsar 30,50%, dilanjultkan ollelh pelndapatan delngan rangel Rp.3.000.000 – Rp.5.000.000 selbelsar 22,70%. kelmuldian >Rp.10.000.000 17,02%, tidak belrpelnghasilan 17,02% dan Rp.10.000.000 72 17% Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000 96 23% Rp.