ANALISIS PERFORMA CAMPURAN BERASPAL LASTON LAPIS AUS (AC-WC) MENGGUNAKAN BAHAN MODIFIKASI CAMPURAN SERBUK BAN BEKAS DAN KARET ALAM DENGAN PROSES KERING TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh RIZKI PRASETYA PERSON NIM: 26918003 (Program Studi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG JUNI 2021 i ABSTRAK ANALISIS PERFORMA CAMPURAN BERASPAL LASTON LAPIS AUS (AC-WC) MENGGUNAKAN BAHAN MODIFIKASI CAMPURAN SERBUK BAN BEKAS DAN KARET ALAM DENGAN PROSES KERING Oleh Rizki Prasetya Person NIM: 26918003 (Program Studi Magister Teknik Sipil) Kerusakan pada laston AC-WC sebagai lapis permukaan yang umum terjadi adalah berupa pelepasan butir dan deformasi berbentuk alur. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memodifikasinya menggunakan serbuk karet ban bekas (crumb rubber). Pusjatan bersama Puslitkaret dan beberapa pihak terkait berinovasi dengan melakukan pencampuran serbuk ban bekas dengan karet alam padat (SIR 20), namun masih memiliki kelemahan di mana serbuk yang dihasilkan mengalami penggumpalan karena daya rekat karet SIR 20 yang terlalu tinggi, sehingga dilakukan percobaan untuk menggantinya dengan jenis karet alam berupa lateks dengan nama produk Vulatex. Campuran karet difungsikan sebagai pengganti sebagian persentase agregat halus di mana proses pencampuran yang digunakan adalah dengan cara kering (dry mix). Persentase campuran serbuk ban bekas dan karet alam yang digunakan adalah 0,5% dan 0,75% terhadap berat total agregat. Pengaruh dari campuran karet pada campuran beraspal dianalisis menggunakan beberapa pengujian performa campuran yang terdiri dari pengujian modulus resilien, ketahanan terhadap pengaruh rendaman air, dan ketahanan terhadap deformasi. Campuran karet membantu agregat halus dan filler menyerap aspal lebih banyak sehingga memberikan pengaruh pada penurunan kualitas karakteristik volumetrik dan parameter Marshall, di mana rongga-rongga pada campuran beraspal meningkat akibat dari penurunan kepadatan yang menghasilkan penurunan stabilitas dan pelelehan yang tinggi. Performa modulus resilien, ketahanan terhadap rendaman air, dan ketahanan deformasi turut mengalami penurunan. Namun hasil performa dari campuran beraspal yang dimodifikasi dengan 0,5% campuran karet relatif berbeda tipis dari campuran beraspal tanpa modifikasi dan masih dapat diterima penggunaannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil ketahanan deformasi pada suhu ekstrem (60°C) sebesar 2520 lintasan/mm yang memenuhi syarat spesifikasi ketahanan deformasi untuk campuran beraspal yang dimodifikasi. Kata kunci: AC-WC, deformasi, karet alam, modulus resilien, serbuk karet, Vulatex ii iii ABSTRACT PERFORMANCE ANALYSIS OF ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) USING THE MIX OF USED TIRE RUBBER AND NATURAL RUBBER WITH DRY PROCESS By Rizki Prasetya Person NIM: 26918003 (Master’s Program in Civil Engineering) Common damage of AC-WC layer as a surface layer is raveling and rutting. One way that can be done to fix this problem is to modify it using used tire rubber powder (crumb rubber). Road and bridge research center together with rubber research center and several related parties innovated to mix used tire powder with solid natural rubber (SIR 20), but still has a weakness in which the resulting powder becomes clumping due to the high adhesive power of SIR 20 rubber, so an experiment was carried out to replace it with the type of natural rubber in the form of latex named Vulatex. The rubber mixture is used as a substitute for the part of percentage of fine aggregate where the mixing process used is dry mix. The percentages of mix of used tire powder and natural rubber were 0.5% and 0.75% of the total weight of the aggregate. The effect of the rubber mixture on the asphalt mixture was analyzed using several mixed performance tests consisting of testing the resilient modulus, resistance of water immersion, and deformation resistance. The rubber mixture helps the fine aggregate and filler to absorb more asphalt so that it has an effect on the decrease in the quality of the volumetric characteristics and Marshall parameters, where the voids in the asphalt mixture increase due to a decrease in density resulting in a decrease in stability and flow. The performance of the resilient modulus, resistance of water immersion, and deformation resistance also decreased. However, the performance results of the modified asphalt mixture with 0.5% rubber mixture are relatively slightly different from the unmodified asphalt mixture and are still acceptable for use. This is evidenced by the results of deformation resistance at extreme temperatures (60°C) resulted 2520 passes/mm which meets the requirements of the deformation resistance specification for modified asphalt mixtures. Kaywords: AC-WC, deformation, natural rubber, resilient modulus, crumb rubber, Vulatex iv v ANALISIS PERFORMA CAMPURAN BERASPAL LASTON LAPIS AUS (AC-WC) MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAH CAMPURAN SERBUK BAN BEKAS DAN KARET ALAM DENGAN PROSES KERING Oleh: Rizki Prasetya Person NIM: 26918003 (Program Studi Magister Teknik Sipil) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Tim Pembimbing Tanggal: …………………….. Ketua Anggota (Prof. Dr. Ir. Bambang Sugeng S., DEA) (Ir. R. Sony Sulaksono W., M.T., Ph.D) vi vii PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis S2 yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada pengarang dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin pengarang dan harus disertai dengan kebiasaan ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia sebagai berikut: Person, R. P. (2021): Analisis Performa Campuran Beraspal Laston Lapis Aus (AC- WC) menggunakan Bahan Modifikasi Campuran Serbuk Ban Bekas dan Karet Alam dengan Proses Kering. Tesis. Program Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya, Institut Teknologi Bandung. dan dalam Bahasa Inggris sebagai berikut: Person, R. P. (2021): Performance Analysis of Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) using The Mix of Used Tire Rubber and Natural Rubber with Dry Process. Thesis. Master’s Program in Highway Engineering and Development. Bandung Institute of Technology. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. viii ix Teruntuk yang dirasa sebagai penyemangatku dalam 1095 hari terakhir ini, utuh kasihku kuletakkan sejadi-jadinya padamu. Tiada rasa yang pantas aku hadirkan selain terima kasih dan maaf. Terima kasih karena darimu kutumbuhkan kuat yang besar untuk merampungkan pendidikan terbaruku ini. Dan maaf, kusampaikan padamu, karena pada prosesnya kesah dan keluh muncul di tengah jalan panjang kita. Dan lagi, syukur kupanjatkan pada Allah sebagai Tuhanku, karena olehnya hatimu digerakkan menerima pinanganku, beriring usahaku untuk tuntaskan pencarian ilmu baru-ku ini. Terima kasih telah menjadi terang dalam langkahku, istriku, pendamping hidupku, Latifah Alhaura. Kepada orang tua tercinta, Heni Pertiwi dan Edison, dua adikku, Azza dan Aisyah, mertuaku, Terti dan Liza, serta dua iparku, Ima dan Hamied, rasa kasih dan sayangku bagi kalian terus bertumbuh sejalan bergesernya waktu. Doakan aku dan karya ilmiahku ini agar berlimpah berkah dan berguna bagi kemaslahatan bersama sesuai dengan bidangnya. Rizki Prasetya Person, S.T., M.T. x xi KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tesis untuk melengkapi salah satu syarat dalam menyelesaikan program pendidikan magister (S2) pada Program Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung.