EFEKTIVITAS RAMBU PETUNJUK KEBERADAAN CCTV TERHADAP PENURUNAN KECEPATAN KENDARAAN (STUDI KASUS RUAS JALAN TOL CIPALI) TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh MIFTAH MAIMUNAH MA’RUF NIM: 26920017 (Program Studi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Agustus 2022 i ABSTRAK EFEKTIVITAS RAMBU PE TUNJUK KEBERADAAN CCTV TERHADAP PENURUNAN KECEPATAN KENDARAAN (STUDI KASUS RUAS JALAN TOL CIPALI) Oleh Miftah Maimunah Ma’ruf NIM: 26920017 (Program Studi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya) Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Cipali selama tahun 2018-2020 didominasi oleh kasus tabrakan depan belakang. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu adanya perbedaan kecepatan yang cukup besar antara kendaraan ringan dan truk besar. Oleh karena itu, pengelola Jalan Tol Cipali memasang CCTV dan rambu petunjuk keberadaan CCTV pada beberapa lokasi untuk memantau pergerakan dan kecepatan kendaraan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas rambu petunjuk keberadaan CCTV terhadap pengurangan kecepatan kendaraan ringan dan truk besar di jalan tol dengan menggunakan metode N-gain Score dan metode Cohen’s d Effect Size. Hasil penelitian mengindikasikan secara umum pemasangan rambu petunjuk keberadaan CCTV tidak efektif dalam menurunkan kecepatan truk besar, namun terdapat ketidakkonsistenan akan efektivitas pemasangan rambu tersebut dalam menurunkan kecepatan kendaraan ringan. Pada jalur B, pemasangan rambu petunjuk CCTV tidak efektif dalam menurunkan kecepatan kendaraan ringan. Namun pada jalur A, pemasangan rambu petunjuk CCTV efektif menurunkan kecepatan kendaraan ringan pada akhir pekan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Cohen’s d sebesar 0,88 dan 0,96 untuk periode sibuk dan tidak sibuk yang menyatakan efektivitas besar. Sedangkan pada hari kerja, hasil Cohen’s d Effect Size menunjukkan pemasangan rambu petunjuk CCTV tidak efektif (pada periode sibuk) atau memberikan efektivitas yang kecil (pada periode tidak sibuk) dalam menurunkan kecepatan kendaraan ringan. Sementara skor N-gain untuk jalur A dan B pada hari kerja maupun akhir pekan didapatkan sebesar 0,40 (efektivitas sedang) dan -0,45 (efektivitas rendah). Hal ini sejalan dengan hasil survei persepsi yang dilakukan terhadap 174 pengemudi kendaraan ringan dan 18 pengemudi truk besar. Sebanyak 55% responden pengemudi kendaraan ringan sedikit menurunkan kecepatan kendaraannya ketika melihat rambu petunjuk CCTV, sedangkan 89% responden pengemudi truk besar mengemudi seperti biasa tanpa menurunkan kecepatan. Kata kunci: efektivitas rambu petunjuk CCTV, kecepatan kendaraan, N-gain Score, Cohen’s d Effect Size, persepsi pengemudi. ii iii ABSTRACT THE EFFECTIVENESS OF CCTV INFORMATION SIGN ON LOWERING VEHICLE SPEED (CASE STUDY THE CIPALI TOLL ROAD) By Miftah Maimunah Ma’ruf NIM: 26920017 (Master’s Program in Highway Engineering and Development) Traffic crashes occurred on Cipali Toll Road during 2018-2020 were dominated by head-to-rear collisions. One of the influencing factors is the large speed difference between light vehicles and heavy trucks. Therefore, the Cipali Toll Road operator installed several CCTVs and CCTV information signs in several locations to observe vehicle movement and speed. The main purpose of this study was to evaluate the effectiveness of those CCTV signs on reducing the speed of light vehicles and heavy trucks by using N-gain Score method and Cohen's d Effect Size method. The result of this research indicate that in general the installation of CCTV information sign is not effective in lowering the speed of heavy trucks, but there is an inconsistency in the effectiveness of these signs in lowering the speed of light vehicles. On lane B, the installation of CCTV information sign is not effective in lowering the speed of light vehicles. However, on lane A, the installation of CCTV information sign effective in lowering the speed of light vehicles on weekends. This is indicated by the Cohen's d value of 0.88 and 0.96 for the peak and off-peak periods, which indicate large effectiveness. Meanwhile, on weekdays, the results of Cohen's d Effect Size shows that the installation of CCTV information signs is ineffective (in busy periods) or provides little effectiveness (during non-busy periods) in lowering light vehicle speeds. Meanwhile, the N-gain scores for lanes A and B on weekdays and weekends are 0.40 (medium effectiveness) and -0.45 (low effectiveness), respectively. This results is in line with the driver perception survey result conducted on 174 light vehicle and 18 heavy truck drivers. As many as 55% of respondents who drive light vehicles said that they slightly lower their speed when they see the CCTV information signs, while 89% of respondents who drive large trucks drive as usual without lowering their speed. Keywords: effectiveness of CCTV information signs, vehicle speed, N-gain Score, Cohen’s d Effect Size, driver perception. iv v EFEKTIVITAS RAMBU PETUNJUK KEBERADAAN CCTV TERHADAP PENURUNAN KECEPATAN KENDARAAN (STUDI KASUS RUAS JALAN TOL CIPALI) Oleh Miftah Maimunah Ma’ruf 26920017 (Program Studi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Tim Pembimbing Tanggal ……………………….. Pembimbing 1 Pembimbing 2 (Aine Kusumawati, S.T, M.T., Ph.D.) (Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D.) HALAMAN PENGESAHAN ________________________________ ___________________________________ vi vii PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat di tulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Ma’ruf, M M. (2022): Efektivitas Rambu Petunjuk Keberadaan CCTV Terhadap Penurunan Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Cipali), Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Ma’ruf, M M. (2022): The Effectiveness of CCTV Information Sign On Lowering Vehicle Speed (Case Study The Cipali Toll Road), Master’s Thesis, Institut Teknologi Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. viii ix HALAMAN PERUNTUKAN Dipersembahkan kepada Ibu dan Bapak tercinta, keluarga besarku, serta orang- orang tersayang yang senantiasa mendukung, menguatkan dan mendoakan. x xi KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat, kasih, rahmat, karunia serta hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tesis ini sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar pendidikan pendidikan magister (S2) pada Program Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung. Dalam proses penyelesaian tesis ini, penulis tidak lepas dari bantuan dukungan, bimbingan, izin dan do’a yang telah diberikan oleh berbagai pihak kepada penulis. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Kedua orang tua penulis, Ibu Dewi dan Bapak Ma’ruf beserta keluarga besar tercinta yang selalu memanjatkan doa dan memberikan dukungan lahir batin. 2. Ibu Aine Kusumawati, S.T., M.T., Ph.D. dan Bapak Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D. selaku Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktunya dalam membimbing, memberikan saran, bantuan serta motivasi selama penelitian hingga penyusunan tesis ini selesai. 3. Bapak Prof. Ir.