Hasil Ringkasan
31 Bab IV Pengumpulan Data IV.1 Umum Pada saat melakukan suatu penelitian, dibutuhkan data-data penunjang yang digunakan pada tahap analisis data. Data-data ini dapat berupa data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang didapatkan dengan cara survei langsung ke lokasi penelitian, sedangkan data sekunder merupakan data yang didapatkan dari instansi terkait seperti P2JN dan BPJN. IV.1 Kebutuhan Data Berikut dilampirkan data-data yang dibutuhkan didalam melakukan penelitian ini antara lain: 1. Data Lalu Lintas Harian Data lalu lintas harian merupakan data jumlah kendaraan serta jenis kendaraan yang melewati suatu ruas jalan dalam waktu 24 jam. Data lalu lintas ini digunakan untuk menentukan jumlah repetisi beban sumbu kendaraan (CESAL) yang melintasi suatu ruas jalan dalam jangka waktu tertentu. Data lalu lintas harian yang digunakan pada penelitian ini merupakan data lalu lintas harian hasil survei langsung ke lokasi penelitian serta data sekunder yang didapatkan dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Sumatera Barat. Survei lalu lintas harian dilakukan selama 3 jam pada jam puncak. Penentuan jam puncak ini berdasarkan riwayat data LHR tahun 2019 yang mana penentuan 3 jam puncak pada tahun 2022 disamakan dengan 3 jam puncak pada data LHR tahun 2019. sehingga untuk mendapatkan nilai lalu lintas harian untuk 24 jam, selanjutnya dilakukan perhitungan proporsi LHR yang diwakili oleh 3 jam puncak ini dalam satu hari sehingga dapat ditentukan angka faktor pengali per jenis kendaraan untuk 24 jam. Untuk mendapatkan jumlah volume lalu lintas dalam 24 jam, jumlah volume lalu lintas 3 jam puncak dikalikan dengan faktor pengali untuk 24 jam. Data LHR hasil survei secara lebih detail dapat dilihat pada Lampiran A. Pada tabel IV.1 berikut ini dapat dilihat kelompek jenis kendaraan serta jumlah lalu lintas harian kendaraan pada ruas Jalan Bypass Kota Pariaman dari tahun 2019 hingga tahun 2022. 32 Tabel IV. 1 Kelompok Jenis Kendaraan (PdT 19-2004- B, 2004) Tabel IV. 2 Data LHR Ruas Jalan Bypass Kota Pariaman Tahun 2019-2022 (BPJN Prov. Sumatera Barat) 2019 2020 2021 2022 (Balai) 2022 (Survey) 13957 14629 15578 10810 11245 4492 213 916 78 97 34 741 2910 195 461 3044 40 134 8191 1168 2387 190 Sepeda motor, sekuter, sepeda kumbang & roda 3 1 2 3 4 5a Pick up, micro truk dan Mobil hantaran Opelet, Pick up opelet, suburban, combi & minibus Sedan, Jeep dan Wagon Bus Kecil 547 3035 894928 6b 32 46 7a Truk 3 Sumbu 8-10 roda 7b Truk Gandeng 7c Truk Semi trailer 0 13 580 293 0 658835 178 411 8960 8530 39 Total Kendaraan/Hari 29 3 7 8 Kendaraan Tidak bermotor57 35 18 22 193 0 3 6123 221 1 Bus Besar Truk Ringan 2 sumbu 4 roda Jumlah Kendaraan / Hari 5495 872 3133 577 213 47 126 424 301 0 18 Jenis KendaraanGolongan Truk 2 Sumbu 6 roda 5b 6a 33 2. Data Lendutan Jalan Data lendutan merupakan data yang diperoleh melalui uji lendutan menggunakan alat Falling Weight Deflectometer (FWD). Data lendutan ini biasanya digunakan untuk menentukan tebal lapis tambah (overlay) pada jalan yang telah mengalami kerusakan. Data lendutan juga dapat digunakan didalam perhitungan umur sisa perkerasan jalan serta memberikan gambaran kondisi dari tiap lapisan perkerasan jalan.