1 BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Kemunculan internet di desa Cinta Mekar merupakan fenomena yang unik. Unik karena desa ini merupakan desa terpencil dan penduduknya-pun rata-rata memiliki latar belakang pendidikan terakhir adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Akibat kemunculan internet, muncullah juga e-learning di dua sekolah dasar yang terletak di desa ini yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cinta Mekar dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Huda. E-learning merupakan alat bantu yang digunakan untuk memberikan pengetahuan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Cara ini dipandang efektif karena guru tidak perlu berada di lokasi untuk memberikan pengetahuan kepada siswa. Hal inilah yang mendorong keberadaan e-learning di SDN Cintamekar dan MI Al Huda, Sagalaherang-Jawa Barat. Namun, keberadaan internet dan e-learning ternyata belum digunakan secara tepat. Hal ini dibuktikan dengan tidak digunakannya fasilitas e-learning yang sudah disediakan oleh Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK) ITB. Oleh karenanya, diperlukan suatu rencana bertahap agar e-learning bisa digunakan dengan tepat sehingga mencapai tujuannya. I.2 Rumusan Masalah Kemunculan e-learning di SDN Cintamekar dan MI Al Huda yang belum digunakan secara tepat. I.3 Tujuan dan Output Penelitian Tujuan penelitian adalah mengukur e-learning yang digunakan di SDN Cintamekar dan MI Al Huda, Sagalaherang-Jawa Barat. Sedangkan output penelitian adalah rekomendasi berupa roadmap yang disesuaikan dengan kondisi lokasi studi. 2 I.4 Batasan Masalah 1. E-learning terdiri dari moodle, blog, wiki dan forum. 2.