Hasil Ringkasan
37 Bab V Analisis Data V.1 Prediksi Umur Sisa Perkerasan Lentur Menggunakan Metode AASHTO 1993 1. Perhitungan CESAL Data lendutan yang digunakan didalam analisis metode AASHTO 1993 merupakan data lendutan tahun 2020, maka perhitungan CESAL dilakukan berdasarkan data LHR tahun 2020. Nilai CESAL yang diperoleh dari hasil proyeksi berdasarkan data LHR tahun 2020, digunakan sebagai pembanding terhadap nilai CESAL pada saat kondisi failure yang didapatkan dari hasil perhitungan Backcalculation menggunakan metode AASHTO 1993. Analisis perhitungan CESAL dilakukan dengan angka pertumbuhan lalu lintas sebesar 4,83 untuk wilayah Sumatera (MDP 2017). Hasil perhitungan CESAL dapat dilihat pada tabel V.1 berikut ini: Tabel V. 1 Nilai CESAL Ruas Jalan Bypass Kota Pariaman Berdasarkan Data LHR tahun 2020 (Pengolahan Data, 2023) 2. Penentuan Lendutan Wakil Pengujian lendutan pada ruas Jalan Bypass Kota Pariaman dilakukan per 500 m sepanjang 5 km. Pada proses analisis data, dilakukan perhitungan untuk menentukan besaran lendutan yang mewakili satu segmen ruas jalan. Sebagai Tahun Nilai CESAL 2020 503,700 2021 1,031,729 2022 1,585,261 2023 2,165,529 2024 2,773,824 2025 3,411,500 2026 4,079,976 2027 4,780,738 2028 5,515,348 2029 6,285,439 2030 7,092,726 2031 7,939,005 2032 8,826,159 38 contoh, pada gambar berikut ini dapat dilihat besaran nilai lendutan D1 dan D9 pada ruas Jalan Bypass Kota pariaman. Gambar V. 1 Data Lendutan FWD D1 Garis putus-putus menunjukan batasan nilai lendutan yang digunakan didalam penentuan lendutan wakil (D1 wakil). Besaran nilai lendutan dibatasi agar didalam penentuan lendutan wakil, nilai faktor keseragaman data lendutan tidak lebih dari 30%. Gambar V. 2 Data Lendutan FWD D9 Nilai lendutan wakil dihitung berdasarkan nilai lendutan rata-rata dalam satu segmen ruas jalan ditambah dengan 2 kali standar deviasi (untuk ruas jalan arteri), dengan ketentuan faktor keseragaman data lendutan tidak boleh melebihi 30%. Setelah dilakukan perhitungan nilai lendutan wakil dari D1 hingga D9, Langkah perhitungan lendutan wakil secara keseluruhan dapat dilihat pada Lampiran C. 0 200 400 600 800 1000 1200 1400 1600 0+000 0+500 1+000 1+500 2+000 2+500 3+000 3+500 4+000 4+500 5+000 0 20 40 60 80 100 120 0+000 0+500 1+000 1+500 2+000 2+500 3+000 3+500 4+000 4+500 5+000 39 Pada tabel berikut ini dapat dilihat rangkuman hasil perhitungan nilai lendutan wakil pada ruas Jalan Bypass Kota Pariaman. Tabel V. 2 Lendutan Wakil Ruas Jalan Bypass Kota Pariaman (Pengolahan Data, 2023) 3. Perhitungan SNeff Nilai struktural perkerasan dapat ditentukan berdasarkan nilai lendutan wakil yang telah terkoreksi suhu. Dari data lendutan dilakukan perhitungan untuk mendapatkan nilai modulus resilient tanah dasar (MR) dan modulus efektivitas seluruh lapisan diatas tanah dasar (Ep) dengan syarat nilai jarak lendutan (r) harus lebih besar atau sama dengan 0,7ae.